Sunday, December 15, 2013

Kesuksesan Bersembunyi Di Balik Kesulitan


Seorang eksekutif muda bertemu dengan gurunya di sebuah jalan raya. "Guru, manakah jalan untuk menuju sukses?" tanya dia kepada sang guru. Sang guru terdiam sejenak untuk berpikir. Lalu, tanpa mengucapkan sepatah kata pun, sang guru menunjuk ke arah sebuah jalan. Sang eksekutif muda kemudian segera berlari menyusuri jalan yang ditunjukkan sang guru. Dia tidak mau membuang-buang waktu lagi untuk meraih kesuksesan.

Setelah beberapa saat melangkah, tiba-tiba dia berseru, "Ha! Ini kan jalan buntu !" Benar, dihadapannya memang berdiri sebuah tembok besar yang menutupi jalan. Dia pun terpaku kebingungan. Barangkali aku tidak mengerti maksud sang guru. Ucap sang eksekutif muda dalam hatinya.

Dia lalu kembali menemui gurunya untuk menanyakan hal itu. "Guru, di manakah jalan menuju sukses itu?" Sang guru kembali menunjuk ke arah yang sama. Sang eksekutif muda itu pun kembali berjalan ke arah itu lagi. Namun, yang dia temui tetap saja sebuah tembok yang menutupi jalan. Akhirnya, dengan penuh amarah dia kembali menemui sang guru.

"Guru, aku sudah menuruti petunjukmu. Tetapi, yang aku temui malah jalan buntu, bukan jalan menuju sukses. Kemudian, aku kembali bertanya sekali lagi padamu, yang aku temui juga malah jalan buntu. Lalu, dimanakah jalan menuju sukses itu?"

Sang guru tersenyum. Beberapa saat kemudian, dia menjawab, "Di situlah jalan menuju sukses. Hanya beberapa langkah di balik tembok itu. Ketahuilah bahwa keberhasilan seringkali tidak tampak karena keberhasilan bersembunyi di balik kesulitan. Cuma orang-orang yang mampu mendaki "tembok" itulah yang akan menemui keberhasilan.

Setelah berkata seperti itu, sang eksekutif muda pun baru memahami ke mana jalan menuju kesuksesan tersebut.

Nah, sekarang, apakah yang terlintas dalam pikiranmu jika mendengar kata sukses dan apakah arti kesuksesan tersebut? Lalu, ketika orang-orang sibuk mengejar kesuksesan dalam hidup ini, apa sebenarnya yang mereka cari?

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, sukses memiliki arti yang sederhana, tetapi mendalam. Kata "sukses" didefinisikan sebagai berhasil atau beruntung. Dengan demikian, kesuksesan berarti keberhasilan atau keberuntungan. Kesuksesan yang ideal adalah meraih keberhasilan atau keberuntungan menyeluruh di segala aspek kehidupan. Tidak hanya berhasil dalam hal materi saja, tetapi juga menikmati kebahagiaan jiwa, ketenangan batin, kesehatan raga, serta terpenuhinya aspek spiritual ( agama ). Oleh karena itu, saat itu berarti kepuasan hidup telah tercapai karena hidup kita bermakna.



Terima kasih dan semoga bermanfaat.

Related Posts

Kesuksesan Bersembunyi Di Balik Kesulitan
4/ 5
Oleh

Daftar via Email Gratis!

Suka dengan post yang bermanfaat seperti ini? Ayo tulis email anda sekarang dan dapatkan post terbaru lainnya via email.

Show comments
Hide comments

2 komentar

Tulis komentar
avatar
December 15, 2013 at 9:44 PM

inspiratif banget gan, jadi nilai moral yg bisa diambil jika ingin sukses maka harus lompati pagar.. hehe
kidding :D
bagus artrikel'a ane suka banget.. :D

Reply
avatar
December 16, 2013 at 6:24 AM

bukan pagar gan tapi tembok (hehe), thanks ya gan udah mampir

Reply

Ayo berikan pendapat dan komentarmu tentang postingan ini!
Karena pendapat dan komentarmu sangatlah berarti :D