Wednesday, January 1, 2014

Pentingnya Latihan Kondisi Fisik



Latihan kondisi fisik (physical conditioning) memegang peranan yang sangat penting untuk mempertahankan atau meningkatkan derajat kebugaran jasmani (physical fitness). Derajat kebugaran jasmani seseorang sangat menentukan kemampuan fisiknya dalam melaksanakan tugas sehari - hari. Semakin tinggi derajat kebugaran jasmani, semakin tinggi pula kemampuan kerja fisiknya. Dengan kata lain, hasil kerjanya makin produktif jika kebugaran jasmaninya makin meningkat.


Latihan kondisi fisik merupakan program pokok dalam pembinaan atlet untuk berprestasi dalam suatu cabang olahraga. Atlet yang memilki tingkat kebugaran jasmani yang baik akan terhindar dari cedera. Untuk itu, program latihan kondisi fisik perlu direncanakan secara sistematis.


Tujuannya adalah untuk meningkatkan kebugaran jasmani dan kemampuan ergosystem tubuh. Proses latihan kondisi fisik yang dilakukan secara cermat dan berulang - ulang akan meningkatkan kebugaran jasmani. Hal ini yang menyebabkan seseorang kian terampil, kuat dan efisien dalam melakukan gerakannya.


Para ahli berpendapat bahwa seorang atlet yang mengikuti program latihan kondisi fisik secara intensif selama 6 - 8 minggu sebelum musim pertandingan akan memiliki kekuatan, kelentukan dan daya tahan yang jauh lebih baik selama musim pertandingan. Perkembangan kondisi fisik yang terbaik juga membantu seorang atlet untuk mampu mengikuti latihan selanjutnya dalam usaha mencapai prestasi setinggi - tinggnya.


Related Posts

Pentingnya Latihan Kondisi Fisik
4/ 5
Oleh

Daftar via Email Gratis!

Suka dengan post yang bermanfaat seperti ini? Ayo tulis email anda sekarang dan dapatkan post terbaru lainnya via email.

Show comments
Hide comments

2 komentar

Tulis komentar

Ayo berikan pendapat dan komentarmu tentang postingan ini!
Karena pendapat dan komentarmu sangatlah berarti :D