Tentang Pencak Silat



Pencak silat merupakan seni bela diri asli dari Indonesia yang telah berumur ratusan tahun dan sekarang pencak silat telah mendunia. Pencak silat diwariskan secara turun - menurun dari satu generasi ke generasi selanjutnya. Pada zaman dahulu ketika manusia masih hidup berburu, mereka hidup saling berkelompok dan saling bermusuhan. Untuk mempertahankan hidupnya, mereka belajar membela diri dengan cara menirukan gerakan - gerakan binatang buruan mereka dalam membela diri.


Dengan berkembangnya peradaban, seni bela diri ikut juga berkembang ke arah lebih sempurna dan dinamakan pencak silat. Dalam pencak silat terdapat 4 aspek yaitu unsur olahraga, bela diri, kesenian dan kebatinan. Taktik dalam pencak silat adalah suatu pola yang merupakan rangkaian unsur gerakan pembelaan, serangan dan pancingan untuk mencapai sasaran atau tujuan.


Untuk dapat memainkan taktik, pesilat terlebih dahulu harus mengetahui macam - macam pola dalam bela diri. Strategi dalam pencak silat adalah suatu upaya non teknik untuk memperoleh kemenangan dalam suatu pertandingan. Jadi apabila kita kaitkan pengertian strategi dengan pengertian taktik maka akan ada perbedaan yang jelas. Karena taktik lebih berorientasi pada segi teknik sementara itu strategi lebih berorientasi pada segi non teknik.


4 komentar

  1. keren gan ane suka pencak silat :-D

    ReplyDelete
  2. mntab gan..
    kbetulan ane dlu prnah juga nih ikutan pencak silat :D
    nice share gan

    ReplyDelete

Ayo berikan pendapat dan komentarmu tentang postingan ini!
Karena pendapat dan komentarmu sangatlah berarti :D