Tentang Senam



Senam berasal dari Yunani (Gymnastic = melakukan gerak), sedangkan tempat untuk melakukan senam disebut Gymnasium. Pada umumnya senam lantai disebut floor exercise, tetapi ada juga yang menamakan tumbling.

Menurut FIG, senam dikelompokkan menjadi tiga macam yaitu senam artistik (artistic gymnastic), senam ritmik (sportive rhytmic gymnastics) dan senam umum (general gymnastic). Senam artistik adalah senam yang menggabungkan efek tumbling dan akrobatik untuk mendapatkan efek - efek artistik dari gerakan - gerakan yang dilakukan menggunakan alat - alat. Senam lantai merupakan salah satu cabang olahraga yang mengandalkan aktivitas seluruh anggota badan (kekuatan, kecepatan, keseimbangan, kelincahan dan ketepatan).

Unsur - unsur gerakannya terdiri dari yaitu mengguling, melompat, berputar di udara, menumpu dengan tangan atau kaki untuk mempertahankan sikap seimbang pada waktu meloncat ke depan ataupun ke belakang. Senam ketangkasan dengan alat adalah suatu gerakan senam yang dilakukan dengan menggunakan alat sebagai media. Senam lantai dan senam ketangkasan dengan alat termasuk dalam kelompok senam artistik.

5 komentar

  1. wah kalau yang satu ini rutin saya mas, setiap hari jumat pagi pasti senam di tempat kerja hehe :D

    ReplyDelete
  2. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  3. untuk senam sebaiknya dilakukan berapa kali dalam 1 minggu? porsinya ada berapa jam yaa gan? oh iya gan, baju senam merk apa ya yg sekarang lagi ngtrend gan ? thx ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sebaiknya sih 2x seminggu gan karena kalo berlebihan pun tentunya tidak baik juga, porsinya mungkin bisa 1 - 2 jam (sebaiknya pagi - pagi) dan untuk baju senam sepertinya saya ga tau tuh baju senam yang lagi trend sekarang karena saya kalo lagi senam biasanya pake baju apa aja *mungkin baju senam yang lagi trend sekarang adalah baju kotak - kotak* (haha)

      Delete

Ayo berikan pendapat dan komentarmu tentang postingan ini!
Karena pendapat dan komentarmu sangatlah berarti :D