Gelombang Tsunami Tertinggi yang Pernah Terjadi


Rentetan tsunami yang terjadi di Teluk litunya tingginya mencapai 50 - 150 m. Bahkan ada yang menyebutkan gelombangnya sempat mencapai puncaknya sebuah gunung terdekat yang tingginya kurang lebih sekitar 524 m.

Diperkirakan antara tahun 1650 SM - 1600 BC, letusan gunung Santorini mengakibatkan terjadinya gelombang tsunami setinggi 100 - 150 m. Gelombang ini menyapu wilayah utara pulau Kreta sampai sejauh 70 km!

Ledakan gunung Krakatau yang terjadi di Indonesia pada tahun 1883 tak hanya mengakibatkan gempa hebat. Gelombang tsunami setinggi 40 m pun tercipta, menyapu wilayah samudra Hindia, samudra Pasifik, pantai barat Amerika Serikat, Amerika Selatan hingga selat Inggris.

Gempa yang terjadi di wilayah samudra Hindia menciptakan gelombang setinggi lebih dari 30 m. Gelombang ini menyapu wilayah Aceh dan Sumatera Utara, Sri Lanka, India Selatan, Thailand dan wilayah pantai Timur Afrika.

Gempa berkekuatan 9,5 pada skala richter di Chile pada tahun 1960 menciptakan salah satu tsunami paling merusak sepanjang abad 20. Rentetan gelombang setinggi 25 m, menyebar ke seluruh wilayah Pasifik.

Pada tahun 1986, gelombang tsunami setinggi 20 m, menyapu seluruh pedesaann di Sanriku.

4 komentar

  1. Replies
    1. Betul gan, memang sangat mengerikan, thanks gan kunjungan baliknya

      Delete
  2. Nice Info gan :D Jangan Lupa Kunjung Balik ya :D
    My Blog

    ReplyDelete

Ayo berikan pendapat dan komentarmu tentang postingan ini!
Karena pendapat dan komentarmu sangatlah berarti :D