Kenapa Kita Butuh Tidur?


Pada hari yang cerah ini saya ingin membagikan artikel tentang kenapa kita butuh tidur? Rata - rata manusia dewasa membutuhkan tidur 8 jam sehari. Namun, saat kita masih bayi, kita membutuhkan tidur 16 jam sehari. Periode usia balita sangat memerlukan tidur yang cukup, karena sel - sel tubuh kita tumbuh saat kita tidur. Tidur lebih lama juga dibutuhkan saat kita sakit, karena tubuh perlu memperbaiki sel - sel yang rusak

Pada saat kita tidur, nafas kita menjadi tenang dan detak jantung kita melambat. Hal ini menandakan tubuh kita sedang beristirahat. Otot tubuh kita juga tidak banyak bekerja saat tidur, dengan demikian bagian otak yang mengontrol gerakan juga dapat beristirahat. Namun demikian, sensor refleks kita tetap bekerja, sehingga saat tidur tanpa sadar kita mengusir nyamuk yang sedang menggigit kita.

Otak kita mengeluarkan listrik yang disebut gelombang otak. Gelombang ini dapat dideteksi bahkan saat kita tidur sekalipun. Ketika kita bermimpi, gelombang otak bergerak cepat seperti saat kita terjaga. Peneliti berpendapat jika gelombang otak ini mengaktifkan area yang mengontrol gerakan, maka kita sedang mimpi berlari atau menendang bola.

2 komentar

  1. Kenapa kita harus tidur? Yah karena ngantuk ALdo... Hehehe :)

    Tapi aku tidurnya kadang gak sampe 8 jam, berarti tubuhnya kurang istirahat dong yah? Hmm

    ReplyDelete
    Replies
    1. gpp kalo tidurnya ga sampe 8 jam, kalo ga tidur itu baru namanya masalah

      Delete

Ayo berikan pendapat dan komentarmu tentang postingan ini!
Karena pendapat dan komentarmu sangatlah berarti :D