Sunday, May 25, 2014

Kenapa Kita Butuh Tidur?


Pada hari yang cerah ini saya ingin membagikan artikel tentang kenapa kita butuh tidur? Rata - rata manusia dewasa membutuhkan tidur 8 jam sehari. Namun, saat kita masih bayi, kita membutuhkan tidur 16 jam sehari. Periode usia balita sangat memerlukan tidur yang cukup, karena sel - sel tubuh kita tumbuh saat kita tidur. Tidur lebih lama juga dibutuhkan saat kita sakit, karena tubuh perlu memperbaiki sel - sel yang rusak

Pada saat kita tidur, nafas kita menjadi tenang dan detak jantung kita melambat. Hal ini menandakan tubuh kita sedang beristirahat. Otot tubuh kita juga tidak banyak bekerja saat tidur, dengan demikian bagian otak yang mengontrol gerakan juga dapat beristirahat. Namun demikian, sensor refleks kita tetap bekerja, sehingga saat tidur tanpa sadar kita mengusir nyamuk yang sedang menggigit kita.

Otak kita mengeluarkan listrik yang disebut gelombang otak. Gelombang ini dapat dideteksi bahkan saat kita tidur sekalipun. Ketika kita bermimpi, gelombang otak bergerak cepat seperti saat kita terjaga. Peneliti berpendapat jika gelombang otak ini mengaktifkan area yang mengontrol gerakan, maka kita sedang mimpi berlari atau menendang bola.

Related Posts

Kenapa Kita Butuh Tidur?
4/ 5
Oleh

Daftar via Email Gratis!

Suka dengan post yang bermanfaat seperti ini? Ayo tulis email anda sekarang dan dapatkan post terbaru lainnya via email.

Show comments
Hide comments

2 komentar

Tulis komentar
avatar
May 25, 2014 at 1:27 PM

Kenapa kita harus tidur? Yah karena ngantuk ALdo... Hehehe :)

Tapi aku tidurnya kadang gak sampe 8 jam, berarti tubuhnya kurang istirahat dong yah? Hmm

Reply
avatar
May 25, 2014 at 2:05 PM

gpp kalo tidurnya ga sampe 8 jam, kalo ga tidur itu baru namanya masalah

Reply

Ayo berikan pendapat dan komentarmu tentang postingan ini!
Karena pendapat dan komentarmu sangatlah berarti :D