Otak, Prosessor Mini yang Super Canggih


Otak merupakan prossesor mini yang super canggih. Karena otak sangat menakjubkan dan tidak bisa di teliti sepenuhnya karena begitu rumitnya cara kerja otak. Kandungan yang terdapat di dalam otak adalah air sekitar 78%, 10 - 12% adalah lemak, 8% protein, 1% karbohidrat dan 2% adalah garam.

Otak adalah pusat kontrol tubuh kita. Otak lebih rumit daripada komputer yang pernah dibuat oleh manusia. Otak bekerja siang dan malam untuk mengatur dan mengontrol pikiran, gerakan, sistem indera, bahkan pada saat kita tidur sekalipun.

Walau beratnya hanya sekitar 1,5 kilogram, otak terdiri dari miliaran sel saraf. Sel saraf berpusat di tulang belakang yang terhubung dengan otak. Tugas sel saraf adalah menyampaikan pesan dari otak ke seluruh tubuh dan sebaliknya, membawa informasi dari seluruh tubuh ke otak.

Sel saraf menyampaikan pesan dari otak ke seluruh tubuh dengan kecepatan yang sangat cepat. Rata - rata kecepatan saraf saat menyampaikan pesan ke otak dan bagian tubuh lain bisa mencapai 2 - 3 m/s atau sekitar 320 km/h, lihat saja kecepatannya yang melebihi kecepatan mobil balap F1 sekalipun.

3 komentar

  1. Wah... baru tau ternyata kecepatan sel saraf bisa ngalahin mobil balap, thanks infonya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hebat kan gan kecepatannya, mobil sekelas F1 aja kalah soalnya kecepatan mobil F1 cuma 280 - 300 km/h

      Delete
  2. Siapa gan yang keren, saya apa artikelnya (hihi)

    ReplyDelete

Ayo berikan pendapat dan komentarmu tentang postingan ini!
Karena pendapat dan komentarmu sangatlah berarti :D