Friday, May 23, 2014

Tips Mengarang Suatu Cerita


Cerita merupakan suatu tulisan yang mengajak pembaca kedalam suatu kejadian yang penulis ceritakan dalam bentuk cerita. Cerita yang bagus ialah cerita yang memiliki kemampuan untuk menarik perhatian pembaca supaya membaca lagi, lagi dan lagi.

Pasti kita pernah membuat atau mengarang suatu cerita. Suatu ketika kita merasa kehabisan ide, padahal tulisan kita belum selesai. Bagaimana cara mengatasinya? Oleh karena itu saya ingin membagikan tips mengarang suatu cerita.

1. Tinggalkan sejenak tulisanmu

Terkadang mungkin pikiranmu merasa lelah. Cobalah sedikit bersantai jika tubuhmu ternyata cukup segar untuk diajak berbaring. Biarkanlah pikiranmu beristirahat dengan melakukan hal - hal diluar kegiatan menulis, contohnya menonton tv, bermain game dan lain - lain.

2. Biarkan orang lain membaca

Tak ada salahnya membiarkan orang lain membaca tulisanmu. Mungkin saja ia dapat menemukan hal menarik yang mungkin terlewatkan olehmu.

3. Ide itu ada dimana - mana

Pikiranmu itu hanya satu dari berjuta - juta ide yang ada di sekitarmu. Dari hal - hal kecil saja dapat menjadi ide, bagaimana seekor kucing sedang bermain, seorang ayah yang sedang menonton tv dan masih banyak lagi. Percayalah, kamu tak akan pernah kehabisan ide.

4. Mulai lagi dari awal

Mungkin kamu sebelumnya mendapatkan sejumlah ide yang sangat bagus untuk dijadikan sebuah cerita. Tapi kamu tak memberi kesempatan pada pikiranmu untuk mengaturnya menjadi sebuah alur cerita yang menarik. Tak ada salahnya kamu berhenti dan memulai lagi dari awal.

Related Posts

Tips Mengarang Suatu Cerita
4/ 5
Oleh

Daftar via Email Gratis!

Suka dengan post yang bermanfaat seperti ini? Ayo tulis email anda sekarang dan dapatkan post terbaru lainnya via email.

Show comments
Hide comments

1 komentar:

Tulis komentar
avatar
May 24, 2014 at 6:32 PM

Tips yang bagus dan bermanfaat

Reply

Ayo berikan pendapat dan komentarmu tentang postingan ini!
Karena pendapat dan komentarmu sangatlah berarti :D