Tentang Patung Liberty


Pada hari yang indah ini saya ingin membagikan artikel tentang patung Liberty. Namun apakah kalian sudah tahu apa itu patung Liberty.

Apa itu Patung Liberty?

Patung Liberty adalah sebuah monumen yang terletak di sebuah pulau kecil di muara sungai Hudson. Patung ini adalah hadiah yang diberikan negara Prancis pada negara Amerika Serikat sebagai peringatan persahabatan antara kedua negara yang telah terjalin sejak awal kemerdekaan Amerika Serikat.

Tanggal 17 Juni 1885 sebuah kapal perang Prancis bernama Isere tiba di pelabuhan New York dengan membawa patung Liberty.

Tentu saja tidak langsung berbentuk patung Liberty yang sekarang ini kita lihat, melainkan patungnya dibagi menjadi 350 bagian supaya bisa dimuat di dalam 240 peti kayu.

Sebagai sebuah karya seni, patung ini diberi nama Liberty Enlightening The World (kebebasan menerangi dunia). Tangan kanannya memegang obor dan tangan kirinya mendekap sebuah piagam.

Piagam di tangannya bertuliskan July IV MDCCLXXVI. Itu maksudnya 4 Juli 1776, hari kemerdekaan Amerika Serikat. Tujuh duri pada mahkotanya mempunyai arti yaitu melambangkan 7 benua atau 7 lautan.

Dari atas kepalanya pemandangan seluruh kota pelabuhan New York dapat terlihat jelas. Setelah 4 bulan pengerjaan, patung Liberty akhirnya selesai dan ditempatkan di landasannya pada tanggal 28 Oktober 1886. Bagian tangan kanan dan obor patung Liberty sudah lebih dahulu tiba dan sempat dipamerkan di Pensylvania pada tahun 1876.

4 komentar

  1. wah agan pecinta AS kah.. heheh mksih dan di share gan...

    ReplyDelete
  2. Liberty Statue is the Freedom Sign, isn't it? The location is in USA. Thanks guys

    ReplyDelete

Ayo berikan pendapat dan komentarmu tentang postingan ini!
Karena pendapat dan komentarmu sangatlah berarti :D