Saturday, July 26, 2014

Asal - Usul 1001 Malam


Asal - Usul 1001 Malam

Tak ada yang pernah mengetahui dengan pasti asal - usul Kisah 1001 Malam. Di didalamnya terdapat cerita - cerita yang berasal dari India, Persia, Arab bahkan Cina.

Sejumlah ahli menyebutkan kisah - kisah di dalamnya adalah kumpulan dari buku cerita rakyat Persia berjudul Hazar Afsanah (yang artinya seribu legenda). Cerita - cerita itu dikumpulkan oleh Abu Abdallah Muhammad Al Gashigar di abad ke - 9.

Di masa pemerintahan Harun Al - Rashid, Baghdad berkembang menjadi pusat budaya. Cerita - cerita rakyat di sana kemudian ditambahkan ke dalam Kisah 1001 Malam hingga ceritanya semakin bertambah banyak. Tak heran juga jika Irak di mana Baghdad berada di beri julukan Negeri 1001 Malam.

Kisah Terlupakan Shahriyar dan Shahrazad

Tahukah kamu bahwa cerita utama Kisah 1001 Malam malah dilupakan orang? Begini kisahnya. Agar terhindar dari kekejaman Sultan Shahriyar, Putri Shahrazad mengulur waktu dengan menceritakan sebuah kisah setiap malamnya dan menghentikannya setiap fajar.

Sang sultan karena ingin mendengar kelanjutannya, terpaksa menunda hukumannya. Itu berlangsung selama 1000 malam hingga pada malam ke - 1001 Sultan Shahriyar tak lagi berniat menghukum Putri Shahrazad. Kisah Shahriyar dan Shahrazad inilah yang merupakan cerita utama di dalam Kisah 1001 Malam. Namun dunia justru lebih mengingat cerita - cerita yang dikisahkan Putri Shahrazad pada Sultan Shahriyar.

Bukan Cerita 1001 Malam

Coba kamu sebutkan kisah yang ada di Kisah 1001 Malam! Hmm... biasanya kamu akan menjawab Aladdin atau Ali Baba, bukan? Padahal Aladdin dan Lampu Ajaib atau Ali Baba dan 40 Penyamun tidak ada di cerita aslinya.

Kedua cerita itu menjadi bagian Kisah 1001 Malam setelah Antoine Galland menerjemahkannya ke dalam bahasa Prancis. Ia tidak mendapatkan naskah lengkap yang memuat seluruh cerita di dalam Kisah 1001 Malam.

Tak jelas alasannya, tapi ia menambahkan beberapa kisah lain, diantaranya Aladdin dan Ali Baba setelah mendengar kisahnya dari seorang Pendongeng Syria bernama Youhenna Diab.

Related Posts

Asal - Usul 1001 Malam
4/ 5
Oleh

Daftar via Email Gratis!

Suka dengan post yang bermanfaat seperti ini? Ayo tulis email anda sekarang dan dapatkan post terbaru lainnya via email.

Show comments
Hide comments

2 komentar

Tulis komentar
avatar
July 28, 2014 at 7:28 AM

Baru tau ternyata ini sejarahnya kisah 1001 malam, makasih gan

Reply
avatar
July 28, 2014 at 7:33 AM

Artikelnya sangat bermanfaat gan

Reply

Ayo berikan pendapat dan komentarmu tentang postingan ini!
Karena pendapat dan komentarmu sangatlah berarti :D