Wednesday, July 16, 2014

Kemenangan Julius Caesar di Mesir


Sewaktu memburu Pompey dan para pengikutnya, Julius Caesar tiba di Mesir pada tahun 48 SM. Saat itu Ratu Cleopatra dan Ptolemy XIII tengah memperebutkan takhta Mesir.

Ptolemy XIII mencoba mengambil hati Caesar dengan mendahuluinya menghabisi Pompey. Namun, semua itu tak berarti. Caesar jatuh hati pada Cleopatra. Tentu saja ia akhirnya memilih Cleopatra.

Selama di Mesir, Caesar tak hanya memenangkan pertempuran menghadapi Ptolemy XIII dan juga sisa - sisa pengikut Pompey. Caesar juga memenangkan hati Cleopatra. Mereka berkeluarga. Caesar dianugerahi seorang putra yang diberi nama Caesarion.

Mahkota Keberanian Caesar

Mahkota daun yang biasa dikenakan Julius Caesar disebut Oak Corona. Ia memperolehnya setelah memperlihatkan pengabdian dan keberanian yang luar biasa sebagai seorang legiuner Romawi. Itu adalah penghargaan tertinggi yang pernah dianugerahkan Senat Republik Romawi kepada warganya.

Figur Hidup Pertama di Mata Uang

Di puncak kekuasannya, sosok Caesar dijadikan penghias keping mata uang Romawi. Sebelumnya keping mata uang Romawi dihiasi oleh figur dewa - dewa. Caesar adalah figur hidup pertama di keping mata uang Romawi.

Menjadi Tokoh Komik

Gosciny dan Uderzo, pembuat komik ternama Asterix sempat memasukkan Julius Caesar, Cleopatra dan Caesarion dalam salah satu seri petualangan Asterix. Ketiganya muncul bersama di dalam kisah berjudul Bayi Asterix.

Veni, Vidi, Vici

Tahun 47 SM, Julius Caesar bertolak dari Mesir untuk menghadapi perlawanan raja Pontus, Pharnaces II di Timur Tengah. Dengan mudah legiun Romawi yang dipimpinnya menghancurkan bala tentara Raja Pharnaces II di pertempuran Zela. Saat itu Caesar mengatakan, '' Veni, Vidi, Vici '' (Aku datang, lihat dan menang).

Related Posts

Kemenangan Julius Caesar di Mesir
4/ 5
Oleh

Daftar via Email Gratis!

Suka dengan post yang bermanfaat seperti ini? Ayo tulis email anda sekarang dan dapatkan post terbaru lainnya via email.

Show comments
Hide comments

Ayo berikan pendapat dan komentarmu tentang postingan ini!
Karena pendapat dan komentarmu sangatlah berarti :D