Piala Jules Rimet



Pematung Albert Lafleur membuatku dari emas murni seberat 2 kg. Sosok Dewi Nike dari Samothrace yang sayapnya menaungi kemenangan menjadi bentukku. Aku adalah piala bergilir yang diperebutkan para peserta Piala Dunia.

Saat diperkenalkan pada dunia aku diberi nama Coupe du Monde. Tapi di tahun 1946 aku diberi nama baru... Jules Rimet. Aku sangat bangga karena Jules Rimet adalah nama presiden FIFA (Federation Internationale de Football Association) yang menjadi Pemrakarsa Turnamen Piala Dunia.

Lebih dari 40 tahun aku berkelana. Berganti - ganti, Uruguay, Brasil, Italia, Jerman dan Inggris menjadi pemilikku. Hingga di tahun 1970 Brasil ditetapkan sebagai pemilikku setelah memenangkan Piala Dunia untuk ketiga kalinya.

Tugasku sebagai piala bergilir digantikan oleh piala FIFA. tiba saatnya aku menikmati istirahat panjangku di Brasil... rumahku untuk selamanya. Sayang 13 tahun kemudian, aku dicuri. Aku hanya dapat berharap satu hari nanti seseorang dapat mengembalikanku ke rumahku... Brasil.

Piala FIFA

3 komentar

  1. Sangat bermanfaat gan artikelnya, jadi tau sekarang sejarahnya

    ReplyDelete
  2. Siapa sih pencuri ya, balikin la..
    Hehe

    ReplyDelete
  3. Itu dia gan masalahnya, pialanya udah dileburin jadi emas trus dijual (hehe, kok ane bisa tau ya)

    ReplyDelete

Ayo berikan pendapat dan komentarmu tentang postingan ini!
Karena pendapat dan komentarmu sangatlah berarti :D