Jalan di Atas Air

Jalan di Atas Air

Berjalan di atas air? Wow, asyik sekali kalau memang dapat dilakukan. Tapi hal seperti itu tak akan mungkin kamu lakukan. Kamu pasti tahu... seperti halnya semua benda di atas dunia ini, air pun memiliki berat jenis. Beberapa jenis serangga, tak mengalami kesulitan untuk berjalan diatas air karena berat jenis mereka yang jauh lebih ringan daripada air.

Ketika serangga - serangga itu melompat ke permukaan air, kaki - kaki mereka sejenak akan terbenam. Namun, satu gaya yang disebut dengan nama tegangan permukaan akan mendorong mereka kembali ke permukaan. Selain itu kaki - kaki mereka yang dilengkapi oleh bulu - bulu halus membuat mereka semakin leluasa untuk berjalan dan bergerak di atas permukaan air.

Bagaimana jika kamu mencoba melakukannya? Satu hal yang akan menghalangimu adalah berat jenismu yang lebih berat dibandingkan berat jenis air! Gaya tegangan permukaan tak sanggup mendorongmu kembali ke permukaan. Jadi saat kamu melangkah, kakimu akan terus terbenam sekaligus membawa tubuhmu. Kamu tak akan mencobanya, kan?

Lari di Atas Air

4 komentar

  1. waduh.. teringatilmu fisika.. tegangan permukaan.. haha. trauma ane liat kesulitannya. btw nice info gan ^^ salam kenal

    ReplyDelete
  2. itu yang bisa yang magik kayaknya mas, seperti siapa itu pesulap yang bisa jalan di atas air hehe

    ReplyDelete
  3. Ninja itu bisa lho jalan di atas air, sperti naruto *korbanKartun*

    ReplyDelete

Ayo berikan pendapat dan komentarmu tentang postingan ini!
Karena pendapat dan komentarmu sangatlah berarti :D