Telinga Wajib Dijaga

Telinga

Gendang yang satu ini harus dijaga ekstra hati - hati agar tidak kena benturan. Namanya gendang telinga. Gendang telinga adalah bagian dalam dari telinga yang fungsinya menerima gelombang suara. Gelombang yang masuk ini membuat gendang bergetar.

Selanjutnya, gendang meneruskannya ke tiga tulang keci yang terletak di bagian tengah telinga. Tiga tulang kecil ini lantas meneruskan lagi ke telinga bagian dalam. Di bagian ini, ada sel - sel yang bisa merasakan getaran ini dan meneruskannya ke otak.

Di otak, getaran ini diproses menjadi suara yang kita kenal. Makanya, kita jadi tahu kalau nama kita dipanggil. Kita juga jadi tahu kalau tukang bakso mau lewat (hehe).

Namun, kadang kala suara yang kita dengar tidak jelas. Mengapa bisa begitu? Itu karena saluran telinga kita tersumbat oleh kotoran sehingga getaran yang diterima tidak sempurna. Makanya, kita mesti rajin membersihkan telinga.

Telinga

4 komentar

  1. Wajib juga di jaga telinga dari pendengaran2 gosip. Hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. haha, iya gan. Apalagi gosip yang ga bener, selain menjaga telinga supaya tidak rusak, juga menjaga telinga kita dari panasnya api neraka ya gan (hehe), mantap gan komentarnya nih.

      Delete
  2. tapi sekedar berbagi mas, biasanya mbersihin telinga pake katenbat, tolong hati kati kalau pake itu karena kalau tidak hati hati bisa merusak gendang telinga kata dokter...

    ReplyDelete
    Replies
    1. makasih gan infonya, tante saya juga waktu itu bersihin telinganya pake kantenbat dan akhirnya yg ujungnya itu yg berwarna putih, nyangkut di telinganya

      Delete

Ayo berikan pendapat dan komentarmu tentang postingan ini!
Karena pendapat dan komentarmu sangatlah berarti :D