Wednesday, May 6, 2015

3 Hal Menarik yang Ada di Wonosobo

Wonosobo merupakan daerah yang penuh dengan berbagai macam hal - hal yang menarik. Banyak orang yang mengatakan bahwa Wonosobo merupakan salah satu tujuan wisata yang paling diminati. Tetapi sebelum membahas lebih lanjut, ada baiknya kita mengenal terlebih dahulu tentang daerah Wonosobo ini.

Salah satu kabupaten di provinsi Jawa Tengah yang terkenal dengan dataran diengnya, itulah Wonosobo. Selain itu, di Wonosobo ini hampir sebagian besar daerahnya itu adalah pegunungan. Hal ini berarti di daerah Wonosobo memiliki suhu yang cukup dingin. Oleh karena itu, siapkan jaket yang dapat menghangatkan tubuh jika ingin berpergian ke daerah ini.

Karena daerahnya sebagian besar itu pegunungan, otomatis banyak sekali objek wisata yang ada di daerah Wonosobo ini. Objek wisata yang ada di daerah Wonosobo itu yang paling terkenal adalah dataran dieng. Nah, di dalam dataran dieng ini banyak sekali pemandangan alam yang indah dan salah satunya ada dibawah ini.


1. Telaga Warna

Telaga Warna
Image from yogyakarta.panduanwisata.id

Sungguh indah sekali pemandangan diatas. Apakah setelah melihat pemandangan diatas, kalian ingin pergi kesana? pastinya jawabannya adalah " Ya ". Indonesia ini sebenarnya dapat menjadi negara yang maju andai saja objek wisatanya dikelola dengan benar. Objek wisata di Indonesia ini juga harusnya menjadi salah satu objek wisata "Terindah" di dunia. Gambar yang ada diatas ini adalah salah satu contohnya. 

Gambar pemandangan alam yang sangat indah ini adalah telaga warna yang ada di dataran dieng. Telaga warna ini merupakan telaga yang dapat berubah warna. Karena sangat indah, telaga ini menjadi sangat terkenal di daerah Wonosobo dan menjadi salah satu tujuan utama para wisatawan.

Di telaga warna ini salah satu keindahannya ialah airnya yang dapat berubah warna. Alasan kenapa telaga warna ini dapat berubah warna adalah karena airnya mengandung sejenis zat sulfur sehingga jika terkena sinar matahari, otomatis airnya akan berubah warna.

Selain telaga warna, sebenarnya ada juga telaga lain yaitu telaga pengilon. Dua telaga ini mempunyai keindahan yang luar biasa. Hamparan bukit hijau yang indah ditambah dengan begitu banyak pepohonan rindang menyajikan pemandangan yang sangat indah. Tak heran banyak orang yang rela menempuh perjalanan yang cukup panjang untuk sampai ke tempat ini. Tempat ini juga sangat cocok bagi para wisatawan yang gemar berfoto, khususnya bagi para fotografer pecinta alam.

2. Mie Ongklok


Mie Ongklok
Image from twitter.com : @mieongklok_bdg

Setelah puas menyaksikan pemandangan yang indah, sekarang saatnya kita beralih ke menu kuliner khas yang ada di Wonosobo. Jika kita pergi ke Wonosobo, belum lengkap rasanya jika kita tidak mencoba mie yang satu ini. Nama mie ini sendiri adalah mie ongklok.

Mie ongklok merupakan salah satu jenis kuliner khas yang ada di Wonosobo. Bisa dilihat dari gambar diatas. Mie ini terdiri dari mie sebagai bahan utamanya, tempe kemul dan sate sapi sebagai pelengkapnya. Ciri khas mie ini adalah cara pembuatannya yang menggunakan ongklok. Bagi yang belum mengetahui apa itu ongklok akan saya jelaskan lebih lanjut mengenai ongklok.

Ongklok ini sendiri adalah sejenis anyaman bambu yang dibentuk menyerupai keranjang kecil dengan tangkai yang digunakan untuk memasak mie. Alat unik inilah yang membuat mie ongklok terasa begitu spesial dan mempunyai ciri khas tersendiri.

3. Carica

Ada satu lagi hal yang tidak boleh dilewatkan jika kita berpergian ke tempat lain yaitu adalah " Oleh - Oleh ". Oleh - oleh khas Wonosobo yang satu ini namanya ialah carica. Banyak sekali para wisatawan yang membeli oleh - oleh khas Wonosobo ini karena memang cukup terkenal sebagai salah satu oleh - oleh yang paling dicari di dataran dieng.

Carica pada umumnya ialah carica yang sudah berbentuk manisan. Carica itu sendiri adalah sejenis buah pepaya yang rasanya itu agak sepat jika dikonsumsi secara langsung. Selama ini, carica dijadikan sebagai oleh - oleh manisan khas Wonosobo yang paling utama/wajib dibawa pulang.

Bentuknya memang sekilas hampir menyerupai belimbing, tetapi sebenarnya carica ini merupakan jenis buah pepaya. Carica ini juga sangat bagus untuk pencernaan karena mengandung berbagai enzim dan vitamin yang baik untuk tubuh kita. Enzim papain, Vitamin A, B komples, C dan E yang membuat buah carica ini menjadi kaya akan nutrisi sehingga sangat baik untuk dikonsumsi bagi orang yang memang memiliki masalah pencernaan.

Inilah 3 Hal Menarik yang Ada di Wonosobo, kota yang penuh dengan berbagai macam objek wisata yang indah, kuliner yang memanjakan lidah dan juga oleh - oleh khas yang memang hanya ada di Wonosobo. Sekian dulu artikel saya kali ini, terima kasih dan semoga bermanfaat.

Related Posts

3 Hal Menarik yang Ada di Wonosobo
4/ 5
Oleh

Daftar via Email Gratis!

Suka dengan post yang bermanfaat seperti ini? Ayo tulis email anda sekarang dan dapatkan post terbaru lainnya via email.

Show comments
Hide comments

Ayo berikan pendapat dan komentarmu tentang postingan ini!
Karena pendapat dan komentarmu sangatlah berarti :D