Wednesday, May 13, 2015

3 Hal Negatif Ketergantungan pada Gadget

Iphone

Zaman sekarang ini memang banyak sekali orang yang menggunakan gadget. Baik itu untuk chatting, membuka sosial media, berfoto, mengambil video ataupun hanya sekedar bermain game.

Hal - hal seperti inilah yang membuat kita sangat ketergantungan pada gadget. Seakan - akan hidup kita ini tidak bisa lepas dari benda yang satu ini. Ketergantungan pada gadget sendiri, mirip dengan kecanduan akan narkoba.

Oleh karena itu, ketergantungan pada gadget ini akan menimbulkan dampak negatif untuk diri kita. Berikut ini adalah 3 Hal Negatif Ketergantungan pada Gadget.

 1. Menyita Banyak Waktu yang Berharga

Pernahkah terpikir dalam benak kita, berapa banyak waktu yang kita habiskan untuk bermain dengan gadget. Mungkin hampir setiap hari kita selalu menggunakan gadget. Bahkan mungkin rata - rata orang yang menggunakan gadget, itu bisa lebih dari 8 jam sehari.

2. Mudah Stress

Jika kita terlalu sering menggunakan gadget, bukan tidak mungkin kita akan lebih mudah stress daripada orang yang jarang menggunakan gadget. Untuk menghindari stress, usahakan sebisa mungkin kita jangan terlalu sering menggunakan gadget. Oleh karena itu, jika kita tidak ingin mengalami stress, maka sebaiknya kita meminimalkan penggunaan gadget mulai dari sekarang.

3. Membuat Kita Menjadi Pribadi yang Buruk

Gadget itu dapat mempengaruhi pola pikir dan pribadi seseorang. Contohnya, pada saat ada dua orang sedang menunggu bis. Yang satu sedang bermain gadget dan yang satunya lagi bermain laptop.

Padahal, mereka berdua bisa saja saling bercerita tentang kehidupan masing - masing atau bercerita tentang apa saja. Tetapi mereka berdua ini malah asik sendiri dengan "kehidupannya" masing - masing.

Mungkin sekian dulu artikel saya kali ini, kesimpulan yang dapat diambil adalah... sebaiknya kita jangan terlalu bergantung pada gadget, karena hal ini bisa menimbulkan dampak negatif untuk diri kita sendiri dan juga dapat membuat kita menjadi pribadi yang buruk...

Related Posts

3 Hal Negatif Ketergantungan pada Gadget
4/ 5
Oleh

Daftar via Email Gratis!

Suka dengan post yang bermanfaat seperti ini? Ayo tulis email anda sekarang dan dapatkan post terbaru lainnya via email.

Show comments
Hide comments

13 komentar

Tulis komentar
avatar
May 13, 2015 at 9:46 AM

Ya bener banget tu gan... emang gak baik klo terus-terusan main gadget ya sebenarnya gue juga gak bisa lepas dari benda yang satu ini...

Reply
avatar
May 13, 2015 at 10:06 AM

Sama bro... emang gadget ini dah melekat di kehidupan kita...

Reply
avatar
May 13, 2015 at 12:05 PM

Eh, yang kamu tulis di atas bener semua -_-
Gadget, emang bisa mendekatkan yang jauh, tapi yang lebih parah, menjauhkan yang dekat.
Stress itu bener juga, soalnya kita terbiasa komunikasi pake gadget, eh nggak dibales ama yang di seberang, kitanya uring-uringan, ngerasa di-PHP-in, nggak dianggap, ujung-ujungnya kepikiran, bikin stress.
Kadang aku pengen pake surat-suratan aja biar greget.

Reply
avatar
May 13, 2015 at 2:13 PM

Emang kalo kita ngak baik2 mengunakan gadget bisa membawa kita ke hal negatif..
bisa membuang waktu kita secara sia2, membuat stress dan banyak lagi dampak negatifnya..
harus menyikapi secara baik deh biar efek negatif itu ngak terjadi..

Reply
avatar
May 13, 2015 at 4:57 PM

Bener gaN.
Saya mudah stress, apalagi kalau tuh loadingnya lama....tambah pusing.

Lainnya lagi, kita hilang komunikasi sama orang sekitar.
Bisa juga bikin meninggal kalao naik motor sambil mainin gadget.

Reply
avatar
May 13, 2015 at 5:15 PM

nah itu dia. gue juga lagi berusaha buat mengurangi megang gadget gtu. kadang, kecanduan gadget, jadi seorang yg apatis dengan lingkungan sekitar. makanya mau dikurangin tuh.

lagi pula, emang enak sih ya pas dulu. smuanya bisa diobrolin bareng'', tanpa harus megang gadget.
lagi pula, gue bingunya sih sama yg jomblo''. sibuk banget megang hape, tiap jam ngecek hapenya, padahal mah pacar juga ga ada. jomblo songong emang tuh.

Reply
avatar
May 13, 2015 at 9:31 PM

ya bener tuh gadget itu bisa mennyebabkan perilaku seseorang menjadi indivualistis dan gak peduli sama orang laindan lingkungan sekitar, karena mereka mengangap diri mereka sudah cukup senang dengan keberadaan gadget.

dan gue lihat sekarang anak-anak kecil lebih suka main gadget sendiri ketimbang bermain bersama temen-temennya, kalau ini gak bisa diatasi, kumungkinan besar generasi kita kedepannya, bakalan gak ada lagi yang namanya istilah gotong royong, yang mereka pikirkan dan rasakan hanyalah dirinya sendiri.

Reply
avatar
May 13, 2015 at 10:01 PM

1. Menyita waktu : Yoi, bener banget ini. Syukurnya gue gak make gadget. Entahlah, tipe orang seperti gue yang suka dunia maya ini, kalo gak ada gadget, mungkin bakalan galau. Tapi, itu dulu. Gue sekarang biasa aja, tanpa gadget. Sorry malah cuthat. :D

2. Mudah stress : iya, apalagi notif dari mantan yg minta balikan. Atau ada gebetan mantan yang ngancem jangan deketin lagi. Atau, bokapnya mantan minta pulsa. Ahsudahlah..

3. Pribadi Buruk : iya, ni. Sekarang kalo ngobrol sama temen. MAlah sibuk ke gadgetnya, ketimbang ke kitanya. Di situ kadang, Pangeran sedih. Semoga aja, mereka yg pake gadget segera disadarkan, ya. :)

Reply
avatar
May 14, 2015 at 4:12 AM

Gadget, menjauhkan yang dekat. Tapi, resiko dari menjauhkan yang dekat ini adalah adanya tumbal, yaitu mendekatkan yang jauh, contoh aja kayak orang yang lagi kumpul, jaman dulu pasti rame tuh kalau ngumpul, ngobrol bareng, becanda bareng. Lah sekarang, ngumpul sepi, mereka semua pada menjauhkan yang dekat dengan gadget, sayangnya akibatnya yang dekat menjadi jauh. Walaupun jarak mereka dekat, tapi mereka sedang dekat dengan yang jauh sehingga menjauh dengan yang dekat. Akhirnya interaksi nyata lebih sedikit daripada maya :3

Reply
avatar
May 14, 2015 at 4:59 AM

Radiasinya juga berdampak negatif terhadap otak bang. Rata-rata pemilik gadget kan meletakkan gadgetnya di kasur ketika akan tidur. Radiasinya bisa bikin bodoh dan bisa juga memicu kanker otak.
Semakin canggih teknologi, semakin banyak pula resikonya. Begitulah teknologi..

Reply
avatar
May 14, 2015 at 9:08 AM

Setiap teknologi pasti punya kelemahan dan kelebihan masing2, begitu jg soal gadget.
Memang benar adanya jika gadget menimbulkan efek negatif. Tapi kita sebaiknya jeli, gadget jg memberi keuntungan bagi kita, mudah mengakses dunia luar misalnya. Jadi positif atau negatifnya sbuah gadget tergantung dari pribadi penggunanya ;)

Reply
avatar
May 14, 2015 at 9:44 AM

cara supaya ga keetrgantungan gadget ya harus nyari kesibukn gitu. Intinya kita jadi punya kerjaan selain megang gadget

Reply
avatar
May 14, 2015 at 11:13 AM

Problematika orang-orang yang menghabiskan waktu untuk bermain gadget emang bener banget..

Tapi, gue orang yang lebih sering di dunia maya, kalo nggak ada gadget gimana ya? Susah juga wkwk :D

Tentang orang-orang yang menunggu dan malah mainin gadgetnya masing-masing itu gue juga sering ketemu. Kita duduk bareng, tapi nggak ada percakapan sama sekali. Padahal kalo gue ngeliat bokap gue dulu waktu gadget belom ada, setiap nungguin nyokap gue belanja atau apa gitu, pasti selalu nyari temen buat ngobrol.

Reply

Ayo berikan pendapat dan komentarmu tentang postingan ini!
Karena pendapat dan komentarmu sangatlah berarti :D