Monday, May 18, 2015

Pengalaman Praktikum Ekola di Kondang Merak

Pantai Kondang Merak

Di pagi yang cerah ini saya ingin menceritakan tentang pengalaman saya praktikum ekola di kondang merak. Pasti banyak dari kalian yang bertanya apa itu praktikum ekola? ekola itu apa? ngapain aja pas praktikum? nah, sabar ya... tenang aja kok, satu - satu akan saya bahas disini...

Sebelumnya saya ingin menjelaskan sedikit dulu tentang ekola. Ekola ini kepanjangannya ialah ekologi laut tropis. Ya! ini merupakan salah satu mata kuliah di jurusan ilmu kelautan. Kalau praktikumnya itu sendiri dibagi per stasiun (udah kayak kereta api), ada stasiun mangrove, lamun dan terumbu karang.

Nah, sekarang saya mulai dari awal ya ceritanya. Jadi, begini... praktikum ini berlangsung pada tgl 17 Mei dan kita itu disuruh ngumpul di pohon beringin jam set. enam pagi (sambil bawa sesajen). Berhubung waktu itu saya lupa ada praktikum ekola (soalnya kan hari minggu juga), saya begadang sampe jam 2... lalu saya tidur. Kemudian bangun jam 4 dan tidur lagi...

Abis itu hp saya berbunyi sewaktu jam set. tujuh pagi (saya bangun kan jadinya, padahal lagi enak - enak mimpi indah)... lalu saya lihat ada panggilan dari teman saya. Yaudah saya diemin, ga saya angkat. Ternyata dia nelpon saya karena pagi ini ada pratikum ekola, dia ngasih tau lewat sms juga. 

Sontak saja saya kaget. Saya langsung ganti baju dan berangkat menuju pohon beringin (saya lupa bawa sesajen). Untungnya saya belom ditinggal, maklumlah namanya juga orang indonesia... pasti terkenal dengan yang namanya ngaret... ngumpulnya jam set. enam berangkat jamnya set. delapan pagi (hadeh)...

Tumben - tumbennya nih saya telat, biasanya itu saya ga pernah telat lho. Tapi saya tidak mau bahas lebih lanjut, yang penting kan saya ga ditinggal. Nah, setelah semuanya kumpul... kami lalu berangkat menuju pantai kondang merak dengan menggunakan truk tronton (truk yang biasa dipake sama tentara)...

Hadeh... paling males dah naik kendaraan yang satu ini. Biarpun ada kelebihannya tersendiri sih, yaitu lebih cepat sampai. Bagaimana enggak, liat aja tuh dijalanan... semuanya aja pada minggir, polisi aja ga berani nilang nih truk tronton... mana klaksonnya kenceng lagi, bikin kuping pengang...

Singkat cerita akhirnya kita semua sampai di pantai kondang merak. Jangan tanya pas diperjalanan, soalnya saya cuma tidur plus nutup idung yang dimasukkin asep nih truk tronton. Udah dah lengkap penderitaan saya hari ini, untungnya udah sampe di tempat.

Nah, kemudian setelah sampai... kami dibagi per stasiun yang sudah ditentukan. Lalu, kami semua pun berangkat menuju stasiun masing - masing. Waktu itu saya dapat yang stasiun mangrove. Menurut saya sih ini stasiun dengan rute paling mudah (hehe). Gampanglah pokoknya, cuma tinggal identifikasi mangrove trus tulis dah di kertas laporan.

Pantai Kondang Merak

Nih gambar diambil yang setelah kita mengidentifikasi mangrove... ini saya ambil pas lagi berteduh setelah selesai praktikum. Ada beberapa orang yang berteduh termasuk saya. Tetapi, lebih banyak yang menghabiskan waktu bermainnya di pantai dengan terik matahari yang cukup panas.

Kenapa saya tidak main di pantai bersama dengan teman - teman yang lainnya. Karena dari pengalaman - pengalaman praktikum sebelumnya, kulit saya terbakar sehabis praktikum karena saya tidak pake jaket ataupun baju lengan panjang waktu itu... otomatis kulit saya pun langsung menjadi hitam gelap. Makanya saya agak males main lagi kalo pantainya panas, hehe... soalnya kali ini saya juga cuma pake baju lengan pendek.

Lalu setelah itu, kami semua menunggu makan siang. Sambil menunggu makan siang... teman saya mengambil foto truk tronton yang kita naiki. Nah... ini dia gambar truk trontonnya...

Truk Tronton

Dan ini gambar penulisnya.... wkwkwk....


Gambarnya kayak orang lagi nahan boker ya..., padahal bukan lho. Itu saya lagi nahan ketawa, soalnya temen saya yang ngambil gambarnya itu kayak lagi nahan boker (haha...).

Singkat cerita, kami semua pun mengakhiri praktikum hari ini. Kami pulang menggunakan truk yang sama. Dan lebih parahnya lagi... Truk tronton ini selalu membunyikan klaksonnya secara bergantian, seperti saling menyahut satu sama lain...

Otomatis, semua kendaraan yang ada di jalan itu minggir semua... udah kayak ambulans yang lagi membunyikan sirinenya sambil nerobos lampu merah. Nah ini, sama persis. Udah klaksonnya berisik sampe bikin kuping pengang, bawa truknya ugal - ugalan, nerobos lampu merah juga... ga ditilang lagi sama polisi, padahal ada polisi lho... mungkin polisi ga berani sama tentara...

Setelah menempuh perjalanan yang panjang, akhirnya kami semua pun sampai di fakultas kami. Lalu, kami semua pun dapat beristirahat di kos/rumah masing - masing. Saya pun juga beristirahat di kos. Dan keesokan harinya... pala pusing gara - gara kebanyakan ngirup asep truk tronton, ga enak badan, kulit ga terlalu terbakar (untunglah) dan lain - lain. Sekian dulu artikel saya kali ini... karena saya mau tidur lagi, semoga bermanfaat :)

Related Posts

Pengalaman Praktikum Ekola di Kondang Merak
4/ 5
Oleh

Daftar via Email Gratis!

Suka dengan post yang bermanfaat seperti ini? Ayo tulis email anda sekarang dan dapatkan post terbaru lainnya via email.

Show comments
Hide comments

11 komentar

Tulis komentar
avatar
May 18, 2015 at 9:46 AM

Praktikumnya identifikasi Mangrove?
rasanya naik tronton gimana sih? Apa kayak offroad gitu? Jalnnya gronjalan gitu?

Reply
avatar
May 18, 2015 at 9:52 AM

Yang diidentifikasi apa aja ya gan..saya sedikit penasaran.

dan saya baru tahu juga soal jurusan yang kayak gini... enak dong kepantai mulu kalau praktikum.

Reply
avatar
May 18, 2015 at 10:28 AM

Tebakannya tepat sekali... iya, soalnya kan medannya berbatu, jd bis biasa ga bisa...

Reply
avatar
May 18, 2015 at 10:50 AM

Yg diidentifikasi itu jenisnya, diameter batang pohonnya, biota yg hidup di dalamnya dan masih banyak lagi... emang enak gan praktikumnya, tp yg ga enak itu nulis laporan setelah praktikumnya, hehe... :)

Reply
avatar
May 18, 2015 at 10:59 AM

Aku pikir ekola sodaranya ebola

Ekologi laut berarti meneliti tentanf ekologi lautan gitu ya.. Selidikin dong bisa aja dilautan ikannya pada bikin kota kayak bikini bottom

Itu kayak truknya tentara ya, pernah tuh naik gituan gak dapet tempat duduk jadi kalo truknya ke kiri akut oleng ke kiri, kalo ke kanan oleng ke kanan

Reply
avatar
May 18, 2015 at 1:44 PM

Baru tahu kepanjangan Ekola hahahhaa ciyus ini

Duh, praktikum yang mengesankan ya.. bukan karena menidentifikasi mangrovenya tapi karena naik trontonnya itu lho haha :)

Reply
avatar
May 18, 2015 at 9:03 PM

bentar. btw, itu lo beneran habis bangun tidur, ganti baju, langsung berangkat? lalu apa lo nggak mandi terlebih dahulu?

kayaknya praktikum lo asik banget. apalagi pake berangkat dan pulangnya naik truk tronton, pasti sensasinya luar biasa. gue nggak pernah naik truk tronton sih, tapi pernah naik forklift, sekali.

Reply
avatar
May 19, 2015 at 4:02 AM

Enak dong bisa jalan jalan mulu :3 sering sering pratikum aja kalo gitu hehe... Sensasinya gimana ya kalo naik truk tronton itu -_- pengen nyobain deh kayanya asik ... btw itu kenapa gambar penulisnya ngikut ngikut wkwk..

Reply
avatar
May 19, 2015 at 6:51 AM

kalau dilihat-lihat keren juga mobil truknya ya hahah
tapi lebih keren lagi kalau penulisnya gak ikutan foto :v *PEACE*

Jalan-jalan ke laut itu enak lho apapun ceritanya, dibanding jalan-jalan ke hutan.
soalnya di Medan lautny keruh semua -__-

Reply
avatar
May 19, 2015 at 8:58 AM

Cieee ketularan virus Indonesia, virus ngaret. Hahahaha, iya sih emang biasanya gitu, janjian jam 6 berangkatnya jam 8, dan yang bikin berangkat jam segitu biasanya aku. Hahahahaha.

Enak sih kayaknya praktikumnya kayak mau jalan-jalan, tapi masalahnya naiknya itu truk tronton, kayaknya nyiksa banget asapnya. Jadi pengen nyoba naik tronton, nanti beli ah, kali aja bisa dipakai ugal-ugalan juga di jalan.

Reply
avatar
May 20, 2015 at 1:19 PM

Fotonya duh.. :D
malah ketawa duluan.

Eh sekalian dijelasin donk, apa aja yang diidentifikasi dalam praktikum kamu. Diamater batang akan menunjukkan berapa usianya kan? Nah berikan informasi sedikit, biar selaian ini curhat juga jadi nambah ilmu teman-teman yang lain. Plus, ilmu yang ditulis akan membuat kamu inget terus. :)

Reply

Ayo berikan pendapat dan komentarmu tentang postingan ini!
Karena pendapat dan komentarmu sangatlah berarti :D