Pengalaman UAP dan Praktikum Hari Ini

Image from www.bnp-nrw.de

Hari ini itu sama seperti hari - hari biasanya. Tetapi yang membedakan ialah adalah UAP dan praktikum ichtyologi. Buat para mahasiswa yang ada praktikumnya, pasti sudah tidak asing lagi dengan yang namanya UAP. Ya! Uap itu kepanjangannya ialah ujian akhir praktikum.

Setelah kita sudah capek - capek menulis laporan dengan cara manual (tulis tangan), lalu asistensi dengan asdos (asisten dosen), kita dihadapkan pada UAP sebagai syarat kelulusan mata kuliah ini. Bagi kalian yang belum menjadi mahasiswa ataupun ingin menjadi mahasiswa, maka saran saya jangan pilih jurusan yang saya ambil ini.

Alasannya ialah karena jika ingin masuk jurusan yang saya ambil ini, itu harus memiliki mental yang kuat. Tidak sedikit teman - teman saya yang pindah jurusan, tidak kuliah lagi, berhenti di tengah jalan dan lain - lain. Jurusan saya itu adalah ilmu kelautan.

Banyak yang bilang jurusan ini akan sukses karena sejalan dengan visi misi pemerintahan saat ini yang berfokus pada maritim. Tetapi nyatanya, jurusan ini sangat sulit. Serius ini! saya tidak bohong! setiap hari praktikum, laporan pun di tulis tangan, ada juga praktikum lapang seperti renang dan selam.

Intinya ialah bagi kalian yang seandainya masuk jurusan ini ataupun jurusan lain dan kalian merasa itu seperti bukan pilihan kalian, maka biasakanlah. Karena sesuatu yang dibiasakan, maka lama - lama kita akan menjadi suka dengan hal tersebut. Terima kasih dan semoga bermanfaat :)

18 komentar

  1. Bukan anak kuliahan, jadi cuma baca aja dan masih kurang ngerti ckckck

    jadi ini sepeti penentu kelulusan dari mata kuliah yang ente ambil ya?

    ReplyDelete
  2. Masih SMA nih HHhhhaa...

    kok harus tulis tangan kenapa, apa nggak boleh diketik?

    Biar yang lain menyerah tapi kita jangan sampe menyerah... Selamat berjuang UAP-nya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Thanks bro udah semangatin saya, jd semangat lagi nih (hehe...), ada yg ketik juga laporannya, tp umumnya itu tulis tangan...

      Delete
  3. emang jurusannya apa?

    Iya sih gue udah kuliah, tp untungnya jurusan ekonomi mah gak ada namanya praktikum gitu gitu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tp ekonomi lumayan susah juga tuh, hehe... saya jurusan ilmu kelautan bro...

      Delete
  4. Salam kenal, baru pertama main kesini nih

    Emang kak aldo kuliah dimana? Jurusan apa? Apa benar sebegitu sulit? Ichtyologi tuh apaan? Kok aku banyak tanya ya..

    Semangat ya buat ngerjain tugasnya, semogs lulus

    ReplyDelete
    Replies
    1. Amin... salam kenal juga, sering2 aja main kesini... :)
      Aku kuliah di malang (brawijaya), jurusan ilmu kelautan, iya ini sangat sulit (jd harus punya mental yg kuat), ichtyologi itu ilmu yg mempelajari tentang segala hal tentang ikan, gpp kok banyak tanya... itu malah lebih bagus drpd yg diem tp sesat di jalan...

      Delete
  5. Oh, Ilmu Kelautan kayak gitu ya, harus tahan mental. Mungkin ini salah satu cara pemerintah agar nantinya lulusan-lulusan dari jurusan ilmu kelautan ini bisa tahan mental untuk terus membangun Indonesia untuk menjadi pusat maritim dunia, karena untuk mencapainya tidak bisa dengan anak bangsa yang mentalnya lemah.

    Dan benar kata lu, kalau mau suka, biasakanlah. Kalau lu merasa itu baik untuk lu, tapi merasa kagak nyaman, paksa aja dulu supaya nyaman, kalau emang gak baik tinggalkan, tapi kalau merasa baik, pasti lama-lama bakal suka :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya... hehe... soalnya nantinya kerja di laut itu mungkin kehidupannya akan sulit, iya bro... betul itu, kita ambil contoh itu makanan sehat, tetapi rasanya tdk enak, jika kita biasakan untuk memakannya, mungkin... lama2 kita akan menjadi suka dan itu juga baik untuk diri kita

      Karena tidak selamanya yg terbaik menurut kita itu baik untuk diri kita, bisa saja yg tdk baik menurut kita itu menjadi yg terbaik untuk kita (bingung ya... hayo...) thanks bro atas komennya :)

      Delete
  6. Bercapek-capek dahulu bersenang-senang kemudian. Gak apa-apa bro, sekarang lo capek, banyak tugas, yang penting, liat aja nanti akhirnya bakal jadi apa.

    Nah, bener tuh bro. Sesuatu itu dibiasakanlah jangan dipaksakan. Karena sesuatu yang dipaksakan tidak baik. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya bro... saya setuju sama pendapat bro ilham yg bersusah2 dahulu bersenang2 kemudian, krn banyak yg inginnya hanya bersenang2 saja tnp menghadapi kesusahan... thanks ya bro... mudah2an saya capek2 disini ada hasilnya :)

      Delete
  7. haha untung gue gak kuliah :D gue mau kerja aja lah :v

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehe... saya pas kuliah ini malah mikirnya pengen kerja juga bro... ga enak minta mulu sm org tua, tp kuliah dan kerja itu masing2 punya kelebihan dan kekurangannya sendiri2

      Delete
  8. ini jurusan ilmu pasti memang begini susahnya yang jurusan bahasa nggak seperti ini mengerikannya ya bang

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waduh kalo itu aku juga kurang tau (hehe...) tp kayaknya sama2 susah, soalnya temanku ada juga yg jurusan bahasa...

      Delete
  9. kuliah emang butuh mental yang kuat banget, kalo mental nya mental kerupuk yaa pasti udah keluar dari dunia perkuliahan hehe. ternyata ribet banget yaa UAP lo, semooga terus diberi kelancaran yaa!

    bener banget! awalnya sih memang susah, tapi kalo dilakukan dengan rutin, nantinya juga pasti akan terbiasa dan mengerjakan hal tersebut.

    ReplyDelete
  10. so far kalau aku bersyukur di jurusan sekarang asih, saking nyamannya malah sampai belum lulus juga. Pffft

    ReplyDelete

Ayo berikan pendapat dan komentarmu tentang postingan ini!
Karena pendapat dan komentarmu sangatlah berarti :D