Wednesday, June 10, 2015

Tips Menabung Versi Fresh

Tips Menabung Versi Fresh

Di hari yang indah ini saya ingin membagikan sebuah artikel berjudul " Tips Menabung Versi Fresh ". Pastinya banyak diantara kita yang senang menghabiskan duitnya untuk hal - hal yang kurang bermanfaat. Seperti contohnya itu bapak saya. Dia punya hp ada empat, bayangin hpnya ada empat! Itu kan namanya pemborosan duit. Kan mending duit buat beli hpnya itu ditabung, bener ga?

Selain itu, masih banyak diantara kita yang suka memboroskan uangnya untuk hal - hal yang tidak perlu. Seperti, membeli sepatu empat, lima, enam bahkan lebih (hayo... ngaku!). Padahal tujuan utamanya hanyalah untuk gonta - ganti sepatu atau kalo bosen bisa ganti sepatu. Menurut saya ini adalah hal yang sangat tidak penting, kalo saya sendiri saja... itu sepatunya hanya dua sampai tiga. Oleh karena itu, lebih baik duitnya ditabung sehingga nantinya dapat menjadi lebih bermanfaat di kemudian hari. 

Banyak sekali manfaat dari menabung, seperti... saat kita membutuhkan uang, kita bisa menggunakan uang tabungan dan juga masih banyak lagi manfaat lainnya. Berikut ini adalah beberapa manfaat menabung yang perlu kamu ketahui.

  • Membuat kita menjadi pribadi yang hemat dan efisien
  • Membantu disaat kita membutuhkan uang
  • Sebagai investasi jangka panjang
  • Dan masih banyak lagi...

Selain itu, masih banyak manfaat lain dari menabung. Dan yang paling penting adalah kita dengan sendirinya akan menjadi orang yang dapat menggunakan uang dengan bijak dan benar.

Nah, sudah tahu kan beberapa manfaat penting dari menabung. Sekarang saatnya kita membahas bagaimana tips menabung yang baik dan benar versi Fresh. Berikut ini adalah tips - tipsnya.

1. Niat Untuk Menabung

Niat adalah suatu hal yang wajib jika kita ingin melakukan hal apapun. Seperti kata pepatah, jika ada niat pasti ada jalan. Niat yang kuat merupakan salah satu hal yang paling penting. Oleh karena itu, jika kita ingin menabung... maka kita harus memiliki niat yang kuat.

2. Punya Tujuan Yang Jelas

Tujuan menabung untuk apa, rencana menabungnya bagaimana, apa yang akan dilakukan setelah uang tabungan terkumpul dan masih banyak tujuan - tujuan yang lain. Jadi, sebelum kita menabung... ada baiknya kita memikirkan dulu tujuan kita. Karena dengan adanya tujuan, semua usaha menabung kita akan menjadi bermanfaat dan tidak sia - sia.

3. Mempunyai Target di Tiap Bulan dan Tahun

Target Tiap Bulan dan Tahun

Setelah kita memiliki tujuan yang jelas, ada baiknya kita menetapkan target di tiap bulan dan tahunnya. Catat dan hitunglah seberapa besar pengeluaran di tiap bulannya dan juga berapa uang yang akan kita tabung. Sebisa mungkin, kita menyisihkan uang tiap hari... lalu setelah terkumpul uangnya, kita dapat menabung di tiap bulannya. Oleh karena itu, kita harus memiliki target di tiap bulannya.

4. Menabung di Bank

Tips Menabung

Mungkin masih banyak diantara kita yang menabung secara tradisional, seperti disimpan di tempat khusus ataupun yang lainnya. Tetapi menurut saya, perkembangan zaman itu harus kita manfaatkan semaksimal mungkin. Salah satunya ialah menabung di bank. Banyak sekali keuntungannya menabung di bank, karena lebih mudah dan praktis.

Berbagai macam bank menyediakan jenis - jenis tabungan yang berbeda - beda. Karena biasanya itu kebutuhan tiap orang itu berbeda - beda. Salah satu situs web yang dapat membantu kita memilih jenis tabungan yang sesuai dengan kebutuhan kita adalah cermati.com. Di cermati.com ini sendiri mengulas tentang kelebihan dan kekurangan dari masing - masing jenis tabungan yang tentunya berbeda - beda. Untuk lebih info lebih jelasnya dapat dilihat disini.

5. Menjalankannya Dengan Sepenuh Hati

Semua kegiatan yang kita lakukan itu harus dengan sepenuh hati dan tanpa paksaan. Karena biasanya semua hal ataupun kegiatan yang dilakukan dengan sepenuh hati, pasti nantinya hasilnya juga akan memuaskan. Oleh karena itu, kita harus menabung dengan sepenuh hati dan juga optimis nantinya tabungan kita dapat kita manfaatkan suatu saat nanti.

Nah, itu tadi adalah tips menabung versi Fresh. Menabung merupakan hal penting yang mempunyai manfaat yang banyak, salah satunya ialah membuat kita menjadi pribadi yang hemat dan bijak. Untuk itulah, kita harus membiasakan budaya menabung ini sejak dini... karena nantinya kitalah yang akan merasakan manfaat sesungguhnya dari menabung itu sendiri.

Sekian dulu artikel saya kali ini, terima kasih dan semoga bermanfaat :)

"Tulisan ini diikutsertakan dalam Lomba Blog Share Tips Menabungmu bersama Blog Emak Gaoel dan Cermati "

Banner Lomba Tips Menabung

Related Posts

Tips Menabung Versi Fresh
4/ 5
Oleh

Daftar via Email Gratis!

Suka dengan post yang bermanfaat seperti ini? Ayo tulis email anda sekarang dan dapatkan post terbaru lainnya via email.

Show comments
Hide comments

32 komentar

Tulis komentar
avatar
June 12, 2015 at 9:01 AM

menurut gue point yang paling penting itu yang ke 2. kita harus punya tujuan, percuma nabung banyak2, nabung dengan giat tapi gak tau mau di pake apa. Mending kalo di pake buat hal positif, kalo di pake beli sabu gimana???.....hmmm maksud gue sabu makanan hahahah

Reply
avatar
June 12, 2015 at 9:50 AM

Kalo pengin uang terkumpul dengan disiplin, memang harus ngumpulin niat yang baanyak dulu. Percuma kan nanti duitnya kepake lagi buat hal yang bermanfaat.

Kalo gue emg sering begitu, duit nya udh kekumpul di kotak, iseng2 gue belanjain lagi -_-

Reply
avatar
June 12, 2015 at 10:34 AM

Niat udah ada
tujuan jelas pengen beli sesuatu dan untuk masa depan
target juga udah ditetapin

tapi masih aja molor.. itu uang habis mulu.
susah banget nglangin niat buat jajan makanan.

Reply
avatar
June 12, 2015 at 11:23 AM

kalau saya menabung iya...habisin duidnnya juva iya...
:D
menabung di bank tapi ada atm
pengen beli apa lamgsung ke atm. :(
ga bisa nabung
udah gitu belum tentu sebulan bisa nabung...
tabungannya kena potongan

akhirnya saya putuskan untuk menabung recehan :D

jadi setiap recehan saya masukin celengan yang ga bisa dipecah ato dibanting.
ga bisa dipotong pake pisau/cutter...:D

dengan begitu masih bisa nabung biar ga diambil2 lagi :D

Reply
avatar
June 12, 2015 at 11:58 AM

Menabuuuung... Iya poin-poin di atas memang mudah sekali ditulis. Tapi susah prakteknya. Huhuhuhu... :( Gimana dong?

Reply
avatar
June 12, 2015 at 2:08 PM

gue adalah orang yang selalu optimis buat nabung, tapi dari dulu sampai sekarang gagal mulu. kemaren gue beli celengan ayam, baru berisi beberapa lembaran eh kepepet, ayam nya langsung gue gorok.
susah banget dah yang namanya konsisten nabung, selalu banyak sekali godaan yang mengharuskan lembaran rupiah melayang dengan sendirinya.jadi untuk menjalankan dengan sepenuh hati masih susah.

Reply
avatar
June 12, 2015 at 2:43 PM

fresh banget tulisannya, kalo niat kurang kuat dan ngga punya kesadaran, nabung bisa jadi sesuatu yang sangat berat, semoga gue bisa menjalani tips fresh ini

Reply
avatar
June 12, 2015 at 3:25 PM

Menabung untuk masa depan. Seperti kata mas Alit, masa depan itu harus dipersiapkan. Menabung di bank itu banyak keuntungannya. Tinggal riset aja bank mana yang paling banyak ngasih kemudahan dan keuntungan untuk menabung. Soalnya kalo kita ngandelin gaji doang kalo udah kerja, gak bakalan cukup. Mending menabung dari sekarang.

Reply
avatar
June 12, 2015 at 10:14 PM

miya bro. selama punya niat dan target, pasti bakal ada titik terang. selamat niatnya sungguh-sungguh sih. kalau gue, gue juga udah nyoba nabung. dari smp sih, dan cukup berhasil sampai sekarang. meskipun kadang2 sikap konsumtif sering datang menghantui.

Reply
avatar
June 13, 2015 at 1:44 AM

Saya setuju dengan tipsnya, menabung dengan niat yang kuat dan tujuan yang jelas. Kalau kita sangat ingin membeli sesuatu yang kita suka seperti saya ingin membeli rubik, komik dll pasti dengan sendirinya saya akan menabung.

He..he.., tapi hanya ada satu yang membaut menabung itu harus tertunda, mata tidak bisa dijaga, selalu melirik makanan enak. Kalau mata sudah melihat cemilan yang enak nan menggiurkan, mata ini akan memberikan rangsangan berjalan menuju ke otak dan rangsangan itu yang akan memberikan perintah ke tangan ini untuk mengambil uang dan membeli cemilan itu, kita hanya bisa mengikuti perintah itu...

Reply
avatar
June 13, 2015 at 2:10 AM

Gue merupakan tipe orang yang paliiiiiiiing susah banget buat nabung. Kalau ada uang di ATM, bawaan pengen gesek terus. Hahahaha. Tapi, kalau misalnya gue pengen beli sesuatu, kayak contohnya kemaren gue mau beli gitar akustik. Gue bakalan mati-matian supaya bisa nabung, Kalau nabung versi gue, tadi kan udah bilang kalau gue adalah orang yang nggak besa pegang uang. Makanya gue minta bantuan sama sahabat gue buat pegangin uang gue. Dan cara ini berhasil menurut gue. Tapi, lo harus pilih-pilih teman yang emang benar-benar bisa lo percaya. Gitu aja sih..

Reply
avatar
June 13, 2015 at 7:12 AM

Gilaa, baru paragraf awal aja udah salah salahin bapak. Bisa dikutuk kamu do, hahahah.

Secara nggak sadar aku hampir ngikutin cara cara itu sebelum baca postingan ini. Iya, dari tahun lalu aku selalu sisihkan uang di rekening yang beda supaya bisa nabung. jadi tambahannya: buatlah 2 rekening. kalau perlu yang satu nggak usah ada fasilitas e banking supaya nggak kelepasan beli online shop :p

Reply
avatar
June 13, 2015 at 12:39 PM

iya bro, menabung adalah salah satu cara agar kita menjadi kaya, jangan yang terus kita tabung makanan di perut kita terus, terus kita setorin ke WC. hehehe. tips-tipsnya udah cukup jelas nih, mulai dari perencanaan dan perhitungannya, tinggal actionnya aja,

Reply
avatar
June 13, 2015 at 12:44 PM

Wkwkwk... setuju bro... tujuan itu kan memang penting, segala sesuatu itu ada baiknya kita yang menentukan senditi tujuan kita... btw, sabu makan apa tuh... asalkan jangan beli sabun... hehe :)

Reply
avatar
June 13, 2015 at 12:46 PM

Sip, emang niat itu paling penting dah... karena kalo ada niat, pasti ada jalan... waduh, kok kita sama ya... aku juga kadang dah nabung, eh... duitnya kepake lagi... biasanya yang suka ngabisin ibu saya sih...

Reply
avatar
June 13, 2015 at 12:49 PM

Wah, kalo gitu berarti niatnya yang harus dikuatkan bro... soalnya pondasi yang kuat itu penting, dan pondasi yang saya maksud disini adalah niat kita... kalau niat kita kuat, otomatis semuanya bisa kita jalani :)

Reply
avatar
June 13, 2015 at 12:51 PM

Sip... memang celengan yang buat recehan itu solusi alternatifnya, kadang2 kalo ATM itu lebih sering kita pake dan terpotong biaya administrasi dari bank...

Reply
avatar
June 13, 2015 at 12:58 PM

Gimana ya? hehe... nih gini deh, aku kasih contoh ya. Seseorang itu melakukan sesuatu pasti ada tujuan/hasil yang ingin dicapai/didapatkan. Misalnya, kamu sangat suka sekali dengan membaca. Tiap hari hobi kamu itu membaca.

Suatu hari kamu ingin membeli buku, tetapi kamu tidak punya uang. Kamu pastinya akan berusaha meminjam uang, entah itu meminjam dari orang tua kamu, teman, sahabat, saudara dll. Nah, jadi intinya itu jadikan menabung ini hobi atau kesukaan.

Dan juga bayangkan hasilnya setelah kita menabung nanti, apa saja yang kita ingin beli setelah uang yang kita tabung terkumpul, bayangkan itu. Seperti, jika kita ingin memberangkatkan orang tua kita pergi haji (bagi yang muslim), atau kita ingin memberi hadiah ke orang tua kita seperti rumah atau mobil, sehingga nantinya orang tua kita akan senang dan bangga mempunyai anak seperti kita. Bayangkan raut wajah bahagia orang tua kita yang telah merawat kita, dan kita mencoba untuk membalas kebaikan orang tua kita.

Nah, itu tadi contohnya. Intinya kita harus tetapkan tujuan dan hasil yang ingin kita capai nantinya setelah kita menabung dan juga... jadikan menabung itu hobi atau kesukaan kita, jangan kita jadikan beban. Karena kita sendiri yang nantinyalah menuai hasilnya :)

Reply
avatar
June 13, 2015 at 1:01 PM

Wkwkwk, serem amat digorok... kalo saya sih cuma dicongkel isi perutnya (hehe...) wah... memang menabung ini banyak godaannya, kalo gitu kita harus lebih kuat diniatnya... kuatkan niatmu sobat, jangan pantang menyerah... kan kasihan ayamnya, udah gendut harusnya kan disayang2 :)

Reply
avatar
June 13, 2015 at 1:03 PM

hehe... makasih, yang nulis juga fresh lho (becanda, wkwkwk) ya... ayo tumbuhkan kesadaran menabung mulai dari sekarang sob, karena menabung itu menjadikan kita pribadi yang hemat dan sederhana :)

Reply
avatar
June 13, 2015 at 1:05 PM

Ya, masa depan yang cerah itu harus kita mulai dari sekarang... karena kalau bukan kita, siapa lagi?

Reply
avatar
June 13, 2015 at 1:10 PM

Setuju bro... btw, niat kita juga harus kuat agar kita dapat melewati godaan2 untuk membelanjakan uang buat kebutuhan yang tidak perlu atau mirip dengan pemborosan :)

Reply
avatar
June 13, 2015 at 1:13 PM

Haha... kita sama bro... kalo soal perut mah, ga ada yang bisa menghalangi kayaknya... soalnya itu kan kebutuhan manusia, apalagi kalo makanannya enak, hmm... keknya bisa2 ga jadi nabung deh, wkwkwk

Reply
avatar
June 13, 2015 at 1:15 PM

Wah mantab nih bro... gitarnya mahal tuh pasti (wkwkwk), btw memang kita harus pilih teman yang dapat dipercaya, karena saat ini banyak teman yang ....... Nah, jadi menabung itu kan ada tujuannya... contohnya seperti masbro ini, kan tujuannya buat beli gitar... otomatis, menabung itu harus ada niat dan tujuan. Karena yang dua ini merupakan kunci utama dalam hal menabung :)

Reply
avatar
June 13, 2015 at 1:17 PM

Wkwkwk... kan ga ada ceritanya dikutuk sama bapak, contoh : maling kundang. Btw, memang dua rekening memang memudahkan kita dalam hal menabung... tapi biasanya ada juga yang udah dua rekeningnya dan dua2nya dipake...

Reply
avatar
June 13, 2015 at 1:19 PM

Wkwkwk nah itu gan, saya suka nabung di perut... masalahnya itu... iya bro, tinggal actionnya aja... percuma kalo ga dilakuin... intinya ada kemauan, lakukan dan kita akan mendapatkan hasilnya :)

Reply
avatar
June 13, 2015 at 2:15 PM

Kalo menurut saya nabung yang paling efektif itu di celengan ayam yang dari tanah liat, soalnya susah dikorek2nya, kalo dipecahin kan ancur jd gak bisa dipake nabung lg, jd biasanya suka males buat mecahin, nunggu ampe penuh dulu. Wkwkk..

Kalo nabung di atm banyak godaanya, pengen diambilin mulu:(

Reply
avatar
June 13, 2015 at 7:15 PM

Hehe... iya juga ya... soalnya emang kalo di ATM godaannya lebih besar...

Reply
avatar
June 14, 2015 at 7:32 AM

Kalo gue sih, nabung biasanya di dompet. Yaa walaupun udah ada bank, tetep aja enakan di dompet buat nabung uang jajan.

Tujuan gue nabung karena gue punya target. Misalkan mau beli laptop, jadi harus nabung dulu. :)

Reply
avatar
June 14, 2015 at 10:52 AM

Aku juga mau nabung nih. Udah punya niat buat nabung dan udah punya tujuan nabung itu buat apa aja nantinya. Tapi sampe sekarang belum mulai nabung. Kasihan banget. Mukin cuma niat aja.

Kayaknya tips ini cocok buat aku biar memulai kegiatan menabungnya. Tapi kayaknya kalo nabung di bank aku belum bisa. Belum tau caranya gimana. Nanti deh belajar nabung di bank :D

Reply
avatar
June 14, 2015 at 11:13 AM

Tipsnya bener semua, sih. Tapi menurutku sih poin paling penting itu yang tujuan. Soalnya kalo udah ada tujuannya, kita pasti bisa niat untuk nabung. Kalo belum ada tujuan, niatnya juga malah jadi bingung kan? Nabung itu but apa ya? Nah... gitu.

Nabung di bank itu enak nggak enak sih. Enaknya aman. Ya kalo ilang kan bank yang tanggung jawab. Tapi nggak enaknya, apalagi kalo ada atm, beuh... pasti diambil lagi. Aduh, ada perlu sedikit nih. Ambil dulu lah nanti diganti. Akhirnya keterusan dan habis.

Tapi balik lagi sih ke tujuan. Kalo tujuannya kuat, pasti nabungnya juga kuat.

Reply
avatar
June 14, 2015 at 2:46 PM

seringnya gue kalo nabung duitnya kepake buat hal tak terduga
misal gue pengen beli parfum terus terpaksa ambil duit tabungan 100.000, harga parfum 40.000 dan kembaliannya 60.000 dalam pecahan kecil. Pasti tu duit gak balik 60.000 karena kepake entah buat apaan :/

Reply

Ayo berikan pendapat dan komentarmu tentang postingan ini!
Karena pendapat dan komentarmu sangatlah berarti :D