Sunday, August 30, 2015

Ayo Kita Selamatkan Air Tanah Jakarta!


Ayo Kita Selamatkan Air Tanah Jakarta!

Ayo Kita Selamatkan Air Tanah Jakarta!

Sebelum kita membahas tentang air tanah Jakarta, ada baiknya kita membahas dulu betapa pentingnya air bagi kehidupan kita. Hampir semua orang membutuhkan air, tidak terkecuali hewan dan juga tumbuhan. Semua makhluk hidup membutuhkan air.

Air memang sangat penting untuk makhluk hidup, khususnya bagi manusia. Tak heran, bila manusia sangat membutuhkan air, tetapi juga cenderung konsumtif tanpa memikirkan dampaknya. Padahal, banyak sekali manfaat air bagi kehidupan manusia. Inilah beberapa kegunaan/manfaat air bagi kehidupan manusia.

  • Umum : untuk keperluan minum, masak, mencuci dan lain - lain
  • Industri : berbagai macam pabrik dan juga pembangkit listrik
  • Kelautan : pelayaran dan kegiatan para nelayan
  • Pertanian : menanam berbagai macam kebutuhan pokok
  • Peternakan : memberi minum hewan - hewan ternak
  • Dan juga masih banyak lagi yang lainnya...

Sudah tahu kan betapa pentingnya air bagi kehidupan kita. Nah, sekarang saatnya kita membahas tentang kota Jakarta.
Kota Jakarta

Jika kita bicara tentang kota Jakarta, pastinya kita juga akan membicarakan tentang kualitas air yang ada di Jakarta. Banyaknya gedung - gedung tinggi dan juga hotel - hotel mewah di Jakarta, membuat dampak kerusakan yang cukup besar terhadap air tanah yang ada di Jakarta.

Karena biasanya, gedung - gedung tinggi dan juga hotel - hotel mewah di Jakarta itu mengambil air tanah hingga kedalaman 60 meter atau bahkan lebih. Bukan hanya gedung dan hotel saja, tetapi masih banyak lagi. Seperti apartemen, mall dan juga bangunan ataupun gedung gedung mewah yang lainnya.

Kondisi Air Tanah di Jakarta

Kita pasti mengetahui bahwa kondisi air tanah di Jakarta sudah mencapai level kerusakan yang cukup serius. Hal ini bisa tergambar jelas jika kita melihat kualitas air tanah Jakarta yang sudah cukup keruh dan kotor. Ini disebabkan oleh eksploitasi besar - besaran yang dilakukan oleh banyaknya bangunan - bangunan mewah yang ada di Jakarta.

Akibatnya, rata - rata dari permukaan tanah di Jakarta terus menurun. Bahkan, kota Jakarta merupakan salah satu kota dengan tingkat penurunan tanah terbesar di dunia. Di Jakarta sendiri, rata - rata penurunan sekitar 10,8 cm pertahunnya. Dengan kondisi yang memprihatikan ini, Jakarta diprediksikan akan tenggelam dalam 40 tahun kedepan.

Apa yang Dapat Kita Lakukan Untuk Menyelamatkan Air Tanah Jakarta?

Banyak cara yang dapat kita lakukan untuk menyelamatkan air tanah Jakarta. Mulai dari cara yang paling mudah hingga yang paling sulit untuk dilakukan. Berikut ini ialah hal - hal yang dapat kita lakukan untuk menyelamatkan air tanah di Jakarta.

Tanaman di Depan Rumah

1. Menanam Tanaman di Depan Rumah

Tanaman merupakan makhluk hidup yang dapat membantu penyerapan air di dalam tanah. Selain itu, tanaman juga membuat rumah kita menjadi lebih sejuk dan segar tentunya.

2. Membuat Sumur Resapan Sendiri

Sumur resapan ini sangat baik bagi tanah. Karena sumur resapan ini dapat menampung air hujan yang nantinya akan meresap kedalam tanah.

3. Ikut Organisasi dan Menjadi Aktivis Cinta Lingkungan

Kesadaran kita akan lingkungan terutama keberlangsungan air yang ada di lingkungan sekitar kita. Cobalah ikut berbagai organisasi yang berkaitan dengan lingkungan, pastinya akan bermanfaat bagi kita dan juga lingkungan disekitar kita.

4. Tidak Membuang - buang Air dengan Percuma

Membuang - buang air secara percuma, akan menghasilkan suatu dampak yang cukup besar suatu saat nanti. Memang tidak sekarang kita akan merasakan akibatnya, tetapi nanti jika air sudah habis barulah kita merasakan dampaknya. Oleh karena itu, mulailah dari sekarang untuk hemat dan bijak dalam menggunakan air.

5. Menggunakan Air Bersih Perpipaan

Menggunakan air bersih perpipaan merupakan salah satu solusi yang bisa kita lakukan. Tidak perlu bingung untuk mencari produsen air bersih yang terpercaya, karena ada Aetra solusinya. Aetra merupakan produsen air bersih yang terpercaya dan tentunya menjadi solusi ditengah buruknya kualitas air yang ada di Jakarta.

PT. Aetra Jakarta

Air yang bersih merupakan penunjang kualitas kehidupan manusia. Dan Aetra menyediakan hal tersebut. Oleh karena itu, Aetra ini merupakan salah satu solusi yang paling tepat bagi kita yang tinggal di ibukota Jakarta. Nah, dibawah ini adalah video yang akan menjelaskan tentang betapa pentingnya air bagi kehidupan manusia.

6. Hemat Listrik

Salah satu cara yang ramah lingkungan adalah membiasakan diri untuk hemat terhadap penggunaan listrik. Karena di Indonesia sendiri, pemakaian listrik cenderung boros dan tentunya sangat tidak baik terhadap lingkungan

7. Hindari Pemakaian Plastik yang Tidak Ramah Lingkungan

Umumnya, plastik yang beredar di pasaran itu tidak ramah lingkungan. Banyak sekali akibat buruk yang ditimbulkan oleh plastik ini. Terutama ialah karena plastik ini sulit untuk diurai oleh tanah.

8. Jangan Memakai Motor, Lebih Baik Bersepeda

Motor merupakan salah satu penyumbang polusi terbesar yang ada di Jakarta. Hampir semua orang di Jakarta menggunakan motor untuk bepergian, baik itu untuk pergi kerja, ke sekolah dan lain - lain. Padahal, dampak polusi yang dihasilkan oleh motor dapat mengakibatkan rusaknya lingkungan.

Tanaman dan juga tanah merupakan korban dari polusi kendaraan bermotor yang ada di ibukota Jakarta.  Saking banyaknya motor, membuat polusi di udara semakin banyak dan membuat udara menjadi tidak sehat. Selain itu, dapat juga menghasilkan pemanasan global atau yang biasa disebut dengan global warming.

Akibat dari global warming ini adalah membuat tanah menjadi kering dan juga tentunya membuat tanaman mati akibat kekeringan. Oleh karena itu, bersepeda merupakan alternatif lain yang lebih baik. Selain tidak membuat polusi, bersepeda juga membuat badan kita menjadi lebih sehat.

Pentingnya Niat dan Juga Usaha

Nah, itu tadi beberapa hal yang dapat kita lakukan untuk menyelamatkan air tanah yang ada di Jakarta dan juga di lingkungan sekitar kita. Hal ini bisa terlaksana asalkan kita memiliki niat dan juga usaha untuk dapat membuat lingkungan tempat kita tinggal menjadi lebih baik.

Peran Pemprov DKI Jakarta

Peran dari pemerintah provinsi DKI Jakarta sudah sangat baik dengan membuat sumur resapan di berbagai titik - titik yang memang membutuhkan air cukup banyak. Dan juga yang terbaru ialah pembuatan taman - taman sebagai sumur resapan yang akan dibangun disepanjang jalur MRT. Kita tunggu saja, semoga peran pemerintah dapat terlaksana dengan baik dan tentunya bermanfaat bagi kita semua.

Peran Saya Sendiri

Saya sendiri sudah melakukan beberapa cara yaitu dengan menanam tanaman di depan rumah, membiasakan diri hidup hemat listrik dan juga hemat air, mengurangi pemakaian plastik, menulis artikel ini dan ada beberapa cara lagi yang nantinya akan saya lakukan untuk membantu menyelamatkan air tanah dan juga lingkungan tempat saya tinggal.

Bagaimana dengan anda? 


Referensi               : Facebook Aetra Jakarta Official (https://www.facebook.com/AetraJKT)
Gambar                 : Facebook Aetra Jakarta Official, Pixabay.com
Video                     : Selamatkan Air Tanah - Gunakan Aetra (https://www.youtube.com/watch?v=qp6qAek-BCw)

Related Posts

Ayo Kita Selamatkan Air Tanah Jakarta!
4/ 5
Oleh

Daftar via Email Gratis!

Suka dengan post yang bermanfaat seperti ini? Ayo tulis email anda sekarang dan dapatkan post terbaru lainnya via email.

Show comments
Hide comments

14 komentar

Tulis komentar
avatar
August 30, 2015 at 2:51 PM

Wah keren nih gan artikelnya, lengkap dan sangat bermanfaat. Pantas saja air di Jakarta hampir semuanya tidak bersih, berarti mulai sekarang kita harus hemat air dan bijak dalam menggunakannya, sekali lagi thanks gan artikelnya

Reply
avatar
August 30, 2015 at 6:29 PM

Sama - sama gan, semoga bermanfaat artikelnya... :)

Reply
avatar
August 31, 2015 at 7:43 PM

Emang benernih artikelnya soalnya kota jakarta airnya udah ga layak dipake, mana kuning lagi airnya
moga2 aja orang2 pada sadar dan peduli dengan lingkungan sekitarnya
inspiratif nih artikelnya

Reply
avatar
September 1, 2015 at 1:38 PM

Betul gan, air di Jakarta emang udah tercemar... setuju gan, semoga makin banyak yang orang yang cinta lingkungan... thanks gan...

Reply
avatar
September 7, 2015 at 1:06 PM

wow....parah juga ya keadaan jakarta....makin banyak juga penduduknya sudah jelas kebutuhan akan air bersih perlu diperhatikan...

moga kedepan makin baik deh.....

Reply
avatar
September 7, 2015 at 2:06 PM

jangankan di Jakarta, ditempatku sekarang udh krisis air :( memang kita juga brperan penting untuk membantu menjaga air di Jakarta. Oh bukan hanya di Jakarta, tp disemua bagian Indonesia :))

artikelnya lengkaaaaap. semoga menang lomba blognya ya^^

Reply
avatar
September 7, 2015 at 4:22 PM

iya bro... emang dah parah dan perlu diperhatikan...
Amin... :)

Reply
avatar
September 7, 2015 at 4:23 PM

Wah... iya ya, kayaknya emang dimana - mana udah krisis air... semoga saja dapat segera teratasi
Amin... hehe... makasih :)

Reply
avatar
September 7, 2015 at 10:31 PM

kayaknya yang perlu begini bukan hanya jakarta tapi di kota lain juga.
ah, itu beneran ya. hotel suka ngambil air tanah. kirain ngandelin air pipa dari perusahaan kayak pam atau apa gitu

Reply
avatar
September 7, 2015 at 10:47 PM

Ini video nya cocok bgt ama materi kuliah ku dulu,
hehe matkul Hidrologi ama Rekayasa Air Tanah :D

Kalau bener begitu maka gawat bgt, tiap tahun jakarta mengalami penurunan permukaan tanah 10,8 cm / tahun.
Bisa tenggelam nih jakarta -_-

Semoga kita sbagai masyarakat pd sadar ttng bahaya ini, ayo selamatkan air tanah....
Btw, PT. Aerta buka lowongan kerja ga ya. Soalnya cocok bgt ama judul skripsi ku... hehe *ngecek

Reply
avatar
September 8, 2015 at 5:51 AM

Betul bro, di kota2 lain kayaknya juga udah kek Jakarta...
Beneran... lho... rata2 hotel besar ngambil air tanah, tp ga semua hotel juga keknya...

Reply
avatar
September 8, 2015 at 5:52 AM

Hehe...
Iya emang diprediksi Jakarta bakal tenggelam lho...
Amin, semoga masyarakat cepat sadar...
Silahkan dicek masbro, hehe...

Reply
avatar
September 9, 2015 at 6:00 AM

Kalau Jakarta dipredksi bakal tenggelam sih aku nggak kaget. Aku meresahkan orang-orang yang tidak tau bertapa pentingnya menjaga lingkungan. Mereka berbuat seenaknya dan pas dampaknya terjadi mereka malah nyalahin orang lain. Nyalahin pemerintah misal. Padahal pemerintah udah berusaha, contohnyai program pembuatan sumur resapan. Itu nggak akan berhasil tanpa peran masyarakat di dalamnya.

Reply
avatar
September 9, 2015 at 4:49 PM

Setuju mas ponco... memang kesadaran masyarakat-lah yg perlu ditingkatkan...
tp memang... saat ini masyarakat banyak yg belum sadar, semoga mereka...
segera cepat sadar dan melestarikan serta menjaga lingkungan disekitarnya...

Reply

Ayo berikan pendapat dan komentarmu tentang postingan ini!
Karena pendapat dan komentarmu sangatlah berarti :D