Thursday, October 22, 2015

Arsenal vs Bayern, Mengajarkan Kita Nilai - Nilai Penting Kehidupan yang Perlu Kamu Tahu!



Akhirnya setelah sekian lama, saya kembali lagi menulis artikel (yeay!). Mungkin kalian sudah lama tidak melihat tanda - tanda kehidupan di blog ini, yang diakibatkan oleh si penulis sendiri yang terlalu sibuk di kehidupan nyata.

Kita kembali lagi ke tema kita kali ini, yaitu tentang sepakbola. Saya sendiri memang sangat suka dengan sepakbola. Berawal ketika waktu itu saya masih kecil (lupa umur berapa), saya menonton semifinal antara Italia vs Jerman. Sejak saat itu saya memiliki satu pemain yang saya suka, yaitu Buffon.

Aksi ciamiknya diatas lapangan yang berhasil mementahkan sepakan bola - bola keras dari Jerman, sukses membuat saya terkesima. Tetapi, anehnya negara yang saya sukai waktu itu ialah Jerman. Maklum, Jerman dihuni beberapa pemain bintang waktu itu. Satu nama yang saya ingat ialah topskor piala dunia yakni Miroslav Klose.


Nah, saatnya kita membahas tentang pertandingan seru yang berlangsung kemarin yaitu antara Arsenal vs Bayern. Yang menarik di pertandingan ini ialah, Arsenal sama sekali tidak diunggulkan. Maklum, Bayern merupakan salah satu klub terkuat di dunia saat ini yang sukses meraih juara liga champions tahun 2013.

Dan ketika semua orang memprediksi Arsenal akan dicukur habis, nyatanya semua prediksi itu salah. Arsenal menang 2 - 0. Apa yang terjadi? Bagaimana bisa Arsenal menang 2 - 0, padahal banyak pengamat sepakbola yang memprediksi Arsenal akan kalah?

Ternyata ada beberapa alasan kenapa Arsenal bisa menang melawan tim sekuat Bayern Munchen. Beberapa alasan ini juga berkaitan langsung dengan pelajaran dan tentunya nilai - nilai kehidupan yang pastinya bermanfaat untuk kita dalam menjalani hidup ini. Berikut ini beberapa alasan kenapa Arsenal bisa menang melawan Bayern.

1. Kerjasama (Teamwork)


Kerjasama merupakan kunci sukses Arsenal mengalahkan Bayern. Inilah mengapa pertahanan Arsenal begitu solid dan sulit ditembus. Padahal, ball possesion atau penguasaan bola mencapai 73% untuk Bayern yang berbanding terbalik dengan Arsenal yang hanya 27%.

Salah satu nilai - nilai kehidupan yang penting ini ialah kerjasama. Kita memerlukan kerjasama dalam berbagai hal. Karena manusia itu merupakan makhluk sosial yang tidak mungkin bisa hidup sendirian. Jadi, sekarang mulailah membangun kerjasama dengan semua orang, baik itu keluarga, teman, sahabat, rekan kerja atau yang lainnya.

2. Fokus 

Arsenal dan Bayern, memiliki dua kiper kelas dunia yaitu Petr Cech (Arsenal) dan juga Manuel Neuer (Bayern). Tetapi kenapa mereka berdua bisa disebut sebagai kiper kelas dunia? Karena mereka bisa fokus pada keahlian mereka.

Fokus... ya! Fokus merupakan hal terpenting yang harus kita miliki dalam hidup ini. Jika kita sudah menentukan tujuan kita dalam hidup ini, ada baiknya kita fokus pada tujuan itu. Karena fokus pada satu titik akan mengantarkan kita pada kesuksesan di masa depan.

3. Pentingnya Sebuah Support (Dukungan)


Kita bisa melihat bagaimana antusiasnya para pendukung Arsenal atau yang biasa disebut dengan The Gooners. Mereka rela mendukung tim kesayangan mereka walaupun harus membayar tiket yang bisa dibilang cukup mahal. Bahkan fans Bayern sampai protes kepada Arsenal karena menyediakan tiket yang begitu mahal.

Nilai kehidupan yang perlu kita ambil ialah pentingnya sebuah support (dukungan). Tanpa hal ini, kita tidak akan memiliki semangat dalam menjalani hidup ini. Dukungan ini bisa berasal dari siapa saja entah itu dukungan dari teman, sahabat, atau yang lainnya. Akan tetapi menurut saya, yang terpenting itu ialah dukungan dari keluarga tercinta.

4. Jangan Pernah Putus Asa


Kita bisa melihat bagaimana para pemain Arsenal berjuang selama 90 menit hingga titik darah penghabisan. Tak pernah kehilangan semangat dan juga yang paling penting mereka tidak pernah putus asa, sekalipun melawan tim besar.

Inilah pelajaran hidup yang perlu kita ambil dari sebuah pertandingan sepakbola yang penuh dengan ketegangan dan juga keseruan tersendiri. Kita bisa belajar pentingnya arti kehidupan sambil menonton pertandingan seru seperti ini.

Sebenarnya masih banyak nilai - nilai kehidupan di sepakbola yang bisa kita ambil. Oleh karena itu, ada baiknya kita menerapkan nilai - nilai kehidupan yang penting ini dan mengaplikasikannya dalam kehidupan kita sehari - hari.

Sekian dulu artikel saya kali ini, terima kasih dan semoga bermanfaat :)

Related Posts

Arsenal vs Bayern, Mengajarkan Kita Nilai - Nilai Penting Kehidupan yang Perlu Kamu Tahu!
4/ 5
Oleh

Daftar via Email Gratis!

Suka dengan post yang bermanfaat seperti ini? Ayo tulis email anda sekarang dan dapatkan post terbaru lainnya via email.

Show comments
Hide comments

13 komentar

Tulis komentar
avatar
October 22, 2015 at 10:13 AM

Ya bener. Banyak nilai yang bisa diambil dari sepak bola. Tapi banyak juga hal yang gak patut untuk ditiru.

Reply
avatar
October 22, 2015 at 1:50 PM

Betul banget bro, kerja sama antar suatu klub atau organisasi harus solid, itu adalah awal dari kemenagan..

Reply
avatar
October 22, 2015 at 1:58 PM

Final piala dunia jerman vs italia kayaknya yang tahun 2006 deh. Gak tau kalo sebelum itu mereka pernah bertemu sebelumnya.

Aku kurang suka bola nih, akhirnya tau mereka lewat berita doang. Aku aja baru tau kalo ada pertandingan kayak gitu. Tapi itu sih menariknya bola, tim yg gak diunggulkan gak ada beban untuk menang jadi mereka mainnya santai akhirnya bisa menang deh. Jadi selain yg disebutkan diatas juga jangan meremehkan lawan

Reply
avatar
October 22, 2015 at 3:00 PM

Jujur aja gue gak paham bola bro tapi gue jualan jersey bola... hahaha... gue tau klubnya tapi gak tau pemainnya dan gak pernah nonton bolanya, pernah sih tapi jarang.

Keren banget, bisa sampe tau kenapa bisa menang? ternyata kuncinya teamwork, kerja sama emang penting banget yak... Setuju banget sama poin-poinnya...

Reply
avatar
October 22, 2015 at 5:45 PM

Wah, dari pertandingan bola pun banyak yang bisa diambil pelajarannya. Kalo gue ngeliat Arsenal, dia itu tim yang yang gak diduga bisa ngalahin Munich. Sama kayak Liverpool vs AC Milan di final UCL 2005. Udah dianggap kalah, tapi Liverpool bisa bangkit. Itu nyeseeek banget karena gue Milanisti :')

Keren, bro. Salam olahraga!

Reply
avatar
October 22, 2015 at 9:50 PM

Banyak amat pelajaran hidupnya. gw curiga, lo liat kucing lagi ngeong aja dapet pelajaran hidup yg berharga.
wakaka. salam kenal ya bro :v

Reply
avatar
October 22, 2015 at 9:51 PM

gue juga masih inget semifinal piala dunia 2006 kan, berkat golnya Del Pierro di perpanjangan waktu yang membuat Jerman harus kalah

Saran sih fotonya tuh foto-foto match Arsenal vs Bayern nya aja, biar pas gitu

Reply
avatar
October 22, 2015 at 9:58 PM

Leh uga nih. Arsenal yang tidak dijagokan sama sekali malah bisa menang. Itu akibat faktor-faktor di atas. Kita juga bisa niru semangat Arsenal. Keren, dari pertandingan Arsenal bisa dipetik sebuah pelajaran.

Reply
avatar
October 23, 2015 at 12:09 AM

sebenernya saya rada males bacanya karena emang saya nggak suka bola

tapi pengertian dan pembelajaran nya bagus
iya, yg utama sih fokus kayaknya sama apa yang dituju dan apa yang dilakukan. Setelah itu kerjasama dengan orang lain agar bisa mendapat dukungan soal tujuan itu lalu terakhir. jangan menyerah dan putus asa pas banget tuh

Reply
avatar
October 23, 2015 at 10:46 AM

Waah.... gue juga terkejut tuh waktu denger berita kalo Arsenal menang....
Tapi memang bener, Arsenal kan terkenal dengan kerjasama tim yang bagus...
makanya dulu terkenal dengan passing cepat ala mereka...

Reply
avatar
October 24, 2015 at 12:08 AM

Arsenal cuma memanfaatkan serangan balik, mereka punya pemain depan dengan lari yang cepat. Ada Walcott juga Sanchez. Ditambah lagi mereka 2 kali menelan kekalahan, tentunya pertemuan dengan Bayern membuat mereka harus bisa memetik poin penuh untuk bisa kembali bersaing.

Gue gak nonton sih, tapi pas dengar kabar Arsenal menang, di kampus pada ngomongin itu. Ya, olahraga memang mengajarkan kita nilai kehidupan. Coba bayangkan kalo seorang atlet itu tidak fokus, mungkin dia akan berhenti menjadi atlet.

Reply
avatar
October 24, 2015 at 8:59 AM

Sejatinya, yang pandai dalam janji kebersamaan. ia akan lebih maju dari siapapun. Heru Arya Quote.

Nah, kemenangan itu, gak semata-mata dateng secara mengejutkan. Semua yang lo ceritain di atas ngebuat kita semakin tau kalo usaha selalu menjawab hasil. Orang yang lebih tangguh, optimis, dan pandai kerjasam. Harusnya mereka menjadi terdepan.

Fiolosofi kek gini yang gue suka. Sederhana, tapi dapet ...

Reply
avatar
October 24, 2015 at 8:57 PM

Ini teh erni malah jualan -..-'

Gue rasa nilai yg bisa kita ambil juga dari pertandingan bayern vs arsenal adalah membuktikan bahwa bola itu bundar.. Lah?

Gue rasa karena Arsenal maennya di kandang ajah. Makanya bisa menang

Reply

Ayo berikan pendapat dan komentarmu tentang postingan ini!
Karena pendapat dan komentarmu sangatlah berarti :D