Monday, October 12, 2015

Bolos Kuliah Demi Seminar?


(pak menteri sedang memberikan materinya...)

Hari senin identik dengan kuliah yang biasanya jadwalnya itu padat bet. Tapi, ada seminar dengan pemateri - pemateri luar biasa yang sungguh sangat sayang untuk dilewatkan. Nah, untuk itulah saya bolos dua mata kuliah hanya untuk mengikuti seminar ini (jangan ditiru ya!).

Ditulis di brosurnya, itu seminarnya mulai jam 8 dan bisa registrasi ulang di FIA UB (Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya) di gdg A lt. 4 pada jam set. 8. Oleh sebab itu, saya bela - belain datang jam set. 8 untuk registrasi dan menghadiri acara ini.

Pas di depan ruangan, kita disuruh mengisi nama dan juga tanda tangan. Ada kejadian menarik disini. Ada dosen dari universitas lain yang mengkritik kinerja para panitia acara, sebenarnya saya mau bantuin panitianya... cuma apa mau dikata, kita harus hormat pada yang lebih tua :)

Lalu, saya pun duduk di bangku barisan ketiga dari depan. Supaya nanti bisa melihat pak mahfud md dan juga pak yuddy.

Nah, berikut ini gambar/poster acara seminar ini.

Keren ga?

Jadi, pematerinya itu ada tiga... yaitu :

1. Prof. Dr. H. Yuddy Chrisnandi, ME (Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Ke-15)

2. Prof. Dr. Moh. Mahfud MD., SH., SU (Ketua Mahkamah Konstitusi Periode 2008 - 2011 dan Hakim Konstitusi 2008 - 2013)

3. Dr. Luqman Hakim, M.Sc. (Ketua Minat Pemerintahan FIA UB)

ketiga pemateri luar biasa ini merupakan pakar dibidang tata pemerintahan, karena sesuai dengan tema seminar kali ini yaitu " Tata Kepemerintahan untuk Kemandirian Bangsa ".

Seperti biasa, orang Indonesia itu kalau memulai acara pasti... kalian udah tau sendiri-lah jawabannya. Apalagi kalau seminar nasional. Ditulis disitunya mulai jam 8, eh... mulainya jam 10. Itu udah biasa...

Seminar ini pun dimulai jam set. sebelas. Pertama - tama, ialah pembacaan ayat suci al - qur'an yang dilanjutkan dengan tari tradisional. Akhirnya yang ditunggu - tunggu pun tiba, yaitu pemateri membawakan materinya.

Pemateri pertama yaitu pak Mahfud MD, beliau memaparkan 3 masalah utama tata pemerintahan saat ini, yaitu kedaulatan negara, intervensi politik (kawin paksa antara birokrasi dengan politik) dan yang terakhir ijazah palsu.

Ketika membawakan materi ini, saya sampai - sampai dibuat tidak berkedip (gila....). Ini baru namanya pemateri berwawasan tinggi dengan segudang pengalaman. Ga menyesal saya, walaupun harus nunggu sampe dua set. jam dan juga bolos kuliah.

Pemateri selanjutnya yaitu pak Luqman, ini sangat - sangat detail sekali presentasinya. Membuat semua orang yang ada di ruangan terkesima. Maklum, pak Luqman merupakan salah satu ahlinya presentasi... karena beliau sudah sering presentasi di luar negeri.

Dan yang terakhir, pak Yuddy sebagai menteri PAN dan RB (Penyadagunaan Apatur Negara dan Reformasi Birokrasi). Beliau memang datang agak terlambat, tadi... katanya ia ada acara untuk menghadiri ulang tahun provinsi jawa timur.

Ketika pak Yuddy membawakan materi, itu santai tapi sangat berbobot sekali isinya. Apalagi ketika ia menjawab pertanyaan di sesi tanya jawab. Beliau menjawab pertanyaan dari ketua pelaksana acara dengan sangat lengkap sekali. Keren!!! ga nyangka ternyata pak Yuddy ini juga sangat pekerja keras.

Ia tiap hari pergi dari satu tempat, ke tempat lain. Meninjau langsung kebawah, untuk memastikan semua pejabat bekerja dengan benar. Menurut saya, contoh pemimpin seperti ini... rela bekerja keras untuk rakyat!

Sebenarnya pas seminar tadi, saya ingin bertanya... khususnya kepada pak Mahfud MD. Tetapi, dari sekian banyak peserta, hanya diberikan kepada 3 orang saja. Otomatis saya ga kebagian :'(

Nah, pertanyaan saya itu kurang lebih seperti ini " Pak, tadi bapak menjelaskan tentang kedaulatan negara dan juga pelecehan negara lain terhadap negara kita. Terutama bapak bercerita tadi tentang nelayan malaysia yang mengambil ikan di wilayah indonesia, lalu ditangkap oleh polisi indonesia, tetapi malah polisi indonesia yang ditangkap balik oleh malaysia. Lantas, apakah yang harus kita lakukan agar bangsa kita ini bisa mandiri di dalam kedaulatan dan juga tata pemerintahan, supaya nantinya... bangsa kita ini tidak lagi dilecehkan oleh bangsa lain dan juga... bangsa kita ini dapat disegani oleh berbagai macam negara... terutama di daerah perbatasan, bagaimana menurut bapak? "

Itulah kira - kira pertanyaan saya.

Pokoknya acara ini bagus sekali menurut saya. Karena pematerinya sangat luar biasa, yang kurang dari acara ini ialah konsumsinya, hehe... soalnya konsumsinya cuma roti. Sebenernya ada nasi kotak, tapi nasi kotaknya bau gitu (alias basi) jadinya ga saya makan.

Intinya, jika ada seminar nasional yang bagus seperti ini... otomatis yang namanya mahasiswa wajib ikut, karena ilmu itu lebih berharga daripada uang.

Sekian dulu artikel saya kali ini, terima kasih dan semoga bermanfaat :)


Sumber gambar : @humanistik_fia (Humanistik FIA UB : Himpunan Mahasiswa Jurusan Administrasi Publik Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya).

Related Posts

Bolos Kuliah Demi Seminar?
4/ 5
Oleh

Daftar via Email Gratis!

Suka dengan post yang bermanfaat seperti ini? Ayo tulis email anda sekarang dan dapatkan post terbaru lainnya via email.

Show comments
Hide comments

28 komentar

Tulis komentar
avatar
October 12, 2015 at 4:22 PM

Wah.... keren ya....
pengen ikut...
tapi terlalu jauh letaknya....
kalo masalah negara2 gitu pikiran saya juga nggak nyampe....
hehehe

Reply
avatar
October 12, 2015 at 5:37 PM

kirain yg ngadain anak jurusan ilmu pemerintahan :D

keren ya bisa datengin mahfud MD... jd berbobot bgt seminarnya ya..

emg brp bayarnya? *pertanyyan ini muncul setelah membaca quote terakhir kamu

Reply
avatar
October 12, 2015 at 5:51 PM

wah coba jabarkan tuh wacananya sedikit aja gitu. siapa tahu ada juga yang penasaran dan penasaran sama acaranya.

itu dosen emang gimana komentarnya. kalau acaranya sampe mengundang orang ternama gini ya wajar aja kalau ada esalahan karena mereka juga pasti kerepotan buat nyusun semua acara itu.

kalau saya pasti nggak kuat untuk denger pembicaraan berat seperti itu
orang yang kuliahan mungkin pas banget nih sama topik beginian

Reply
avatar
October 12, 2015 at 6:16 PM

Hehe... jadi pengen ikut kan?
iya, ini keren bet lho materinya...
temanya berat juga, soalnya membahas ttg politik...

Reply
avatar
October 12, 2015 at 6:20 PM

Ini yg ngadain humanistik... kayak himpunan gitu...
iya dong keren, hehe... pokoknya emang benar2 berbobot...
wah2... bayar apanya dulu nih? tiket masuknya atau bayar buat datengin pak mahfud?
kalo tiket masuk cuma 35 rb, kalo bayar buat datengin pak mahfudnya mungkin.... (hehe... mungkin bisa dibayangkan sendiri)
kalo untuk datengin pak menteri katanya sih gratis, gitu...

Reply
avatar
October 12, 2015 at 6:23 PM

kalo wacananya sih ga aku catet, soalnya saking kerennya... bingung juga aku mau catet apa...
kalo dosen sm mahasiswa udah pasti/biasanya kalo pejabat yg dtg, itu dikasih pertanyaan yg kritis/tajam...
temanya ga seberat itu kok, walaupun sebenernya emang berat sih, hehe.... yg penting kan para pemateri ini bisa membagikan pengalaman dan wawasannya, nah... itu yg penting :)

Reply
avatar
October 12, 2015 at 8:21 PM

Kalo soal kedaulatan negara sih saya suka tuh tapi kalo seminar seputar politik paling males saya haha.

Kalo ikut seminar yg pembicaranya berpengalaman emang paling maknyoss deh nggak bosen dengerinnya haha

Reply
avatar
October 12, 2015 at 8:58 PM

seminar kalo pembicaranya terkenal emang sulit buat ditolak. maksudnya sulit buat nggak dateng kesitu gitu haha.

ini serius himpunan yang ngadain acara? biasanya dengan pembicara sekelas mahfud md gini anak bem loh yang ngundang :O. keren sumpah, jadi pengen minta cp ketua acaranya

Reply
avatar
October 12, 2015 at 10:03 PM

Jadi ingat masa kuliah suka bolos krn seminar tp alhamdulillah pas nanya keteman alhamdulillah dosen ngk masuk....alhamdulillah.

Anyway kereen yaa orang orang hebat dinegeri yg jadi pembicaranya.. namun sayang penulis artikel hanya sedikit memaparkan isi materinya...hehehe the point of view gitu biar kita kita yg ngk ikut seminar bisa tau buah pikir dr ketiga materi tsbt dalam masalah tata kepemerintahan demi kemandirian bangsa

Sukses yaa kawan hhe

Reply
avatar
October 12, 2015 at 10:07 PM

Jadi ingat masa kuliah suka bolos krn seminar tp alhamdulillah pas nanya keteman alhamdulillah dosen ngk masuk....alhamdulillah.

Anyway kereen yaa orang orang hebat dinegeri yg jadi pembicaranya.. namun sayang penulis artikel hanya sedikit memaparkan isi materinya...hehehe the point of view gitu biar kita kita yg ngk ikut seminar bisa tau buah pikir dr ketiga materi tsbt dalam masalah tata kepemerintahan demi kemandirian bangsa

Sukses yaa kawan hhe

Reply
avatar
October 13, 2015 at 7:31 AM

Himpunan Mahasiswa Jurusan Administrasi Publik :) Bukan jurnalistik :)

Reply
avatar
October 13, 2015 at 7:51 AM

Hem... Ini kenapa malah ngasi contoh yg gak baik, ya. Bolos kuliah. Jujur, gue emang bukan pinter2 urusan kuliah. Tapi, sekali pernah melakukan itu, maka kedepannya pasti pgn ngelakuin lagi.

Ya, semoga seminarnya bisa mengubah kecepatan lulus mu ya, mas bro.

Pemateri pak Mahfud MD emang perlu diperhitungkan, tapi gak harus bolos juga. Registrasi sebnarkan bisa pas dateng. Itu waktu dimulainya...

Semoga ilmunya dpat diterapkan. Amin...

Reply
avatar
October 13, 2015 at 8:23 AM

seminar ini membuat kita akan tau banyak hal :) dan wajib untuk diikuti juga :)

Reply
avatar
October 13, 2015 at 8:47 AM

Gila ... HIMA nya keren banget bisa ngundang pemateri sekelas Mahfud MD sama Menpan...
kalo itu di kampus gue, gue juga bakalan bolos deh kayaknya hehe

emang yang namanya seminar level nasional begitu acaranya pasti molor.. untung aja pematerinya masih bisa dateng hehe

mumpung masih jadi mahasiswa, banyak2in ikut seminar biar nggak grogi... banyak hal penting yang bisa didapet juga sih~

Reply
avatar
October 13, 2015 at 10:56 AM

INI DEMI APA HIMA BISA BIKIN ACARA SEKEREN ITUUUUUUU. SALUT!!

Reply
avatar
October 13, 2015 at 11:17 AM

Ternyata nggak sia sia juga ya bolos kuliah, toh dapat ilmu di tempat yang berbeda. Apalagi yang isi materi orang-orang besar. Wah, kereeen...

Btw itu pertanyaan yang lu ajuin, apa jawaban pak mahfud MD? gimana?

Reply
avatar
October 13, 2015 at 1:02 PM

Wah keren juga sih acaranya, gak salah kalo belain bolos kuliah. Pematerinya orang-orang terkanal di bidangnya.

Tapi kalo seminar gitu ngebosenin gak sih, barangkali saking bosennya sampai ngantuk gitu. Haha

Reply
avatar
October 13, 2015 at 1:14 PM

kalo pematerinya yang kayak orang diatas sih, gue juga rela bolos kuliah.

BEM nya pasti kerja keras itu, makanya bisa ngundang orang2 diatas. tjakep

Reply
avatar
October 13, 2015 at 3:37 PM

Himpunan Mahasiswa Jurusan Administrasi Publik :) Bukan jurnalistik :)

Reply
avatar
October 14, 2015 at 9:34 PM

Wow pematerinya keren2 ikh. Ada pak Mahfud MD pula... Kereeeen.
Gak nyesel bolos kuliah klo ilmu yg didapatkan banyak gt, apalagi pematerinya menyampaiman dg sangat berbobot.

Sayang ya ga dpt ksempatan bertanya. Gpp yg penting udh bsa gabung di seminar tsb. Keren

Reply
avatar
October 14, 2015 at 9:37 PM

Hehe, mau tanya kedaulatan negara ke beliau mah sama saja membunuh panitia ama pembicara yg telat. Lah, kita yg harus belajar disiplin trhadap aturan dulu. Ini aja mulai nya telat 2 jam :D

Ketidakdisiplinan trhadap waktu bs menjadi alasan kuat untuj warga asing melecehkan kita looh... Bayangkan klo di seminar itu ada peserta dr duta besar negara asing ato ya minimal warga asing biasa. Yaa malu kita :)

Smoga kita smua sama2 bisa makin disiplin. Aamin
Btw, acara nya bikin iri. Pengen bgt denger materi dr beliau-beliau :(

Reply
avatar
October 14, 2015 at 9:38 PM

Hehe, mau tanya kedaulatan negara ke beliau mah sama saja membunuh panitia ama pembicara yg telat. Lah, kita yg harus belajar disiplin trhadap aturan dulu. Ini aja mulai nya telat 2 jam :D

Ketidakdisiplinan trhadap waktu bs menjadi alasan kuat untuj warga asing melecehkan kita looh... Bayangkan klo di seminar itu ada peserta dr duta besar negara asing ato ya minimal warga asing biasa. Yaa malu kita :)

Smoga kita smua sama2 bisa makin disiplin. Aamin
Btw, acara nya bikin iri. Pengen bgt denger materi dr beliau-beliau :(

Reply
avatar
October 15, 2015 at 11:44 AM

keren nih bolos kuliah buat ikutan seminar .. kalau saya di dorong dorong buat ikut seminar paling ogah .. ngantuk banget lebih baik pulang :D

Reply
avatar
October 17, 2015 at 3:03 PM

kalau dilihat dari acaranya sih gue malah setuju kalau lo bolos kuliah semi seminar ini

kalau gue biasanya demen banget nyatetin tanggal tanggal seminar di kota gue tapi ya endingnya gak ketonton juga karna waktunya tubrukan

Reply
avatar
October 20, 2015 at 11:57 AM

aduh sayang banget acara yang bagus dinodai sama konsumsi yang basi haha
next time lo harus protes sama panitianya, soalnya bayar, masa konusmsinya gitu doang.

keren nih pematerinya, kalau bisa nanti Ridwan Kamil bro asik dia

Reply
avatar
October 21, 2015 at 1:04 PM

Duh berat banget ya seminarnya hehehe..tapi harusnya tadi kmu angkat tangan aja teruuuuuussss...kalo perlu berdiri biar bisa kebagian gitu..khan sayang pertanyaannya...heheh

Reply
avatar
October 22, 2015 at 4:18 PM

WAH, keren banget seminarnya bareng Mahfudz MD. Tapi sayang banget nasi kotaknya basi ya. Huvt. Padahal yang ditunggu-tunggu itu konsumsinya.

Reply
avatar
November 1, 2015 at 12:50 PM

aku mah juga bakal bolos kuliah kalo pembicaranya kayak begitu hhehehe

Reply

Ayo berikan pendapat dan komentarmu tentang postingan ini!
Karena pendapat dan komentarmu sangatlah berarti :D