Sudah Berkembang Sejauh Mana Informatika di Indonesia Saat Ini?


Jika kita berbicara tentang "Sudah Berkembang Sejauh Mana Informatika di Indonesia Saat ini? " Maka jawabannya ialah sudah berkembang pesat dan bahkan bisa dibilang Indonesia merupakan salah satu negara potensial dengan tingkat pertumbuhan informatika tertinggi di dunia.

Sebelum membahas lebih lanjut tentang pertumbuhan informatika di Indonesia, ada baiknya kita membahas terlebih dahulu mengenai apa yang dimaksud dengan informatika?

Apa Itu Informatika?

Informatika merupakan ilmu yang mempelajari berbagai hal tentang informasi dan juga teknologi. Tidak hanya itu, informatika ini juga mencakup berbagai macam bidang ilmu seperti ilmu komputer, ilmu informasi, teknik komputer dan juga sistem informasi.

Sebenarnya informatika ini tidak hanya tentang sistem informasi berbasis komputer, tetapi masih banyak lagi informasi yang tidak berkaitan langsung dengan komputer. Contohnya ialah informatika juga membahas mengenai aspek kognitif dan juga sosial, termasuk pengaruh akibat dari derasnya arus teknologi informasi saat ini.


Perkembangan Informatika di Indonesia

Zaman sekarang, kita dapat mengakses informasi dengan mudah di internet. Kemudahan inilah yang nyatanya sangat disukai oleh sebagian besar masyarakat Indonesia. Tak heran, pengguna internet di Indonesia kian bertambah dari tahun ke tahun.

Pada tahun 1998, pengguna internet di Indonesia hanya 500 ribu orang. Akan tetapi, pada saat memasuki tahun 2012, pengguna internet di Indonesia melonjak drastis. Diperkirakan berkisar di angka 63 juta orang. Angka ini bahkan oleh para pakar informatika di Indonesia, diprediksi akan naik menjadi 139 juta pada tahun 2015.

Jika kita melihat angka - angka diatas, kita pasti akan terkejut. Lantas kita berpikir, sebenarnya apa saja faktor yang menyebabkan pengguna internet di Indonesia kian bertambah banyak dari tahun ke tahun? Berikut ini beberapa alasan atau penyebab utamanya kenapa pengguna internet di Indonesia kian meroket dari tahun ke tahun.


1. Mudahnya Mengakses Informasi Menggunakan Internet

Jika ada yang bilang internet merupakan segalanya, mungkin ada benarnya. Pasalnya, di internet ini kita dapat menemukan berbagai hal yang berkaitan dengan informasi. Contohnya seperti mengakses berita terkini di internet, melihat jadwal penerbangan atau kereta api, mengetahui apa saja bisnis yang sedang nge-trend saat ini dan tentunya masih banyak lagi. Selain itu, kita juga dapat menambah berbagai ilmu pengetahuan dengan membaca artikel di internet atau menonton video via Youtube yang sedang populer saat ini.

2. Umumnya Masyarakat Indonesia Berkomunikasi Via Media Sosial

Kita bisa melihat sendiri bagaimana antusiasnya masyarakat Indonesia menyambut berbagai macam media sosial yang ada saat ini. Facebook, Twitter, Blackberry Messenger (BBM), Whatsapp, Line dan berbagai macam media sosial lainnya.

Terlebih lagi bagi generasi muda di Indonesia. Generasi muda saat ini memang tidak bisa lepas dari yang namanya media sosial. Hampir semua aktivitas berkaitan langsung dengan media sosial. Entah itu untuk berkomunikasi dengan teman atau hanya sekedar sharing tentang aktivitas yang dilakukannya saat ini.

3. Bisnis yang Memanfaatkan Kecanggihan Teknologi

Kita bisa melihat sendiri saat ini. Banyak sekali bermunculan ojek via smartphone. Saya rasa ini merupakan ide yang cukup cerdas, karena dapat memanfaatkan teknologi canggih yang ada saat ini. Kita hanya perlu menyediakan smartphone/tablet dan juga koneksi internet. Kemudian kita tinggal menginstall aplikasi ojek tersebut. Dan akhirnya, kita dapat memesan pelayanannya menggunakan aplikasi yang telah terhubung tadi.

Sangat mudah sekali bukan?

Selain contoh diatas, bisnis yang sedang populer saat ini ialah toko online atau yang biasa disebut dengan online shop. Banyak sekali jenis toko online yang bermunculan saat ini. Umumnya yang mendominasi ialah toko online yang iklannya sering kita lihat di televisi. Keuntungan yang sangat besar merupakan salah satu alasan mengapa banyak bermunculan toko online saat ini, mengingat trend belanja online sedang booming dan melanda masyarakat Indonesia.

Beberapa Hal Penting yang Dapat Dimanfaatkan Oleh Bangsa Indonesia Dalam Hal Teknologi dan Informasi

Sayang sekali rasanya jika kita hanya menggunakan teknologi informasi untuk hal - hal yang bersifat sebagai hiburan. Padahal, jika dimanfaatkan dengan maksimal, teknologi dan informasi ini mampu membantu dunia pendidikan dan juga mendorong perekonomian bangsa. Berikut ini beberapa hal penting yang sebaiknya dimanfaatkan, mengingat Indonesia merupakan negara potensial dalam hal teknologi dan informasi.

  • Pendidikan berbasis teknologi dan informasi
  • Memperbanyak web/blog berbasis pendidikan
  • Memajukan ukm dan juga pengusaha kecil 
  • Mendorong industri kreatif di tanah air
  • Membantu industri tanah air bersaing di tingkat global
  • Pembangunan infrastruktur di daerah terpencil
  • Membentuk SDM (sumber daya manusia) yang professional 
  • Dan masih banyak lagi

Nah, itu tadi penjelasan singkat tentang perkembangan informatika yang ada di Indonesia. Intinya ialah kalian sudah tahu kan sejauh mana perkembangan informatika di Indonesia saat ini? Sekaranglah saat yang tepat bagi kita, untuk menguasai informasi. Karena dengan menguasai informasi, kita dapat mengubah dunia.

Sekian dulu artikel saya kali ini, terima kasih dan semoga bermanfaat :)

Tema : # Informatika dan Perkembangannya Saat Ini
Referensi :
All images from pixabay.com
https://id.wikipedia.org/wiki/Informatika
https://id.wikipedia.org/wiki/Perkembangan_Teknologi_Komunikasi_di_Masyarakat_Indonesia

14 komentar

  1. Orang-orang Indo yang sudah melek gadget dan internet memang semakin banyak. Namun sayang sekali kecepatan internet di indonesia masih ketinggalan jauh dibanding negara-negara tetangga.
    Semoga IT Indonesia bisa terus ditingkatkan.

    Anyway, salam kenal ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, sekarang banyak sekali org Indonesia yg memang melek internet...
      wah, kalau lelet sih memang benar... tetapi kalau tidak salah, Indonesia
      sedang memperbaiki jaringannya supaya bisa lebih cepat lagi internetnya...
      Semoga saja, salam kenal juga... :)

      Delete
  2. hemmmm. Contoh penerapan teknologi untuk pendidikan diindonesia ya itu ada nya Kuliah online dan ulangan berbasis online tapi sayangnya pengguna internet di indonesia masih banyak yang kurang cerdas dalam memilah suatu informasi contohnya like = amin, komen amin supaya masuk surga dan sebagainya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah, iya... tp rata2 kalau kuliah online itu universitas,
      yg memang punya duit (swasta kebanyakan)... jadi,
      belum optimal menurut saya, beda dengan luar negeri...
      benar sekali, org Indonesia terkadang kurang cerdas dalam
      memilah mana informasi yg benar dan mana yg salah...

      Delete
  3. hal penyebab utama ya mudahnya akses internet apalagi setiap orang sudah bisa mengakses internet dimanapun dan kapanpun hanya dengan smartphone

    soal pendidikan berbasis teknologi informasi bagus tuh, dari itu aja bidang lain juga bisa mengikuti. baik sdm dan juga usaha gitu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Setuju, bahkan sekarang anak masih kecil aja... udah bisa akses internet...
      iya, coba saja bidang pendidikan dimajukan dgn penerapan teknologi yg
      optimal, niscaya Indonesia bisa menjadi negara yg maju...

      Delete
  4. Hmm.. gue rasa dari segi individu masing-masing orang, kalo dilihat dari sejarah dan data emang begitu sih, selalu ada peningkatan.

    tapi sebagian besar yang gue lihat mereka yang udah dalam taraf ngerti banget soal perkembangan teknologi, dalam konteks developer, yang gue lihat kayaknya orientasinya kebanyakan udah ke bisnis lah, startup lah, intinya ngejer uang semua..
    yah emang ilmu kebanyakan disimpen sendiri..
    open source dikit banget malah yang gue temuin.. (selaen linux yah)
    haha atau gue salah tempat nongkrong kali yah,

    cmiiw

    ReplyDelete
    Replies
    1. Belum tentu bro... terkadang ada juga terjadi penurunan ataupun stagnan...
      tergantung beberapa faktor... haha... iya, emang rata2 org Indonesia itu
      yg udah paham bet, biasanya bikin e-commerce lah, start up dan juga
      masih banyak lagi... selama bisa membantu perekonomian bangsa, saya
      rasa cukup bagus juga... wah, kalau ilmu disimpen sendiri kayaknya...
      emang banyak, secara... mungkin dia takut ilmunya diambil orang
      atau memang dia pelit berbagi ilmu... biasanya memang banyak org yg seperti itu...

      Delete
  5. informasi, teknologi, bisnis = social media.
    bukan rahasia lagi kalau perkembangan it di indonesia terbilang cepat.....
    banyak juga peminat jurusan kuliah di bagian informatika..

    ReplyDelete
  6. Seneng lihat perkembangan informatika di Indonesia semakin maju. Masalahnya perkembangan informatika ini tidak diikuti dengan perkembangan manusianya. Jadi kadang masih ada orang yang tidak memanfaatkan fasilitas ini dengan benar, ataupu maksimal.

    Jadinya mereka nggak dapet kelebihannya, malah dapet hal negatifnya. Semoga SDM di Indonesia makin meningkat.

    ReplyDelete
  7. Sebenarnya saya sangat setuju dengan perkembangan IT yang sudah merambah Indonesia.
    Tapi sangat disayangkan banyak sekali orang yang terkena imbas perkembangan ini malah diperbudak oleh smartphone dan gadget mereka. Semoga kita tidak diperbudak kecanggihan...! Aamiin

    ReplyDelete
  8. Benar sekali gan, saya setuju dengan pemikiran agan
    memang teknologi dan informasi itu dapat mengubah dunia
    apalagi indonesia memang rajanya dalam menggunakan internet
    bisa dilihat di twitter, trending topic selalu dikuasai oleh org indonesia

    ReplyDelete
  9. menurut saya pribadi...di indonesia belum sekali merata contohnya dikampung saya,malah dibeberapa kecamatan orang"pada buta teknologi hanya be erapa orang diantaranya yang mengenal teknologi..karena apa?? karena tidak meratanya pemerintah menyediakan layanan..karena secanggih apapun teknologi kalau tidak ada jaringan ya percuma..memang menyedihkan

    ReplyDelete
  10. menurut saya pribadi...di indonesia belum sekali merata contohnya dikampung saya,malah dibeberapa kecamatan orang"pada buta teknologi hanya be erapa orang diantaranya yang mengenal teknologi..karena apa?? karena tidak meratanya pemerintah menyediakan layanan..karena secanggih apapun teknologi kalau tidak ada jaringan ya percuma..memang menyedihkan

    ReplyDelete

Ayo berikan pendapat dan komentarmu tentang postingan ini!
Karena pendapat dan komentarmu sangatlah berarti :D