Sunday, November 15, 2015

4 Cara Pemuda Indonesia Mengekspresikan Sumpah Pemuda di Era Digital Saat Ini!

Pemuda zaman sekarang

Pemuda Indonesia saat ini lebih bebas dalam mengekspresikan sesuatu, termasuk dalam mengekspresikan sumpah pemuda. Kita tahu, bahwa sumpah pemuda merupakan sebuah tonggak sejarah bangsa. Oleh sebab itu, sumpah pemuda merupakan sejarah yang harus selalu kita kenang dan juga kita peringati. 

Sumpah pemuda juga membuat bangsa kita menjadi bangsa yang yang kuat dan disegani oleh bangsa lain. Zaman sekarang, merupakan zaman dimana kecanggihan teknologi sudah berkembang sangat pesat. Hampir semua orang pasti sudah memiliki televisi, handphone, kamera dan masih banyak lagi.

Kreativitas Tanpa Batas

Karena kecanggihan teknologi inilah yang memunculkan kreativitas para anak bangsa saat ini. Sekarang, anak muda di Indonesia bisa lebih bebas dan lebih kreatif dalam memperingati sumpah pemuda tanpa mengurangi sedikitpun rasa cintanya terhadap perjuangan para pemuda di masa lalu yang telah berjuang demi kemerdekaan bangsa kita, bangsa Indonesia tercinta.

Berikut ini merupakan berbagai cara yang dilakukan pemuda Indonesia untuk memperingati sumpah pemuda dengan kreativitas tanpa batas, yang tentunya bisa memicu rasa nasionalisme bagi kita yang melihatnya.

1. Sosial Media Ramai Dengan Hashtag!

Sosial media dan hashtag

Satu hal yang bisa membuat rasa nasionalisme siapapun membumbung tinggi, termasuk saya sendiri, yaitu munculnya hashtag di media sosial bertema nasionalis. Siapa sangka salah satu pengguna media sosial terbesar di dunia adalah masyarakat Indonesia. Umumnya pengguna media sosial di Indonesia didominasi oleh pemuda bangsa ini. Jadi, jangan heran bila melihat berbagai hashtag itu dikuasai oleh negara Indonesia.

Hashtag yang bisa memicu rasa nasionalisme contohnya ialah berbagai macam hashtag dengan tema nasionalis. Seperti #SumpahPemuda, #UntukSumpahPemuda, #PemudaBicara, #AkuIndonesia dan masih banyak lagi hashtag lain yang tentunya dapat membangkitkan rasa nasionalisme bagi siapapun yang melihatnya.

2. Membuat Meme

Meme Nasionalis

Meme ini bisa dibilang sebagai gambar yang diisi dengan tulisan atau kalimat - kalimat yang membuat meme terlihat lucu dan membuat kita ingin tertawa. Kelebihan pemuda Indonesia dalam membuat meme, sudah tidak terbantahkan lagi.

Contoh meme buatan pemuda Indonesia sudah tak terhitung jumlahnya. Bahkan, terkadang saya sendiri pun ikut dalam membuat meme ini. Walaupun bisa dibilang, saya ini masih pemula dalam membuat meme. Tetapi, tidak ada salahnya kan bila mencoba?

Banyak sekali meme yang dibuat oleh pemuda Indonesia bertemakan nasionalisme sumpah pemuda, membuat saya terkagum - kagum. Karena selain bisa membuat orang tertawa, juga bisa memberikan kesan positif serta sarat akan kritikan yang bersifat membangun.

3. Membuat Artikel

membuat artikel

Membuat artikel tentang hari sumpah pemuda, merupakan kewajiban bagi para blogger di Indonesia. Blogger ini ialah seseorang yang aktif mengelola website/blog. Umumnya, para blogger Indonesia itu kebanyakan pemuda dengan usia yang produktif.

Artikel di blog pada dasarnya bertujuan untuk memberikan informasi kepada para pembaca. Tugas seorang blogger ialah menyampaikan informasi berupa tulisan, gambar ataupun video melalui blognya dengan cara penyampaian yang menyenangkan dan tidak terkesan kaku.

Itulah mengapa menjadi blogger ini banyak digandrungi oleh anak - anak muda bangsa ini. Akan lebih baik, jika kreativitas serta gagasan yang dimiliki dituangkan atau disalurkan dengan menjadi blogger. Tidak ada salahnya bukan?

Dengan begitu, nantinya akan tercipta generasi muda yang memiliki pengetahuan dan juga informasi yang luas. Sejalan dengan cita - cita dan juga tujuan bangsa ini yang tertuang di dalam sumpah pemuda.

4. Menjadi Pemuda Indonesia yang Menginspirasi!

nadiem makarim
(images from www.beritasatu.com)

Salah satu pemuda Indonesia yang menurut saya sangat menginspirasi ialah pendiri sekaligus CEO Gojek yaitu Nadiem Makarim. Pemuda Indonesia yang satu ini benar - benar sangat menginspirasi menurut saya. Bagaimana tidak?

Bermula dari idenya yang peka terhadap lingkungan sekitar, mampu diwujudkannya menjadi sebuah perusahaan dengan keuntungan yang sangat besar serta mampu membuka lapangan pekerjaan bagi semua kalangan.

Masalah + Ide = Solusi!

Ide memang bisa muncul kapanpun dan dimanapun, karena ide itu merupakan solusi dari sebuah masalah, sama seperti yang dilakukan oleh Nadiem. Berawal dari perbincangannya dengan tukang ojek langganannya, ia mencari solusi bagaimana memecahkan masalah efisiensi waktu dan juga tenaga yang sering dihadapi oleh para tukang ojek.

Karena selama ini, tukang ojek sangat tidak efisien dalam hal waktu dan tenaga. Contohnya, banyak tukang ojek yang menganggur karena tidak ada orderan, otomatis ini sangat tidak efisien dalam hal waktu. Belum lagi kalau tukang ojek tersebut harus menunggu di siang hari dengan panas matahari yang cukup menyengat.

Oleh sebab itulah, Nadiem memiliki ide untuk membantu memecahkan masalah para tukang ojek tersebut. Dengan membuat suatu ide, bagaimana caranya mempertemukan pelanggan dengan ojek tanpa harus bertemu langsung ataupun bertatap muka.

Kemudian terbentuklah Gojek, jasa transportasi via online berbasis aplikasi yang tentunya sangat membantu para tukang ojek dalam menaikkan penghasilan mereka.

Gojek, Kebutuhan Masyarakat di Era Modern Saat Ini

Gojek, merupakan sebuah aplikasi berbasis jasa transportasi yang bisa digunakan hampir disemua kalangan.

Jasa antar jemput, jasa antar barang, jasa antar barang belanjaan, jasa antar dokumen dan masih banyak lagi merupakan ciri khas jasa transportasi yang satu ini. Memanfaatkan era digital dengan kecanggihan teknologi ialah suatu hal yang sangat cerdas dan patut diapresiasi menurut saya.

Semoga kedepannya lebih banyak lagi pemuda - pemuda Indonesia yang bisa menginspirasi lewat karya - karyanya yang kreatif dan juga inovatif.

Itulah tadi 4 cara bagaimana pemuda Indonesia mengekspresikan sumpah pemuda lewat kecanggihan teknologi yang ada di era digital saat ini. Oleh sebab itu, kita sebagai generasi penerus bangsa harus lebih bijak dan juga cerdas dalam memanfaatkan teknologi di zaman sekarang.

Sekian dulu artikel saya kali ini, terima kasih dan semoga bermanfaat :)

jangan membuang - buang waktu
(Don't waste your time!)

(All images from pixabay.com)



Related Posts

4 Cara Pemuda Indonesia Mengekspresikan Sumpah Pemuda di Era Digital Saat Ini!
4/ 5
Oleh

Daftar via Email Gratis!

Suka dengan post yang bermanfaat seperti ini? Ayo tulis email anda sekarang dan dapatkan post terbaru lainnya via email.

Show comments
Hide comments

3 komentar

Tulis komentar
avatar
November 26, 2015 at 6:35 AM

Wah, banyak sekali ya cara pemuda indonesia saat ini, dalam memperingati sumpah pemuda, kalau saya sendiri sih lebih suka membuat meme, karena lebih menyenangkan dan lebih mudah, nice artikel :)

Reply
avatar
December 24, 2015 at 1:15 PM

Postingannya menarik sekali gan

Reply
avatar
December 28, 2015 at 12:26 AM

Bagus - bagus ya caranya, semoga kedepannya pemuda - pemuda Indonesia bisa lebih kreatif lagi

Reply

Ayo berikan pendapat dan komentarmu tentang postingan ini!
Karena pendapat dan komentarmu sangatlah berarti :D