Jurusan Ilmu Kelautan, Ternyata Bermain Software Juga

menyelam

Jurusan ilmu kelautan, keliatannya kurang begitu familiar. Karena masih kalah tenar bila dibandingkan dengan jurusan kedokteran, hukum, akuntansi, administrasi bisnis dan sebagainya.

Saya memilih jurusan ini karena dipilihkan oleh orang tua, bukan milih sendiri seperti kebanyakan mahasiswa pada umumnya. Oleh sebab itulah, saya merasa cukup tertantang untuk memasuki jurusan ilmu kelautan ini.

Sekarang, saya sudah menempuh semester tiga, itu artinya sudah satu tahun lebih sedikit saya kuliah di kampus ini. Kampus ini memiliki konsep green campus, tapi saya rasa motto kampus ini tidak sejalan seperti yang diharapkan.

Karena ya itu... para mahasiswanya sendiri yang tidak mau menaati peraturan. Kalau sedari muda saja sudah tidak bisa menaati peraturan, apalagi jika sudah dewasa?

Kita kembali lagi ke ilmu kelautan. Di awal perkuliahan, saya dicekoki oleh pelajaran Biologi tentang ikan - ikan dan teman - temannya. Jujur, saya kurang menyukai biologi. Entah mengapa, saya sendiri tidak tau alasannya.

Selain itu, di semester ini juga ada "Renang". Sial, saya sebenarnya paling benci berenang. Tadinya saya sempat berpikir untuk pindah jurusan. Tapi apa mau dikata, nasi sudah menjadi bubur. Sudahlah, mungkin ini takdir yang mengharuskan saya untuk mengambil jurusan ini.

Tuhan punya caranya sendiri untuk memilihkan, mana yang terbaik untuk kita. Jadi, kita wajib untuk menjalaninya!

Itu tadi di semester pertama. Lanjut ke semester dua. Di semester ini lebih beragam. Mulai dari biologi dan juga statistik. Di statistik ini kita memakai software yang digunakan untuk menghitung data tentang laut yang jumlahnya cukup banyak.

Di semester dua ini juga ada "Selam". Walaupun saya sudah bisa berenang (karena latihan keras, sampe kulit gosong kayak dipanggang di oven), tapi saya merasa selam menyelam ini bukan passion saya (asek...).

Oleh sebab itulah, saya tidak ikut menyelam... untungnya pimpinan asisten di mata kuliah ini sangat baik dan mau memberi saya nilai C+ sehingga saya bisa lulus mata kuliah ini (Alhamdulillah).

Saat yang ditunggu - tunggu yaitu semester ini (semester tiga). Di semester ini lebih kompleks membahas tentang oseanografi. Oseanografi ini mencakup ilmu fisika, biologi, kimia, geologi dan masih banyak lagi (kebayang kan... betapa sulitnya).

Oleh karena itulah di semester ini, saya banyak bermain dengan software - software yang cukup keren. Apalagi ada mata kuliah pemetaan dan sumberdaya hayati laut yang memang menggunakan software untuk membuat peta melalui gps. Contoh softwarenya seperti ArcGIS dan juga Google Earth.

Di semester ini juga ada Mikrobiologi Dasar yang membahas tentang bakteri, mikroba, virus dan teman - temannya. Praktikumnya sendiri di laboratorium yang menurut saya, fasilitasnya kurang memadai. Padahal ini ptn negeri, tapi fasilitasnya kurang lengkap. Sedangkan laboratorium yang kualitasnya bagus, tidak boleh dipakai (karena harus bayar).

Doakan ya, semoga saya bisa lulus di mata kuliah yang cukup menantang ini... dan juga, bagi teman - teman yang ingin memasuki jurusan ini... diharapkan untuk menyiapkan bekal ilmu pengetahuan biologi yang cukup dan skill berenang.

Sekian dulu artikel saya kali ini, semoga bermanfaat :)

pelabuhan

0 komentar

Ayo berikan pendapat dan komentarmu tentang postingan ini!
Karena pendapat dan komentarmu sangatlah berarti :D