Wednesday, November 25, 2015

Tips Mencari Sebuah Ide Kreatif!

tips mencari sebuah ide kreatif

Apa itu Ide Kreatif?

Ide kreatif merupakan sebuah ide baru yang belum pernah ada sebelumnya. Kita biasa menyebutnya dengan istilah inovasi.

Inovasi sendiri, merupakan sebuah ide yang dikembangkan dari masalah - masalah yang ada di sekitar kita.

Jadi, bisa kita simpulkan begini...

Rumus Inovasi : Masalah + Ide + Solusi = Inovasi

Apa Manfaat Bagi Kita, Jika Kita Menemukan Sebuah Inovasi?

Saya rasa sangat besar sekali manfaat yang akan kita dapatkan, jika kita bisa menemukan sebuah inovasi. Tetapi, dalam konteks saat ini, inovasi lebih condong ke arah teknologi modern, karena kita tahu saat ini memang era-nya teknologi.

Padahal, sebuah inovasi tidaklah harus selalu dari teknologi, bisa saja inovasi itu berasal dari hal - hal yang lain.

Lalu, bagaimana cara kita agar bisa menemukan sebuah inovasi? Berikut ini saya akan menjelaskan bagaimana caranya supaya kita lebih mudah dalam menemukan sebuah inovasi.

1. Lihat Masalah yang Ada di Sekeliling Kita!

Masalah merupakan suatu hal yang sangat menganggu kehidupan kita sehari - hari. Contoh masalah ialah macet, banjir, asap kendaraan dan masih banyak lagi.

2. Temukan Ide untuk Mengatasi Masalah

Contohnya ialah masalah yang tadi kita bahas yaitu banjir. Penyebab banjir ialah tentu saja sampah yang menumpuk di got - got, sehingga menyebabkan got tersebut mampet lalu terciptalah banjir, sesederhana itu.

Lantas apa ide kita untuk mengatasi masalah banjir?

Misal, kita memiliki ide agar masyarakat tidak membuang sampah sembarangan di got. Kemudian, tercetuslah ide untuk membuat tong sampah berbentuk unik dan menarik minat masyarakat untuk membuang sampah disitu.

Contoh lainnya, jika masyarakat masih tidak mau membuang sampahnya disitu, berarti ada yang salah dengan masyarakatnya. Nah, ide berikutnya ialah mengadakan sosialisasi penghijauan atau yang lebih kerennya biasa disebut dengan green festival.

Masyarakat diajak untuk melakukan kebiasaan baik seperti membuang sampah pada tempatnya, ikut menanam pohon demi penghijauan dan juga merawat lingkungan disekitarnya agar tetap lestari.

3. Berikan Solusi yang Dihasilkan dari Ide Tadi

Solusi yang dihasilkan dari ide tersebut ialah masyarakat tidak akan lagi membuang sampah sembarangan sehingga akan tercipta lingkungan yang bersih dan sehat.

Tentu saja, jika hal ini terus - menerus atau konsisten dilakukan, bukan tidak mungkin dalam beberapa tahun kedepan, kita bisa terbebas dari banjir yang selama ini mendera di kota - kota besar di Indonesia.

Dan ingat! ide itu bisa datang dari mana saja. Jadi, jika kita menemukan ide, ada baiknya langsung ditulis supaya ide tersebut tidak hilang.

Sekian dulu artikel saya kali ini, terima kasih dan semoga bermanfaat :)

Related Posts

Tips Mencari Sebuah Ide Kreatif!
4/ 5
Oleh

Daftar via Email Gratis!

Suka dengan post yang bermanfaat seperti ini? Ayo tulis email anda sekarang dan dapatkan post terbaru lainnya via email.

Show comments
Hide comments

2 komentar

Tulis komentar
avatar
November 25, 2015 at 4:59 PM

Kreatifitas memang penting. bahkan pebisnis sebetulnya mengandalkan ide bukan kepintaran...

Reply
avatar
November 25, 2015 at 5:26 PM

betul gan... dan juga, biasanya itu pebisnis merekrut orang2 yg kreatif atau yg memiliki ide2 segar... karena kreativitas itu sangat penting sekali, apalagi di era modern seperti sekarang... thanks sudah berkunjung kemari :D

Reply

Ayo berikan pendapat dan komentarmu tentang postingan ini!
Karena pendapat dan komentarmu sangatlah berarti :D