Cara Membackup Blog, Artikel dan Juga Templatenya! #AntisipasiJingling

(Awas lu tukang jingling, ntar gue bales lu...)

Baru - baru ini, saya dikejutkan dengan aksi jingling seseorang... yang membuat blog saya ini tiba - tiba melonjak visitornya menjadi 10 ribu lebih... (bayangkan!). Hanya dalam hitungan menit, blog saya mendapat banjir visitor sebanyak itu.

Lantas apakah saya senang? Tidak, bahkan rasanya saya sangat kesal sekali (*seperti ilustrasi digambar). Kenapa? Karena jingling ini sangat berbahaya bagi blog kita. Penasaran dengan jingling yang saya alami, berikut ini beberapa hal yang terjadi pada blog saya... sebagai berikut.

1. Visitor Melonjak Hingga 10 ribu lebih
2. Sumber Trafik dari Website B*K*P (Ya kalian tahu sendirilah singkatannya, hehe)
3. Dan Sebagainya...

Jingling ini sebenarnya sangat berbahaya bagi blog kita, dampat/akibat paling fatal ialah :

Membuat Blog Kita dianggap Spam Oleh Google, yang Memungkinkan Blog Kita Dihapus Selamanya!

Nah lho, bahaya sekali kan?

Lalu apakah ada cara untuk menghentikannya...?

Berikut ini adalah cara yang saya dapatkan dari sahabat blogger bernama Prasetya Adhi Wibowo di forum blogger Indonesia. Kira - kira begini cara simplenya :

1. Buka Dashboard Blogger, masuk seperti biasa...
2. Masuk ke menu setelan,
3. Setelah itu pilih Preferensi penelusuran, (sudah...?)
4. Selanjutnya klik robot.txt khusus...
5. Pilih ya, lalu masukkan kode dibawah ini...
6. Setelah itu simpan,
7. Dan selesai... kita tinggal menunggunya karena proses ini butuh waktu sekitar beberapa hari...

User-agent: Mediapartners-GoogleDisallow: 
User-agent: GooglebotAllow: /
Disallow: /searchUser-agent: *Disallow: /
Sitemap: http//alamatblogkamu.com/feeds/posts/default?orderby=UPDATED

*ganti dengan alamat blog kamu

Selain cara diatas, pastinya kita masih was - was apabila seandainya blog kita sewaktu - waktu dihapus oleh google.

Tenang saja, disini saya akan menjelaskan tutorial bagaimana cara membackup blog, artikel dan juga template secara lengkap dan terperinci yang sumbernya dari berbagai macam website di google... langsung saja ini dia tutorialnya.

(Menggunakan gambar agar lebih mudah...)

Cara Membackup Blog dan Artikel 

1. Masuk ke dashboard blogger,
2. Setelah masuk kedalam, pilih menu Setelan...
3. Selanjutnya pilih Lainnya,
4. Akan muncul sesuai dengan yang ada di gambar, 
5. Lalu pilih Ekspor Blog
6. Selanjutnya pilih Unduh Blog, dan selesai... 
7. kita telah membackup Blog dan artikel,

Cara Membackup Template

1. Lalu saatnya kita membackup template... 
2. Pertama - tama pilih Menu Template (Diatas menu Setelan)
3. Kemudian pilih Cadangkan/Pulihkan yang ada dibagian pojok kanan atas (silahkan mencarinya sendiri)
4. Apakah sudah ketemu? Kalau sudah, klik dan selanjutnya ialah pilih Unduh Template Lengkap...
5. Selesai... akhirnya kita telah selesai membackup template, blog dan juga artikel kita dengan begitu kita bisa lebih sedikit tenang tentunya... *khususnya buat yang baru pertama kali kena jigling seperti saya, hehe

Nah, mulai dari sekarang kita harus berhati - hati dalam menaruh link blog kita disembarang tempat... karena si tukang jingling ini tidak akan pernah puas untuk mengejar korbannya...

Sekian dulu artikel saya kali ini, terima kasih dan semoga bermanfaat :D

0 komentar

Ayo berikan pendapat dan komentarmu tentang postingan ini!
Karena pendapat dan komentarmu sangatlah berarti :D