Thursday, January 21, 2016

Kenapa Harga Rumah Terus Naik Setiap Tahun? Begini Alasannya!


Anda tentu merasa heran dengan kenaikan harga rumah yang terkadang tidak masuk akal. Pertanyaan itu tentu juga menjadi pertanyaan banyak orang. Bagaimana tidak, kenaikan harga properti setiap tahun berada di antara 15 - 35 %. Ternyata ada beberapa hal yang mempengaruhi kenaikan harga properti, antara lain:


1. Supply and Demand

Ketersediaan tanah yang sangat terbatas, berbanding terbalik dengan permintaan akan hunian yang terus meningkat setiap tahunnya. Jadi tidaklah mengherankan bila harga rumah semakin tinggi, dimana supply yang semakin menipis, sementara demand yang terus meningkat. Salah satu solusi yang bisa diterapkan yaitu menyediakan rumah tinggal seperti rumah susun maupun apartemen. Namun, hal ini juga menimbulkan masalah baru, karena kurangnya ketersediaan rumah tapak.


2. Inflasi 

Beberapa pakar ekonomi sering sekali menyatakan bahwa inflasi merupakan faktor yang membuat harga rumah terus mengalami kenaikan. Hal ini memang tidak terbantahkan karena telah menjadi suatu dilema bagi para pengembang bila tetap mempertahankan satu harga.

Adanya nilai inflasi yang tinggi dimana nilai mata uang melemah, daya beli menurun, dan harga-harga barang yang naik memaksa pengembang menaikkan harga karena pertimbangan bahan material, harga tukang, serta biaya hidup yang semakin mahal.

Solusi dari permasalahan ini adalah Anda harus cermat dalam memilih properti dengan mencari beberapa properti bedasarkan beberapa hal tertentu.


3. Tingkat Pertumbuhan Penduduk

Poin nomor tiga ini berkaitan dengan demand atau permintaan. Tingkat pertumbuhan di Indonesia ini cukup besar, bahkan ada yang memprediksi di tahun 2030 populasinya bisa mencapai 300 juta jiwa. Bonus demografi ini bisa saja akan menjadi bumerang bagi sektor properti, dikarenakan harga properti khususnya harga rumah akan meningkat.

Tiga hal diatas adalah faktor utama yang paling mempengaruhi harga rumah. Namun, ketiga hal itu hanya faktor-faktor umum karena ada juga faktor-faktor khusus yang dapat mempengaruhi harga properti, entah fasilitas perumahan, branding, bahan bangunan terbaik, dan lain sebagainya.

Terima kasih dan semoga bermanfaat :D

Related Posts

Kenapa Harga Rumah Terus Naik Setiap Tahun? Begini Alasannya!
4/ 5
Oleh

Daftar via Email Gratis!

Suka dengan post yang bermanfaat seperti ini? Ayo tulis email anda sekarang dan dapatkan post terbaru lainnya via email.

Show comments
Hide comments

Ayo berikan pendapat dan komentarmu tentang postingan ini!
Karena pendapat dan komentarmu sangatlah berarti :D