Monday, May 9, 2016

Tips Merawat Mobil dan Manfaatnya Supaya Mobil Awet


Memiliki mobil pribadi wajib tahu tips merawat mobil apa saja yang sebaiknya dilakukan secara teratur. Kendaraan pribadi seperti mobil menjadi salah satu kendaraan yang paling banyak diminati masyarakat sebab terlihat aman dan nyaman. Memilih berkendara dengan mobil membuat pelakunya tidak perlu cemas akan sengatan matahari dan guyuran air hujan. Selain nyaman, nilai tambah lainnya adalah memberikan rasa bangga tersendiri sebab dilihat dari segi harga. 

Boleh diakui tidak banyak yang berhasil memiliki mobil, sampai saat ini hanya kalangan tertentu saja yang bisa memilikinya. Meski begitu membeli mobil sendiri semakin mudah dan ringan dengan adanya sistem kredit. Terlepas dari mudah atau tidaknya memiliki sebuah mobil, yang perlu digaris bawahi saat sudah memilikinya. Adalah paham betul bagaimana merawat mobil tersebut, sehingga bisa tetap aman digunakan bepergian meski untuk jarak dekat. 


Mengapa Harus Merawat Mobil?

Merawat satu unit mobil memang memerlukan pengorbanan, baik dalam bentuk biaya, waktu, dan juga tenaga. Perihal biaya terkadang sektor ini membuat pemilik mobil menunda-nunda kebutuhan kendaraannya untuk dirawat. Padahal perawatan yang tepat dan rutin memberikan manfaat berikut:

1. Mengatur pengeluaran perawatan mobil, sebab jika sering ditunda kerusakan mobil akan lebih parah dan butuh dana lebih besar. 

2. Menjaga kualitas mesin, sehingga bisa melaju dengan kecepatan normal sekaligus menghasilkan suara yang normal (tidak bising). 

3. Mobil selalu terlihat menarik, baik dari segi fisik maupun performanya. 

Melalaikan kebutuhan perawatan mobil akan membuatnya mudah rusak, sehingga semakin bertambah umur. Membuat mobil tersebut sering keluar masuk bengkel dan membuat pengorbanan biaya yang dikeluarkan menjadi berkali lipat. Padahal tips merawat mobil sendiri tidaklah serumit dan semahal yang dibayangkan, dan tentu sudah diketahui sejak awal. Bahwa beban biaya kepemilikan mobil memang terhitung lumayan, misal sekedar service ringan saja perlu menyiapkan dana Rp 500 ribu atau lebih. 


Demi mempertahankan kualitas serta keamanan mobil tersebut sebaiknya sigap dalam memberikan perawatan yang semestinya. Sebab perawatan yang diberikan bisa dengan perawatan rutin sederhana, misalnya adalah:

1. Mengganti oli, 

Mengganti oli memang untuk semua jenis kendaraan sangat penting supaya menjaga kualitas mesin di dalamnya. Mobil biasanya perlu melakukan penggantian oli sekali per tiga atau empat bulan, namun selalu sesuaikan dengan kondisi. Jika dipakai untuk perjalanan jauh dan kilometernya panjang maka lakukan penggantian oli sesering yang dibutuhkan. 

2. Menjaga ketersediaan bahan bakar, 

Sebelum pergi atau berangkat selalu cek apakah bahan bakar masih cukup untuk melakukan perjalanan ke lokasi tujuan. Hal ini penting sebab membiasakan mobil kehabisan bahan bakar tidak baik untuk kesehatan mesin di dalamnya. Mobil menjadi kekurangan asupan energi dan membuat mesinnya tidak berfungsi dengan normal. Selesai beraktivitas dan hendak pulang pun perlu mengecek speedometer apakah kadar bensin di dalam tangkinya masih ada sisa. 

3. Menjaga kebersihan mobil, 

Kebersihan mobil juga menjadi faktor penting dalam menjaga performa mobil tersebut, baik untuk eksterior maupun interior. Ketika service rutin minta kepada mekanik untuk membersihkan semua bagian mesin di dalam. Kemudian rutin mencuci mobil, bisa dilakukan sendiri atau memakai jasa cuci mobil yang kini semakin mudah ditemui. Bagian dalam mobil juga perlu dijaga kebersihannya, seperti di bagian jok, karpet, dan sebagainya. Mobil yang selalu bersih akan menjaga mesin bekerja maksimal dan menjadi tips merawat mobil yang tidak boleh disepelekan. 

Terima kasih dan semoga bermanfaat.

Related Posts

Tips Merawat Mobil dan Manfaatnya Supaya Mobil Awet
4/ 5
Oleh

Daftar via Email Gratis!

Suka dengan post yang bermanfaat seperti ini? Ayo tulis email anda sekarang dan dapatkan post terbaru lainnya via email.

Show comments
Hide comments

Ayo berikan pendapat dan komentarmu tentang postingan ini!
Karena pendapat dan komentarmu sangatlah berarti :D