Thursday, July 4, 2013

Pengalaman Lomba Bahasa Jepang



Pada hari yang indah ini saya akan bercerita tentang pengalaman saya sewaktu mengikuti lomba bahasa jepang. Pada waktu itu sebenarnya tidak pernah terpikirkan oleh saya untuk mengikuti lomba tersebut. Akan tetapi teman baik saya atau bisa dibilang salah satu my best friend (cielah kebanyakan gaya pake bhs inggris padahal remed terus kwkwkw) yang bernama Nauval mengajak saya untuk ikut lomba tsb. Akhirnya saya pun tertantang untuk ikut lomba tsb. Lomba di salah satu universitas ini bernama Harumatsuri 8 tepatnya berada di kampus UHAMKA pasar rebo. Lomba ini bertemakan ''Pengetahuan Tanpa Batas Berawal dari Musim Semi'' atau dalam bahasa jepangnya ''Seigen Shinai Chishiki Wa Haru No Hajimeni Hajimaru''(namanya keren membuat saya semakin tertantang untuk mengikuti lomba ini). Nah lomba ini kan ada berbagai jenisnya saya ikut yang lomba kana (padahal pengen ikut cc tp g cukup org). Setiap hari saya tanpa kenal lelah berlatih terus menulis hiragana dan katakana (belajar cuma 5 menit abis itu maen game lg). Sekitar 2 minggu  dikasih kesempatan untuk terus berlatih dan berlatih karena ada pepatah bersakit - sakitlah dahulu abis itu bersenang - senang kemudian (seharusnya abis sakit minum obat).

Hari yang ditunggu - tunggu pun tiba, sebenernya agak bentrok ama drama. Soalnya abis drama langsung ke tempat lomba. Drama pun selesai, saya langsung ganti baju mana waktu itu ditunggu sensei lg, dia bilang aldo cepetan (dalam hati w berkata susah nih ngelepas jas ama celana itemnya mana susah lg dimasukkin ke dalam tas) tp gpp soalnya untung w masih ditungguin kalo g w udah ditinggal dah. Setelah itu kami pun dengan gembira berjalan kaki untuk menuju lokasi tkp (jangan kira kami semua jalan kaki kesono yg ada gempor nih kaki). Ya pasti semua bs nebak, kami semua naik bus Agra kalo g salah saya. Wah mana duit saya dah pengen abis lg (semuanya modal sendiri mulai dari transport ampe makan bayar sendiri). Maklum sekolah saya tdk punya transport khusus sendiri kayak sekolah - sekolah lainnya, kalo makan sih gpp bayar sendiri ini transport juga bayar sendiri (Adoh kantong nyampe bolong dah ni mana duit dah abis 30.000 lg kapan sih nih sekolah punya transport khusus sendiri). Di bus teman - teman saya kebanyakan pada baca buku kalo saya baca buku jg (pengen tidur g bisa soalnya takut ditinggal kwkwkw, padahal udah gede masih aja takut ditinggal). Setelah sampai di tengah jalan, masuk lagi kedalam naik angkot (w gelantungan di angkot, maklum udah biasa pas di mts).

Akhirnya nyampe juga di kampus UHAMKA (dalam hati w berkata bagus juga nih kampus banyak pepohonannya). Kami pun masuk ke kampus itu, kami berjalan seolah hapal betul jalannya (padahal senseinya alumni kampus ini jd apal, itu kata temen w si Adji). Setelah itu kami semua masuk ke dalam langsung menuju ke tempat pendaftaran ulang. Lalu kami pun masuk ke aulanya dan disana banyak anak sma dari sekolah - sekolah lain. Kami belom bisa duduk karena g dapet bangku, kemudian kami pun bisa duduk karena bangkunya ditambah. Kami pun duduk di bangku dan mendengarkan apa saja yang disampaikan oleh panitia. Pembawa acara pun menanyakan satu persatu, dari sma mana katanya. Saya pun ditanya hal yang sama, mana waktu itu lg ngunyah permen karet lg jadi agak susah ngomongnya (bayangin aja ngomong sambil ngunyah permen karet). Setelah beberapa lama peserta cc (cerdas cermat) disuruh keluar untuk siap - siap mengikuti lomba. Nah lo ruangannya jadi langsung agak sepi (banyak yang keluar dari ruangan untuk siap - siap). Saya dan teman - teman saya juga keluar (abis acaranya nyanyi molo). Lomba cc dah dimulai kalo lomba kana dimulai jam 1. Lomba kana pun akan segera dimulai. Ruangan untuk lomba kana banyak buanget saya aja ampe bingung nyarinya yang mana. Akhirnya ketemu juga di pojogan, saya dan teman - teman mempersiapkan diri lagi dengan membaca lg dan mempersiapkan mental. Saya dan teman - teman pun masuk kedalam ruangan untuk mengikuti lomba. Panitia pun mebagikan soal dan berkata jangan dijawab dulu ya soalnya. Bagi saya peraturan dibuat untuk dipatuhi mungkin bagi yang lainnya peraturan dibuat untuk dilanggar, soalnya udah pada balikkin kertasnya (hadoh gimana nih apa kah masih ada kejujuran di dunia ini). 

Panitia pun memulai lomba ini, saya langsung membalikkan kertasnnya dan adoh mata saya sakit kebanyakan huruf jepangnya, hehe becanda. Saya mendengar hampir semua peserta membalikkan kertasnya padahal lomba baru dimulai (jangan - jangan udah pd dijawab lg , Astagfirullahalazhim kita sebagai manusia tidak boleh berprasangka buruk terhadap orang lain). Saya pun juga dengan cepat membalikkan kertasnya (padahal tadi saya mengira saya g bakalan menang soalnya udah pada membalikkan kertasnya dengan cepat). Dengan penuh konsentrasi saya berhasil menyelesaikan soal tersebut. Loh kok saya selesai pertama saya g nyangka sama sekali (padahal td dah pesimis g bakal menang), saya yang pertama keluar dari ruangan tsb disusul oleh teman - teman saya. Setelah itu kami pun shalat dulu, saya berkata dalam hati menang kalah g usah dipikirin yang penting nambah pengalaman. Lalu saya dan teman - teman saya duduk di bangku panjang disampingnya pohon yang besar sekali. Kami pun menikmati angin yang sejuk karena banyak pohon - pohon saya pun jadi teringat pas di mts. Setelah itu pun kami pulang naek angkutan yang sama.

Pertama naik angkot, kedua naik bis, ketiga naik angkot, keempat naik angkot lagi. Saya pulang bareng temen saya namanya Titut, maklum saya g tau jalan padahal sebenarnya saya dulu pernah apal daerah situ. Pas saya pulang kerumah saya langsung mandi abis itu tidur. Setelah itu pada hari senennya saya dikasih tau saya menang juara tiga (Alhamdulillah, padahal saya ikut cuma mau dapet pengalaman doang minimal dapet sertifikat hehehe). Pas lagi upacara saya sakit lalu saya diantar ke ruang kesiswaan (uksnya di lantai 2 jd kalo ada yg sakit g pernah ke uks pas waktu upacara). Saya denger pengumuman siapa aja siswa yg berprestasi, berhubung saya sakit kembaran saya yg gantiin (kwkwkw). Sekian dulu cerita pengalaman saya bila ada kata yg tidak mengenakkan mohon dimaafkan, Thanks bagi yang sudah menyempatkan waktu untuk membaca ini ya.

Related Posts

Pengalaman Lomba Bahasa Jepang
4/ 5
Oleh

Daftar via Email Gratis!

Suka dengan post yang bermanfaat seperti ini? Ayo tulis email anda sekarang dan dapatkan post terbaru lainnya via email.

Show comments
Hide comments

4 komentar

Tulis komentar
avatar
October 6, 2013 at 7:35 AM

Pengen bisa bahasa jepang :)

http://blog.zerodaslen.com

Reply
avatar
October 19, 2013 at 3:36 PM

Pasti bisa kok, soalnya bahasa Jepang gak terlalu susah, thanks sudah kesini

Reply
avatar
February 1, 2014 at 8:15 PM

wah sukses mas untuk lomba nya :)

Reply

Ayo berikan pendapat dan komentarmu tentang postingan ini!
Karena pendapat dan komentarmu sangatlah berarti :D