Monday, January 27, 2014

Tips Belajar Gitar Untuk Pemula


Di hari yang cerah ini saya mau ngasih tau tips belajar gitar untuk pemula. Walaupun masih belajar, tetapi saya udah bisa genjreng dan metik sedikitlah (hehe). Nah, bagi kalian yang bingung pas pertama kali ketemu gitar ataupun yang udah punya gitar trus bingung cara maininnya, saya kasih tipsnya. Tetapi sebenarnya waktu saya pertama kali beli gitar, saya bingung nih gitar mau diapain (terpaksa beli gitar karena pelajaran seni musik di sekolah ujiannya harus bisa bermain alat musik).

Lalu sewaktu di sekolah saya nanya sana sini situ keteman - teman yang udah pada bisa maen gitar. Lumayan banyak temen saya yang udah pernah saya datengin cuma buat nanya gimana sih caranya maen gitar. Teman - teman saya yaitu arief, ghaida, dhany, cintya, adji, randi dan yang lainnya. Tetep aja ga bisa maen gitar, abis itu saya cari di internet mengenai cara belajar gitar dan video - video tutorial belajar gitar. Dan akhirnya belom bisa juga (hehe).

Waktu itu saya hampir putus asa, saya tidak tau lagi mau saya apakan ini gitar, rasanya pengen saya banting gitar saya ke muka orang. Setelah itu saya berlatih - berlatih dan akhirnya sekarang udah bisa maen gitar, walaupun masih pemula yang penting bisa (hehe). Oleh karena itu kuncinya adalah rajin berlatih, berlatih dan berlatih. Bisa itu karena biasa, tidaklah mungkin suatu orang langsung jago maen gitar tanpa latihan yang rutin, nah berikut ini adalah tips cara bermain gitar.

1. Punya gitar sendiri


Kita kalo mau bisa bermain gitar harus punya gitar terlebih dahulu. Gitar milik sendiri akan sangat memberikan kemajuan yang pesat dalam belajar gitar. Karena gitar milik sendiri lebih terasa menyenangkan dan juga ga perlu minjem gitar lagi buat belajar maen gitar. Jadi, sebaiknya beli gitar kalo ga punya duit, ya nabung dulu!

2. Bisa chord gitar


Ini nih yang penting, karena chord gitar merupakan hal yang penting dalam bermain gitar. kuasai chord yang mudah dulu seperti A, Am (A minor), C, D, Dm (D minor), E, Em (E minor), G dan F. Cara mudah belajar chord gitar adalah fokuskan pada penekanan jari dan pemindahan dari chord satu ke chord yang lain. Memang sih pada awal saya belajar bermain gitar tidak bisa chord karena jari saya agak sedikit kaku dalam hal pemindahan chord dan penekanan yang kurang tepat membuat nada yang keluar jadi sumbang. Oleh sebab itu harus banyak latihan chord gitar dalam hal penekanan dan pemindahan chordnya. Berikut ini beberapa chord dasar silahkan dilihat!

Chord A


Chord Am


Chord C


Chord D


Chord Dm


Chord E


Chord Em


Chord F


Chord G


3. Rajin latihan


Rajin latihan merupakan hal terpenting dalam belajar bermain gitar. Latihan yang rutin membuat kita menjadi cepat bisa dalam bermain gitar. Selanjutnya kalo udah punya gitar dan udah bisa chord, maka tinggal bermain sebuah lagu. Carilah lagu yang mudah chordnya dan di ulang - ulang chordnya. Contoh lagu yang mudah chordnya yaitu peterpan - semua tentang kita, peterpan - jauh mimpiku, peterpan - menghapus jejakmu, last child - pedih, nidji - laskar pelangi dan masih banyak lagi yang lainnya.

4. Kalo udah bisa jangan lupa traktirannya


Setelah latihan, latihan dan latihan pastinya lebih cepat bisa (pepatah mengatakan sedikit sedikit lama lama jadi bukit). Nah kalo udah bisa maen gitar jangan lupa traktir, bisa itu traktir temen - temen, keluarga ataupun saya (ngarep). Dan juga saya ingatkan kalo udah bisa bermain gitar janganlah menjadi orang yang sombong karena orang yang sombong itu tidak akan disukai dan malah akan dijauhi oleh teman. Mungkin itu saja beberapa tips dari saya semoga bermanfaat.

Related Posts

Tips Belajar Gitar Untuk Pemula
4/ 5
Oleh

Daftar via Email Gratis!

Suka dengan post yang bermanfaat seperti ini? Ayo tulis email anda sekarang dan dapatkan post terbaru lainnya via email.

Show comments
Hide comments

3 komentar

Tulis komentar
avatar
January 29, 2014 at 10:22 AM

kalo dari pengalaman ane sih minimal megang gitar itu 1 jam perhari nya , hehe

Reply
avatar
June 18, 2014 at 3:48 AM

Ane dlu sempat punya gitar pas smp , gara2 gtw cara mainnya , pdhl udah bljr tetep ga bisa juga dlm pergantian chord scara benar .. ni uda kuliah , ane uda mahir maen gitarnya , intinya tetep semangat , jgn cpt bosan .. tar kalo uda bsa kunci2 dasar , coba main 1 buah lagu . Buat melatih strummingnya ..

Reply

Ayo berikan pendapat dan komentarmu tentang postingan ini!
Karena pendapat dan komentarmu sangatlah berarti :D