Tuesday, June 3, 2014

Lebih Jauh Mengenal Komputer


Pada kesempatan kali ini saya ingin membagikan artikel berjudul lebih jauh mengenal komputer. Seperti yang kita ketahui bahwa sekarang komputer merupakan barang yang hampir semua orang punya. Komputer memang banyak digunakan, mulai dari hal - hal kecil sampai hal - hal yang besar dan rumit.

Apa itu Komputer ?

Komputer itu adalah mesin yang memproses data melalui sejumlah perintah. Semua perintah diterima komputer akan diubah menjadi sinyal - sinyal listrik yang bergerak dengan kecepatan yang sangat luar biasa.

Isi Komputer

Isi sebuah komputer pada umumnya dibagi menjadi empat bagian penting

1. Arithmetic Logical Unit (ALU)

Arithmetic logical unit (ALU) adalah otak komputer yang berada di CPU (Central Processing Unit).

2. Memory

Memory adalah sekelompok sel yang setiap selnya terdiri dari potongan - potongan informasi berisi data - data dan sejumlah perintah yang harus dilakukan sebuah komputer.

3. Sirkuit Kendali

Bertugas menelusuri setiap informasi yang tersimpan pada memory. Sirkuit kendali juga yang kemudian akan memberitahu ALU semua hal yang harus dilakukan.

4. Perangkat Input dan Output

Perangkat input bertugas memberi perintah dan informasi kepada komputer. Perangkat output bertugas menampilkan semua perintah yang telah dikerjakan komputer.

Keyboard, Mouse dan Printer

Keyboard (papan ketik) adalah perangkat yang dibutuhkan untuk memberi perintah pada komputer. Tutsnya sebagian besar seperti yang digunakan mesin tik. Namun, keyboard dilengkapi sejumlah tuts untuk memberi perintah tertentu pada komputer.

Mouse adalah perangkat yang bertugas sebagai pointer (petunjuk) berbagai bagian yang terlihat di layar monitor.

Printer adalah satu perangkat yang bertugas menampilkan sejumlah perintah pada komputer dalam bentuk tulisan maupun gambar.

Related Posts

Lebih Jauh Mengenal Komputer
4/ 5
Oleh

Daftar via Email Gratis!

Suka dengan post yang bermanfaat seperti ini? Ayo tulis email anda sekarang dan dapatkan post terbaru lainnya via email.

Show comments
Hide comments

Ayo berikan pendapat dan komentarmu tentang postingan ini!
Karena pendapat dan komentarmu sangatlah berarti :D