Monday, June 2, 2014

Patung Sphinx Giza


Sphinx adalah patung yang berasal dari kebudayaan Mesir kuno yang biasanya melambangkan Fir'aun sebagai raja sang dewa matahari. Tidak heran jika ribuan patung Sphinx telah dibangun di masa Mesir kuno. Patung Sphinx paling terkenal adalah Sphinx di Giza - sebuah patung yang dipahat dari karang yang letaknya tak seberapa jauh dari piramid Khafre. Patung itu dianggap sebagai salah satu keajaiban dunia.

Seorang ahli Mesir kuno bernama Vassil Dobrev mengumumkan bukti - bukti yang ditemukannya mengenai Sphinx pada tahun 2004 lalu. Di dalam legenda Mesir kuno Sphinx adalah sesosok makhluk yang memiliki tubuh singa dan berkepala manusia. Sphinx adalah nama yang diambil dari mitologi Yunani, artinya adalah sang pencekik.

Wajah Sphinx dipercaya mengambil wajah fir'aun Khafra yang membangun dinasti keempat kerajaan mesir kuno. Hidung Sphinx yang hilang pun sampai sekarang masih menjadi misteri. Sejumlah teori menyebut hilangnya hidung Sphinx akibat terhantam meriam para serdadu Napoleon.

Related Posts

Patung Sphinx Giza
4/ 5
Oleh

Daftar via Email Gratis!

Suka dengan post yang bermanfaat seperti ini? Ayo tulis email anda sekarang dan dapatkan post terbaru lainnya via email.

Show comments
Hide comments

Ayo berikan pendapat dan komentarmu tentang postingan ini!
Karena pendapat dan komentarmu sangatlah berarti :D