Sunday, June 1, 2014

Sejarah Singkat Pangeran Diponegoro


Pangeran Diponegoro merupakan salah satu pahlawan di nusantara ini. Setelah kehilangan para pengikut utamanya seperti Sentot Alibasyah Prawiradja dan Kyai Maja, Pangeran Diponegoro terdesak hebat. Lebih - lebih strategi benteng stelsel yang digunakan oleh Belanda mematahkan setiap strategi perang yang dilancarkan Pangeran Diponegoro dan pasukannya.

Pangeran Diponegoro memutuskan untuk menerima tawaran berunding dari Belanda, karena ia ingin mengakhiri peperangan. Sayangnya perundingan yang dilakukan tanggal 28 Maret 1830 di Gedung Keresidenan Magelang itu tak berjalan dengan lancar.

Pangeran Diponegoro ditangkap oleh serdadu Belanda yang telah dipersiapkan oleh Jenderal De Kock jika perundingan menemui jalan buntu. Pangeran Diponegoro diasingkan di beberapa tempat sebelum akhirnya dipindahkan ke benteng Rotterdam di Makassar, tempat ia menghembuskan napas terakhirnya pada tanggal 18 Januari 1855.

Related Posts

Sejarah Singkat Pangeran Diponegoro
4/ 5
Oleh

Daftar via Email Gratis!

Suka dengan post yang bermanfaat seperti ini? Ayo tulis email anda sekarang dan dapatkan post terbaru lainnya via email.

Show comments
Hide comments

Ayo berikan pendapat dan komentarmu tentang postingan ini!
Karena pendapat dan komentarmu sangatlah berarti :D