Monday, September 7, 2015

Ini Harapanku Untuk Polisi dalam Mengatasi Kemacetan



Kemacetan? 

Mungkin terdengar seperti kegiatan/aktivitas yang sehari - hari kita lakukan, terlebih lagi bagi masyarakat kota (khususnya Jakarta). Banyak sekali cara yang dilakukan oleh pemerintah untuk memecahkan masalah kemacetan ini, tetapi disatu sisi sebenarnya ada beberapa masalah yang sebenarnya harus diselesaikan terlebih dahulu. Berikut ini beberapa solusi untuk mengatasi masalah kemacetan yang sudah menjadi makanan kita sehari - hari.

  • Membuat masyarakat beralih ke transportasi umum
  • Perbaikan dan juga pelebaran jalan
  • Memberlakukan sistem pembayaran di jalan - jalan besar
  • Kebijakan pemerintah untuk membatasi jumlah kendaraan
  • Mengupayakan sepeda sebagai pengganti motor yang tidak ramah lingkungan
  • Usaha dari masyarakat itu sendiri, untuk beralih ke transportasi umum

Selain itu, peran polisi juga sangat penting menurut saya, dalam mengatasi kemacetan. Nah, untuk itulah disini saya (sebagai masyarakat) memiliki beberapa harapan untuk polisi dalam hal mengatasi kemacetan. Semoga harapan saya ini setidaknya dapat sedikit berguna dan juga dapat membantu. Berikut ini harapan saya.

1. Polisi Mengatur Lalu Lintas di Jam - Jam Kritis

Saya itu sering sekali naik kendaraan umum yang ada di Jakarta dan sudah pasti terkena kemacetaan, apalagi di jam - jam kritis. Tidak adanya polisi lalu lintas yang mengatur, membuat kemacetan menjadi tambah parah. Semoga saja polisi lalu lintas dapat segera mengatur lalu lintas di jam - jam kritis seperti jam 7 pagi dan juga jam 6 sore.


2. Polisi Memberi Sanksi Tegas Bagi Mereka yang Melawan Arah

Saya harap polisi dapat memberikan sanksi tegas, karena kita tahu sendiri bahwa banyak sekali pengendara motor melawan arah yang tentunya memberi dampak besar bagi kemacetan di jalan raya.


3. Polisi Memberikan Pengajaran di Sekolah - Sekolah (Khususnya SMA)

Seperti yang kita ketahui, pengendara motor saat ini umumnya didominasi oleh anak - anak sekolah. Mulai dari anak SD hingga SMA. Padahal anak sekolah ini belum memiliki SIM dan yang lebih parahnya lagi, terkadang beberapa dari mereka membawa motor secara ugal - ugalan.


4. Polisi Mengadakan Event - Event ataupun Lomba untuk Solusi Kemacetan 

Polisi dapat mengadakan event - event yang menarik, seperti event dengan tema " Sehari Bersepeda Bersama Polisi ". Bisa juga dengan mengadakan lomba  yang tentunya menarik minat masyarakat.

5. Pemerintah, Polisi dan juga Masyarakat Bekerja Sama dalam Mengatasi Kemacetan

Jika bersama, segalanya akan menjadi lebih mudah. Indonesia terkenal dengan semangat gotong - royongnya. Oleh karena itu, mari kita bersama mencari solusi terbaik untuk menyelesaikan kemacetan yang sudah sangat parah seperti sekarang ini.


Oh iya sebelumnya saya ingin mengucapkan " Selamat hari HUT Polantas yang ke-60 ". 
Sekian dulu artikel saya kali ini, terima kasih dan semoga bermanfaat :)

Mobil Polisi

Related Posts

Ini Harapanku Untuk Polisi dalam Mengatasi Kemacetan
4/ 5
Oleh

Daftar via Email Gratis!

Suka dengan post yang bermanfaat seperti ini? Ayo tulis email anda sekarang dan dapatkan post terbaru lainnya via email.

Show comments
Hide comments

21 komentar

Tulis komentar
avatar
September 8, 2015 at 11:11 AM

Gue setuju kalo keberadaan kendaraan pribadi di batasi dan di alihkan ke transportasi umum itu sangat membantu mengatasi kemacetan, tapi sarana prasarana juga harus menunjang.

keberadaan polisi ini sangat vital sekali sebagai pengatur lalu lintas, andai tidak ada pasti malah semerawut. boleh juga mengadakan event2 seperti itu untuk membiasakan masyarakat, jika di lakukan terus menerus akan memberikan efek baik. memberikan pendidikan pada anak sekolah juga baik, baik bisa mendisplinkan serta menghapus image seramnya polisi.

tetap menjadi pelopor keselamatan lalulintas, hidup polisi :)

Reply
avatar
September 8, 2015 at 1:37 PM

Mmm, menurut gue nih ya, susah buat menjadikan masyarakat untuk beralih ke transportasi umum. Gue sendiri aja gak mau disuruh naik transportasi umum, sekalipun itu nyaman dan sarana fasilitasnya bagus. Alasannya karena waktu tempuh kurang efisien, biayanya lebih mahal pula.
Kemacetan terjadi karena padatnya kendaraan. Harusnya sih ada kesadaran dari masyarakatnya sendiri. Kalo cuma sendiri atau berdua mending bawa motor aja. Tapi kebanyakan mobil-mobil berjejer di jalan isinya cuma 1 orang doang.
Terus masalah peran polisi lalu lintas itu bener banget. Pengaturan di jam-jam pergi dan pulang kerja itu penting banget. Kebanyakan pengendara asal serobot aja kalo gak ada polisi. Lagi-lagi yang salah itu berakar dari masyarakat ya.. ah yasudah lah gue juga masih belum tahu solusi yang bener-bener tepat buat mengatasi masalah macet ini. Mungkin kalo semua cara di postingan ini diterapin secara terus menerus dengan kontrol yang bagus bisa mengurangi kemacetan.

Reply
avatar
September 8, 2015 at 1:59 PM

Sebenernya yang bikin macet karena sekarang pengguna kendaraan pribadi selalu naik tiap tahunnya.. mau dibikin pelebaran jalan selebar2nya pun tetep aja bakalan macet juga..

Emang solusinya ada naik transportasi umum, tapi ya kualitas transportasi umum di Indonesia juga masih abal2... keamanannya juga masih lemah..

Naik sepeda juga sebenernya bagus, sayang di Indonesia iklimnya panas... jadi mikir2 mau naik sepeda, bisa2 nyampr kantor basah keringat...

Susah emang kalo udah ngomongin kemacetan.

Reply
avatar
September 8, 2015 at 3:48 PM

gak heran deh kalau macet-macetan gitu. polisi kadang juga suka diem kalau ngeliat pengendara lawan arus, sekali masuk tv tuh yang di 86 baru deh ngejer-ngejer pengendara lawan arus. kalau macet ya... itu wajar buat jakarta. mayoritas penduduknya yang jumlahnya 10 juta lebih itu... merupakan pengguna kendaraan pribadi. kalau di luar negri itu kan mayoritasnya pengguna kendaraan umum.... belum lagi angkot yang suka berhenti tanpa sebab. kalau buat urusan macet, polisi gue bilang sih nggak terlalu bisa berbuat banyak. karena itu urusan pemerintah..

Reply
avatar
September 8, 2015 at 6:02 PM

Untuk nomer 3 sudah diterapkan di Surabaya, waktu itu kepolisian kerja sama sama stasiun tv lokal bikin penyuluhan tentang keamanan berkendara untuk anak sma.

Jumlah kendaraan dibatasi itu susah karena kalau dibatasi ada akal buat beli kendaraan baru, kayak pembatasan menurut nopol. Kalau gitu malah rawan terjadi kejahatan bisa saja warga membuat nopol palsu.

Sebenarnya cara biar gak macet kembali ke warganya sendiri supaya menggunakan kendaraan umum.

Reply
avatar
September 8, 2015 at 10:47 PM

pada Intinya masyarakat yang harus sadar diri dulu. Setuju sama pengajaran dan penyuluhan agar banyak yang mengerti soal tata cara dalam berlalu lintas biar nanti gk macet.

susah bagian, masyarakat yang harus milih transportasi umum. transportasi umum masih dinggap jelek makanya banyak yg milih kendaraan pribadi.

Reply
avatar
September 8, 2015 at 11:15 PM

Waduh, ngomongin soal kemacetan pasti nggak akan lepas sama masyarakanya sendiri... mau nggak diajak kerja sama buat menyelesaikan masalah kemacetan.

Trus masalah transportasi umum juga harus dibenahi,kalo transportasi umum aja masih belum beres gimana mau kelar...

Reply
avatar
September 9, 2015 at 4:05 AM

Betul bro... emang sarana prasananya sangat tidak bagus... alias tidak nyaman...
Setuju bro... Hidup polisi!!!

Reply
avatar
September 9, 2015 at 4:09 AM

Waduh begitu ya... hmm.... berarti jarak tempuh mempengaruhi masyarakat juga ya...
jadi, biaya dan jarak tempuh salah satu masalah yg harus dibenahi nih... hehe...
wah iya tuh, masa' mobil isinya satu org... iya emang masyarakat banyak yg ga sadar, semoga
mereka cepat sadar ya...

Reply
avatar
September 9, 2015 at 4:11 AM

Hehe... iya juga ya, sebenernya kepikiran sampe situ juga sih...
Betul, transportasinya kurang bagus... pantes banyak yg ga mau naik...
sekalinya mau, itu juga terpaksa... wah kalo bersepeda emang enaknya...
ditempat yg adem... setuju, emang ga ada habisnya dah kalo ngomongin masalah kemacetan...

Reply
avatar
September 9, 2015 at 4:15 AM

Hehe... iya emang kalo di acara polisi 86, pasti dah polisinya baru beraksi ya... tp keren juga tuh acara...
coba polisi di kenyataan sama seperti di acara itu, pastinya macet sedikit berkurang.... kalo kota Jakarta, emang
dah populasinya ga bisa ditekan, soalnya pemerintahnya juga ga mau turun tangan...

Reply
avatar
September 9, 2015 at 4:17 AM

Wih... hebat ya, sudah diterapkan... moga2 aja macet di surabaya cepat berkurang...
hehe... begitu ya, hmm... ga kepikiran ampe situ...
betul nih, setuju... emang masyarakatnya banyak yg bilang lebih enak naik kendaraan pribadi, soalnya...
tranportasi umum belum memadai fasilitasnya...

Reply
avatar
September 9, 2015 at 4:19 AM

iya setuju... coba aja masyarakat pada sadar, tp emang banyak masyarakat...
yg masih naik kendaraan pribadi karena lebih nyaman dan tepat waktu...
dibanding naik transportasi umum yg tidak nyaman, tidak aman, tidak efisien...

Reply
avatar
September 9, 2015 at 4:22 AM

Bener, coba aja masyarakat mau diajak kerjasama... tp emang susah sih bujuk masyarakat...
yg udah terlanjur nyaman sama kendaraan pribadi... kalo transportasi umum kayaknya....
emang masih belum bisa selesai dalam jangka pendek, mungkin juga ga kelar2, hehe...

Reply
avatar
September 9, 2015 at 10:01 AM

Kalo ngomongin macet, gue jujur masih bingung harus gimana, soalnya macet inikan datengnya gak setiap hari, kayak jakarta.

Kalo macet di jakarta itu emang harus ditangani. Soalnya gue kadang ngeliat di TV, pengen banget rasanya buka jalan terus semua kendaraan diambil terus dibuang. Diganti sama sepda.

Saranmu itu bagus, harusnya dipost ke portal aja, biar tau semua kalangan.

Reply
avatar
September 10, 2015 at 8:03 AM

Setuju... emang macet di Jakarta dah jd masalah serius...
Hehe... sama dong, iya ya coba bisa diganti sepeda... kan jdnya keren kek...
di negara2 eropa, iya bro... nanti saya coba pos diportal dah, moga2 aja banyak yg sadar...

Reply
avatar
September 10, 2015 at 9:03 AM

Pada akhirnya, polisi nggak bisa sendirian untuk mengatasi kemacetan. Perlu dukungan dai semua pihak, termasuk kita rakayat jelata

Reply
avatar
September 10, 2015 at 10:16 AM

Waah.. Macet ini emang udh kayak tradisi di Indonesia yahh..
Susah sih buat ngatasin macet gini, kyaknya udh berbagai cara dilakukan pemerintah biar gak macet lg, tp ttep aja macet2 jg.. Kalo di dket rumahku, di Kalimalang skrg lg ada pelebaran jalan, Kalimalang ini biangnya macet, apalagi jam 7 pagi ato 6 sore. Beehh.. Mdah2an aja sih dgn pelebaran jalan ini bsa mngurangi kemacetan..

Masyarakat jg sbnernya hrs bkerja sama sih, Kalo soal kendaraan umum, biar masyarakat betah naik kendaraan umum, ya sarananya hrs diperbaiki. Tp skrg pmrintah jg udh usaha sih, kyak ada transjabodetabek, kereta jg udh bagus skrg.. Udh mulai dibuat snyaman mgkin. Mnurutku hrs diperbanyak jg busway/kereta, gak enak soalnya klo di jam2 plg kerja. Busway/kereta ramenya mnta ampun, bejubel2-_- Stuju jg tuh, polisi hrs mgatur lalu lintas di jam2 kritis.. Klo gak ada Polisi suka ada yg maen nyelonong gak sabaran soalnya..

Reply
avatar
September 10, 2015 at 7:02 PM

Masalah kemacetan emang jadi masalah kota besar.. Susah sih karena itu dampak pertumbuhan ekonomi, orang-orang mulai punya kendaraan pribadi, karena kendaraan umum juga kurang. Tugas memberantas kemacetan harus menjadi tugas semua pengguna jalan raya. :D

Reply
avatar
September 15, 2015 at 8:36 PM

Kalo bicara tentang macet memang ga ada habis2nya, soalnya depan rumah macet, ke sekolah macet, pulang macet juga, jadinya ya tinggal nunggu aja nih gimana respon dari pemerintah dan juga masyarakat, terutama polisi lalu lintas, semoga mereka dapat bekerja sama ya gan

Reply
avatar
September 15, 2015 at 8:50 PM

Ini juga nih kalo soal kemacetan biasanya kita sebagai masyarakat hanya mau enaknya saja tanpa memikirkan bagaimana nantinya anak cucu kita yang hidup setelah kita.

Masa' kita mau mewariskan kemacetan ini ke generasi kita yang selanjutnya, pastinya nanti mereka akan sedih kalo kita tidak bisa merubah keadaan ini. Kemacetan ini sudah tidak terbendung lagi, hanya Tuhan yang dapat mengatasinya.

Reply

Ayo berikan pendapat dan komentarmu tentang postingan ini!
Karena pendapat dan komentarmu sangatlah berarti :D