Tuesday, November 17, 2015

Pentingnya Sebuah Blog dari Sisi Konten Marketing!

blog dari sisi konten marketing

Blog, merupakan sebuah website yang dikelola oleh pemilik blog. Pemilik blog ini, biasanya kita sebut dengan istilah kerennya yaitu Blogger.

Keren bukan?


Blogger ini umumnya menulis sesuatu hal yang ia sukai di blognya. Kita ambil contoh. Seseorang sangat menyukai buku dan ia juga sangat senang menulis. Ia memiliki blog. Otomatis, blognya dipenuhi dengan berbagai macam tulisan seputar buku apa saja yang ia sukai, buku apa saja yang pernah ia baca, cuplikan tentang buku, tempat membeli buku favoritnya dan masih banyak lagi.

Dengan begitu, blognya sekarang dipenuhi dengan berbagai macam tulisan (artikel) yang menggambarkan hobinya sehari - hari.

Hari berganti hari, blognya dikunjungi oleh banyak orang. Pertama - tama puluhan, lalu ratusan dan selanjutnya ribuan. Bahkan, sekarang semakin lama semakin bertambah banyak.

Pengunjungnya ternyata sangat senang dengan tulisan si pemilik blog ini, karena sesuai dengan hobi mereka. Kini, blognya pun dibanjiri oleh pengunjungnya setiap hari yang rela menunggu tulisan demi tulisan sang pemilik blog setiap hari. Begitu seterusnya.

Sekarang Mari Kita Berpikir Sejenak, Kenapa Orang - Orang Tadi Rela Menunggu Tulisan Sang Pemilik Blog?

Itu karena sang pemilik blog, mengisi tulisan - tulisan di blognya dengan cara penyampaian yang informatif, komunikatif dan sejalan dengan hobi para pembaca setianya.

Ya! Pemilik blog sangat tahu apa yang ingin ia tuangkan di dalam tulisannya. Sehingga, pembaca setianya betah berlama - lama diblognya hanya untuk sekedar membaca beberapa artikel di blognya.

Lalu Apa Hubungannya Blog dengan Konten Marketing?

Sebelum membahas lebih lanjut, ada baiknya kita membahas terlebih dahulu tentang apa itu sebenarnya konten marketing.

Konten merupakan sebuah informasi yang bermanfaat dan bisa disampaikan melalui media apapun (disini kita membahas artikel yang ada di blog). Sedangkan marketing, merupakan cara pemasaran yang banyak dilakukan oleh para penjual atau para pemilik usaha.

Apakah sudah mengerti sampai disini?

Ok kita lanjutkan. Jadi, apa itu konten marketing? Konten marketing itu ialah informasi yang bermanfaat yang dikemas dengan suatu cara atau strategi untuk menjual sesuatu.

Informasi yang bermanfaat ini dikemas dalam bentuk artikel yang menarik, komunikatif dan tentunya mengandung informasi yang sangat dibutuhkan oleh para pembaca.

Itulah mengapa, menulis blog merupakan salah satu cara melakukan yang disebut sebagai "Konten Marketing" yang saat ini memang banyak digemari oleh orang - orang dalam memasarkan produk atau jasa mereka.

Karena di zaman sekarang, menggunakan iklan komersil sudah tidak efektif lagi. Orang - orang atau masyarakat sepertinya sudah tidak tertarik lagi dengan yang namanya iklan, begitu pun dengan saya. Kita bisa melihat sendiri, saat ini orang - orang di dunia maya sering terganggu dengan adanya iklan.

Entah itu iklan melayang, iklan yang terbuka saat mengklik sesuatu, ataupun iklan - iklan lainnya yang cukup mengganggu. Inilah yang saya maksud, iklan sudah tidak berfungsi lagi sebagaimana mestinya. Dan ini kesempatan bagi konten marketing yang memang lebih, lebih dan lebih baik dibandingkan dengan iklan.

Mengapa Konten Marketing Lebih Baik daripada Iklan?

sukses dengan konten marketing

Seperti yang sudah saya jelaskan tadi. Konten marketing lebih memberikan segalanya, baik dari segi informasi, aktual dan lebih banyak disukai oleh orang.

Seperti contohnya si pemilik blog tadi. Ia secara tidak sadar ikut membangun sebuah konten marketing. Mula - mula ia menulis blog tentang buku kesukaannya, ia bercerita tentang mengapa buku ini sangat bagus dan sangat cocok untuk dibaca.

Pembaca setia blognya, menjadi tertarik dan ingin membeli buku tersebut.

Apakah yang selanjutnya akan terjadi?

Ya! Para pembaca setia di blognya, langsung ingin membeli buku tersebut di toko buku yang dekat dengan tempat tinggal mereka. Lalu, siapa yang diuntungkan?

Tentu saja ada tiga.

Pertama si penulis buku karena semakin banyak bukunya dibeli, maka otomatis ia semakin banyak mendapatkan royalti bukan?

Kedua, ialah pembaca setia blognya. Kenapa? Karena selain mendapat informasi mengenai buku tersebut, para pembaca setia blognya juga mendapat buku yang tentunya benar - benar bagus.

Ketiga, tentu disini ialah sang pemilik blog karena ia mendapat dua keuntungan sekaligus yaitu menambah kemampuannya dalam menulis dan tentunya, blognya semakin banyak dikunjungi oleh pembaca.

Karena orang yang membaca artikel di blognya merasa, bahwa buku yang diceritakan oleh sang pemilik blog itu benar - benar sangat bagus dan wajib untuk dibaca.

Kelebihan Konten Marketing


Seperti yang sudah saya jelaskan tadi, kelebihan konten marketing ini terbilang cukup banyak. Oleh sebab itu, saya akan merangkumnya menjadi poin - poin penting, sebagai berikut.

1. Lebih Aktual

Umumnya, konten marketing lebih berdasarkan pada aktual (benar - benar terjadi). Contohnya ialah seperti sang pemilik blog tadi. Ia memaparkan dengan jelas tentang buku yang bagus untuk dibaca karena langsung bersumber dari pengalaman pribadinya. Bila dibandingkan dengan iklan yang biasanya tidak aktual, sehingga seringkali membuat konsumen kecewa.

2. Lebih Menarik

Karena dikemas dalam bentuk tulisan, gambar ataupun video yang tentunya menarik minat konsumen. Hal inilah yang menyebabkan konten marketing banyak digunakan saat ini, karena memang lebih baik dibandingkan dengan iklan.

3. Lebih Informatif

Inilah kelebihan konten marketing yang terakhir yaitu lebih informatif. Keunggulan ini, rasanya tidak dimiliki oleh pesaingnya yaitu iklan. Karena iklan tidak menawarkan informasi apapun. Biasanya, iklan hanya sekedar menawarkan produk tanpa memberikan nilai ataupun kesan positif bagi konsumen, padahal ini sangat penting menurut saya.

Pentingnya Sebuah Blog dari Sisi Konten Marketing!

Pastinya kalian sudah tahu kan betapa pentingnya sebuah blog dari sisi konten marketing?

Oleh karena itu, blog memiliki peran besar dalam membangun sebuah konten marketing yang saat ini memiliki potensi besar untuk membangun sebuah bisnis besar.

Saat ini, sudah banyak sekali orang yang menggunakan konten marketing. Untuk itulah diperlukan ciri khas dalam menyampaikan sebuah konten marketing.

Dan ingat! Konten marketing bukanlah sebuah iklan, walaupun disebut sebagai salah satu strategi pemasaran, akan tetapi sebuah konten marketing lebih mengutamakan informasi bermanfaat yang ditujukan kepada konsumen.

Sekian dulu artikel saya kali ini, terima kasih dan semoga bermanfaat :)

(All images from pixabay.com)

Related Posts

Pentingnya Sebuah Blog dari Sisi Konten Marketing!
4/ 5
Oleh

Daftar via Email Gratis!

Suka dengan post yang bermanfaat seperti ini? Ayo tulis email anda sekarang dan dapatkan post terbaru lainnya via email.

Show comments
Hide comments

Ayo berikan pendapat dan komentarmu tentang postingan ini!
Karena pendapat dan komentarmu sangatlah berarti :D