Thursday, December 24, 2015

Bahayanya Tidur Larut Malam, Anak Muda Wajib Baca Ini!


Akhir - akhir ini saya seringkali tidur larut malam. Biasanya itu saya tidur paling lama itu jam sebelas malam. Sekarang, bisa sampai jam satu bahkan jam dua.

Kalau teman - teman saya yang lain, sering sekali tidur lebih dari jam satu malam. Banyak teman - teman saya yang seperti itu. Mungkin kita tidak sadar atau belum mengetahui bahwa tidur larut malam itu sungguh sangat berbahaya!

Lantas kita berpikir, seberapa bahayanya tidur larut malam?

Jawabannya adalah sangat, sangat berbahaya.

Nah lho, pastinya kalian penasaran kan apa saja bahayanya terlebih lagi bagi anak muda khususnya. Biasanya anak muda di Indonesia itu rata - rata tidurnya larut malam, bahkan ada yang tidak tidur.

Berikut ini beberapa bahayanya tidur larut malam.

1. Membuat Kita Menjadi Pelupa dan Kurang Konsentrasi dalam Belajar!

Tidur larut malam, akan beresiko besar membuat kita menjadi pelupa dan kurang konsentrasi dalam belajar. Hal ini terjadi karena tidur tepat waktu, merupakan salah satu cara menguatkan memori seseorang. Itulah sebabnya kita membutuhkan waktu tidur yang cukup disetiap malamnya.

2. Resiko Kematian Lebih Besar

Salah satu hal yang paling ditakutkan banyak orang, ialah resiko kematian. Jika kita tidur kurang dari 5 sampai 7 jam, otomatis resiko kematian akan meningkat pesat karena kurang tidur dapat menyebabkan penyakit kardiovaskular (penyakit jantung).

3. Menjadi Lebih Cepat Tua

Tidur merupakan salah satu cara untuk membuang toksin yang ada di kulit. Oleh sebab itu, kita harus tidur tepat waktu dan tentunya tidak kurang dari 5 jam perharinya. Buat yang cewe - cewe nih biasanya... jangan sering tidur larut malam, ntar cepat tua baru tahu.

4. Tidur Merupakan Siklus Detoksifikasi yang Sangat Penting!

Proses detoksifikasi merupakan proses pembuangan racun yang ada didalam tubuh. Tubuh kita, dapat melakukan siklus detoksifikasi ini disaat kita tertidur lelap.

Detoksifikasi yang dilakukan tubuh kita diantaranya ialah detoksifikasi hati dan empedu, detoksifikasi antibodi atau kelenjar getah bening, detoksifikasi paru - paru, detoksifikasi area kulit, detoksifikasi usus besar dan masih banyak lagi.

Kira - kira seperti ini siklus detoksifikasi yang ada di dalam tubuh kita :

  • Jam 9 - 11 malam : Detoksifikasi antibodi atau kelenjar getah bening yaitu pembuangan zat - zat yang tidak berguna dari tubuh kita
  • Jam 11 - 1 malam : Detoksifikasi di bagian hati (harus dalam kondisi tidur pulas)
  • Jam 1 - 3 : Detoksifikasi di bagian empedu (kondisi tertidur pulas)
  • Jam 3 - 5 : Detoksifikasi di bagian paru - paru, di dalam proses ini biasanya akan terjadi proses batuk - batuk yang bertujuan untuk mengeluarkan zat - zat beracun dari dalam tubuh kita
  • Jam 5 - 7 : Detoksifikasi di bagian usus besar, itulah kenapa buang air besar di pagi hari baik untuk kesehatan
  • Jam 7 - 9 : Waktu penyerapan yang optimal bagi usus kecil, oleh sebab itu kita dianjurkan sarapan di pagi hari karena sangat baik untuk kesehatan tubuh kita

Nah, sudah tahu kan seberapa bahayanya tidur larut malam?

Untuk itulah mulai dari sekarang, biasakanlah hidup sehat dimulai dengan tidur yang cukup disetiap harinya.

Sekian dulu artikel saya kali ini, terima kasih dan semoga bermanfaat :D

Related Posts

Bahayanya Tidur Larut Malam, Anak Muda Wajib Baca Ini!
4/ 5
Oleh

Daftar via Email Gratis!

Suka dengan post yang bermanfaat seperti ini? Ayo tulis email anda sekarang dan dapatkan post terbaru lainnya via email.

Show comments
Hide comments

17 komentar

Tulis komentar
avatar
December 24, 2015 at 4:19 PM

Pemicu pertama yang sering aku alami adanya tidak konsentrasi bekerja kalau tidur larut malam karena insomnia huft -___-

Reply
avatar
December 25, 2015 at 1:59 AM

wah insomnia ya... biasanya penyakit anak muda zaman sekarang nih, hehe... dan umumnya insomnia ini disebabkan karena kebiasaan yang dilakukan setiap hari, oleh sebab itu harus dirubah dulu kebiasaannya... dan katanya sih sulit untuk merubah kebiasaan... semoga membantu :D

Reply
avatar
December 26, 2015 at 8:53 PM

wah liburan ini saya sering begadang
saatnya mulai dikurangi

Reply
avatar
December 26, 2015 at 8:56 PM

Waduh ane sering tidur malam bahaya juga ya, bisa kena serangan jantung

Reply
avatar
December 26, 2015 at 9:05 PM

wahh.. nice info nih gan ^^ dan ane juga sering begadang liburan ni bhahaa

Reply
avatar
December 26, 2015 at 9:09 PM

Thank infonya saya baru tau kalau tidur malam berdampak buruk sekali bagi kesehatan

Reply
avatar
December 26, 2015 at 9:15 PM

Jadi makin tau bahayanya, suka imsonia soalnya. good artikel..

Reply
avatar
December 26, 2015 at 9:36 PM

Ternyata bahaya banget ya.
Kalo liburan begini, aku bahkan sering ga tidur.

Reply
avatar
December 26, 2015 at 10:13 PM

emang bahaya gan kalo tidur larut malam kayak saya :3 . Resiko kematian lebih besar :(

Reply
avatar
December 27, 2015 at 1:23 PM

Yah..., kalau tidak bisa tidur bagaimana? saya setiap malam susah tidur, malah biasa sampai subuh. Padahal bahaya kalau selalu tidur larut malam, sudah dipaksakan tutup mata tetap tidak bisa tidur... :(

Jadi saya biasa kebalikannya, malam tidak tidur, pagi sampai siang baru tidur, padahal begitu juga tetap tidak sehat...

Reply
avatar
December 27, 2015 at 7:57 PM

Wah ngeri juga yah. Gue kalo lagi libur gini, biasanya tidur jam 2-3. Jadi pengen ngurangin ah, takut nih, apalagi poin 3~

Reply
avatar
December 27, 2015 at 9:28 PM

aduh padahal tiap kali tidur jam 1 kalo gak jam 2 , aku biasain deh jam 10 udah bobok ;3 apalagi penyakit jantung ini yang sangat berbahaya :(

Reply
avatar
December 28, 2015 at 4:18 AM

Aku sering banget tidur malem. Yah gimana ya, kadang gara-gara udah tidur pas siangnya jadi nggak ngantuk. Tapi ternyata buruk banget efeknya. Kurang-kurangin tidur malem ah.

Oh iya, gimana kalo udah tidur terus kebangun jam 1 dan nggak tidur lagi. Apakah tetep kena dampak-dampak di atas?

Reply
avatar
December 28, 2015 at 6:47 AM

Sebelum bener-bener terjadi dan bakalan ngerusak jantung lo. Sebaiknya kurangi untuk begadang. Gue orang yang udah mengalami beberapa gejala di luar harapan gue yang dulu. Meskipun makanan dan minuman sehat. TErnyata tidur juga perlu dan sangat perlu banget.

KUncinya, jaga hidupmu saat SEHATMU masih ada.

Reply
avatar
December 28, 2015 at 9:37 AM

Begadang boleh saja kalau ada perlunya, kata Rhoma Irama sih begitu.

Emang asik sih kalo begadang apalagi pas liburan gini siklus tidur bisa berubah, tidur malam banget bangunnya entar kalo pas dhuhur.

Sebegitu besar ya dampak dari tidur larut ya, hmm..

Reply

Ayo berikan pendapat dan komentarmu tentang postingan ini!
Karena pendapat dan komentarmu sangatlah berarti :D