Friday, June 3, 2016

Spesifikasi Handphone Jadul Nokia N-Gage


Di dunia modern seperti saat ini, siapa yang tidak mengenal handphone. Semua lapisan masyarakat menggunakannya. Dari yang muda sampai tua, dan berbagai kalangan memanfaatkannya sebagai alat komunikasi. Handphone masuk negara Indonesia untuk pertama kali pada tahun 1984 dengan model yang sangat besar dan berat. Fungsinya pun hanya 2, telepon dan sms, tidak lebih dari itu. Baru setelah tahun 2000an beberapa jenis handphone cukup apabila dimasukkan ke dalam saku. Namun kini berbagai macam spesifikasi handphone banyak bermunculan dengan semakin banyak fitur yang ditawarkan.

Pada awal tahun 2000, merek handphone yang menjadi idola dan mampu mengangkat tingkat gengsi pemiliknya adalah Nokia. Ia menjadi satu-satunya ratu pemegang merek handphone selain Samsung, dan Motorola sebagai pengikut di belakangnya. Polyphonic merupakan fitur suara terbaik pada saat itu dengan layar hitam putih. Keluaran handphone Nokia dengan tipe canggih di jamannya adalah 6600, 7610, 7210, N-Gage dan masih banyak lagi lainnya. Fasilitas MP3, Kamera buram, sistem kerja Java dan simbian merupakan hal yang sangat mewah di kelas handphone ketika itu. Salah satu yang mencuri perhatian penikmat kecanggihan handphone adalah Nokia N-Gage. Modelnya yang trendi seperti game, membuat N-Gage memiliki segmentasi anak muda.


Handphone keluaran tahun 2004 ini mampu memikat para kawula muda untuk menambah gaya. Hampir sebagian besar pengguna N-gage adalah pemuda pria yang hobi bermain game, sedangkan untuk wanita, mereka lebih memilih tipe 6600 atau 7610 yang lebih elegan. Jenis handphone N-Gage memiliki 2 tipe, yaitu QD dan klasik. Perbedaan ada pada bentuk dan ukurannya. N-Gage QD bentuknya lebih kecil tapi tebal, 118 X 68 X 22 mm, dengan berat 143 gram. Sedangkan klasik lebih pipih dan lebar dengan ukuran 134 x 70 x 20 mm, beratnya 137 gram. Untuk spesifikasi handphone jenis N-Gage, kedua tipe ini sudah cukup canggih di jamannya yaitu dengan sistem kerja simbian untuk QD. Dan Simbian dan Java support untuk klasik.

Memori internal yang miliki 3,4 MB dengan slot eksternal MMC card maksimal 512mb, cukup kecil jika dibandingkan dengan kapasitas simpan untuk handphone jaman sekarang. Network sistem yang dimiliki oleh N-Gage adalah GSM 900 / 1800 / 1900. Fasilitas SMS, MMS, Email data juga tidak ketinggalan untuk memenuhi kebutuhan komunikasi, dan untuk telepon panggil mencapai 20 nomor, dengan kapasitas standar baterai Li-Ion 850 mAh itu berarti bisa bertahan hingga 200 jam pada posisi stand by, jika dalam kondisi telepon dan aktifitas lainnya hanya bertahan sekitar 4 jam. Cukup boros jika dibanding dengan handphone spesifikasi hampir sama seperti 6600 dan 7610.


N-Gage sudah menggunakan bluetooth untuk memindahkan data ke handphone lainnya tanpa menggunakan infra red seperti jenis handphone terdahulunya. Anda juga sudah bisa mendengarkan lagu, karena N-Gage sudah dilengkapi dengan fitur MP3 dan ACC player. Selain itu juga sudah dilengkapi dengan FM radio stereo yang memanfaatkan headset sebagai antenna. Handphone N-Gage memang diperuntukkan untuk para pecinta game atau gamer, sehingga jenis permainan yang ada di dalamnya juga beragam, seperti game boy adventure, snake yang menjadi mainan khas pada handphone Nokia.

Keunggulan yang dimiliki oleh handphone N-Gage menjadi sedikit tersamarkan dengan harga awal yang ditawarkan sangat mahal dibanding model dan spesifikasi handphone pada merek dagang yang serupa. Meskipun demikian, N-Gage tetap mampu memiliki penggemar fanatik dari segi tampilan dan gaya, karena panel speaker yang berada di samping tepi, membuat penggunanya harus memiringkan handphone pada saat menerima telepon pada N-Gage klasik.

Terima kasih dan semoga bermanfaat.

Related Posts

Spesifikasi Handphone Jadul Nokia N-Gage
4/ 5
Oleh

Daftar via Email Gratis!

Suka dengan post yang bermanfaat seperti ini? Ayo tulis email anda sekarang dan dapatkan post terbaru lainnya via email.

Show comments
Hide comments

Ayo berikan pendapat dan komentarmu tentang postingan ini!
Karena pendapat dan komentarmu sangatlah berarti :D