Monday, October 26, 2015

Pentingnya Peran Kita dalam Menentukan Masa Depan #BeliYangBaik



#BeliYangBaik - Selama ini mungkin kita tidak menyadari bahwa sebenarnya kita terlibat langsung dan ikut berperan dalam menentukan masa depan. 

Apa keterlibatan kita sehingga bisa dibilang kita ini ikut dalam menentukan masa depan?
Kenapa itu bisa terjadi?

Sebelum menjawab pertanyaan tersebut, ada baiknya kita membahas terlebih dahulu tentang bencana asap yang mendera Indonesia saat ini. Bencana asap di Indonesia ini sebenarnya sudah terjadi selama beberapa tahun. Asap yang muncul ini diakibatkan oleh pembakaran hutan.


Apa Tujuannya Pembakaran Hutan?

Pastinya kalian sudah bisa menebaknya. Ya! untuk dijadikan lahan atau areal perkebunan kelapa sawit. Lantas kita berpikir sejenak " Apa pentingnya kelapa sawit? ". Mungkin kita berpikir bahwa kelapa sawit hanya digunakan untuk membuat minyak. Tetapi, nyatanya lebih dari itu.

Kelapa sawit ini ternyata sangat penting dan hampir sebagian besar produk, itu menggunakan kelapa sawit sebagai bahan bakunya. Contohnya seperti sabun, shampoo, deterjen, pasta gigi, kosmetik, margarin, minyak goreng, bahan makanan, bahan bakar, obat - obatan dan masih banyak lagi.


Itulah sebabnya mengapa banyak orang ingin membuat perkebunan kelapa sawit. Karena perkebunan kelapa sawit dapat menghasilkan untung yang sangat besar, sehingga bisa membuat orang lupa dengan segalanya. 

Akibat yang ditimbulkan dari tumbuh pesatnya perkebunan kelapa sawit adalah berkurangnya hutan secara signifikan. Dan yang lebih parahnya lagi ialah berkurangnya hutan disebabkan oleh perusahaan - perusahaan besar yang memang ingin mendirikan perkebunan kelapa sawit.

Kita bisa melihat asap di beberapa provinsi di Sumatera dan Kalimantan seperti Riau, Sumatera Selatan, Sumatera Barat, Sumatera Utara, Jambi, Kalimantan Tengah dan Kalimantan Barat. Inilah akibat dari pembakaran hutan dengan tujuan untuk dijadikan areal perkebunan kelapa sawit.

Merusak Hutan Berarti Ikut Membunuh Satwa yang Ada Didalamnya!


Orang utan merupakan salah satu satwa langka di Indonesia yang terancam punah. Hewan lucu ini umumnya banyak ditemukan di daerah Sumatera dan Kalimantan. Saat ini, populasi orang utan berada dalam status konservasi yang sangat terancam.

Dalam kurun waktu 20 tahun terakhir, populasi orang utan menyusut hingga 80%. Menurut para pakar atau ahli tentang orang utan, populasi orang utan di Indonesia hanya tersisa 60.000 individu yang tersebar di Kalimantan dan Sumatera.

Ternyata bukan hanya orang utan saja yang terancam punah, tetapi juga gajah.


Kenapa gajah juga ikut terancam punah?

Hal ini terjadi karena gajah dianggap hama bagi para pemilik kebun sawit. Apa yang menyebabkan gajah dianggap sebagai hama? ternyata, gajah sangat senang memakan umbut atau ujung daun dari kelapa sawit.

Rupanya, pemilik kebun sawit sangat tidak suka jika mata pencahariannya terganggu. Inilah yang menyebabkan gajah - gajah yang tidak bersalah tersebut, diberi racun hingga tewas. Kejam sekali bukan? 

Tadi sudah saya katakan, bahwa keuntungan yang besar akan membuat orang lupa dengan segalanya. Ia tidak peduli lagi dengan lingkungan. Baginya, uang merupakan hal yang nomor satu. Memang benar, uang itu dapat membeli kebahagiaan. Tetapi, itu hanyalah kebahagiaan semu semata.


Pentingnya Peran Kita dalam Menentukan Masa Depan!

Kita merupakan bagian penting yang dapat mengubah masa depan. Kenapa peran kita begitu penting? Karena secara tidak sadar, kita sebenarnya ikut membantu membakar hutan dan juga membunuh satwa - satwa yang sudah terancam punah tersebut.

Kenapa bisa seperti itu?

Karena kita ikut membeli produk yang berbahan dasar kayu dan juga kelapa sawit yang tidak memiliki sertifikasi. Tenang, disini saya ingin memberitahu tentang sertifikasi produk berbahan dasar kayu dan juga kelapa sawit. Sehingga nantinya kita dapat menjadi konsumen yang lebih baik dan juga bijak dalam hal memilih produk.


FSC (Forest Stewardship Council) 

FSC merupakan sebuah organisasi non profit yang berdiri pada tahun 1993. FSC bertujuan untuk mempromosikan responsible forest management (manajemen hutan yang bertanggungjawab) melalui standard setting, sertifikasi yang independen dan juga label pada produk hutan.

Hal ini berarti bahwa produk berlabel FSC menggunakan bahan baku dari hutan yang dikelola secara berkelanjutan dengan ikut memelihara keseimbangan ekosistem yang ada di hutan itu sendiri.

RSPO (Roundtable on Sustainable Palm Oil)

RSPO sendiri merupakan asosiasi yang terdiri dari berbagai organisasi di berbagai sektor industri kelapa sawit (perkebunan, pemrosesan, investor, akademisi, industri manufaktur dan bidang LSM lingkungan) yang bertujuan untuk mengembangkan dan mengimplementasikan standar global untuk produksi minyak sawit berkelanjutan. Untuk itulah, menjadi sangat penting bagi kita dalam hal memilih produk bersertifikasi RSPO.

Nah, sudah tahu kan betapa pentingnya memilih produk bersertifikasi FSC dan juga RSPO?

Sekaranglah waktu yang tepat untuk kita, memilih yang terbaik bagi masa depan. Jangan sampai kita menyesal di kemudian hari. Berikut ini beberapa poin penting yang sebaiknya kita lakukan supaya nantinya lingkungan kita terkelola dengan baik dan juga terjaga kelestariannya.


1. Jadilah Konsumen yang Cerdas! 

Membeli, meneliti dan mencari tahu tentang produk yang kita gunakan sehari - hari. Produk seperti margarin, sabun, shampoo, pasta gigi dan masih banyak lagi. Terutama produk yang paling banyak kita gunakan, yaitu minyak goreng. Jadi, sekaranglah saat yang tepat untuk kita menjadi konsumen yang cerdas, dengan cara membeli dan juga mengetahui produk yang kita pakai dalam kehidupan kita sehari - hari.

2. Membeli Produk Berlabel FSC dan RSPO 

Karena produk berlabel FSC dan RSPO telah terbukti ikut dalam mengelola dan menjaga lingkungan. Oleh karena itu, kita harus mendukung produk yang berlabel FSC dan RSPO dengan ikut membeli dan juga ikut membantu mempromosikan kepada siapa saja. Seperti keluarga, sahabat, saudara, rekan kerja ataupun yang lainnya.

3. Jauhi Produk yang Telah Terbukti Ikut dalam Merusak Lingkungan!

Banyak sekali produk dari perusahaan - perusahaan besar yang telah terbukti merusak lingkungan. Dengan tidak membeli produk tersebut, berarti kita juga ikut dalam membantu melestarikan lingkungan.

4. Ayo Ikut Membantu Melestarikan Lingkungan!

Membantu melestarikan lingkungan merupakan suatu hal yang sangat penting, mengingat saat ini lingkungan tempat tinggal kita, semakin lama semakin rusak. Entah itu karena ulah manusia ataupun bencana alam. Yang pasti, kita bisa membantu melestarikan lingkungan dimulai dari hal - hal kecil. Seperti tidak membuang sampah sembarangan, menanam tanaman disekitar rumah dan juga ikut dalam organisasi pencinta lingkungan.

5. Dan yang Paling Penting, Lakukanlah yang Terbaik untuk Lingkungan Masa Depan Kita!

Jadi, kita harus bisa menjadi konsumen yang cerdas dan juga ikut dalam membantu melestarikan lingkungan tempat kita tinggal. Agar nantinya generasi penerus setelah kita, bisa merasakan bagaimana lingkungan yang indah di masa depan.

Video sederhana dibawah ini akan menunjukkan kepada kita, betapa pentingnya produk berlabel FSC dan juga RSPO. Intinya ialah kita harus bisa menjadi konsumen yang cerdas dan juga bijak, karena masa depan itu ada di tangan kita. Dengan membeli, berarti kita ikut mengubah dunia.

Sekian dulu artikel saya kali ini, terima kasih dan semoga bermanfaat :) 


Sumber/referensi :

https://id.wikipedia.org/wiki/Polusi_asap_Indonesia_2014
https://id.wikipedia.org/wiki/Kelapa_sawit
https://id.wikipedia.org/wiki/Roundtable_on_Sustainable_Palm_Oil
http://www.rspo.org/consumers/about-sustainable-palm-oil
http://www.pixabay.com/
http://Downloads/RSPO%20Rules%20on%20Market%20Communication%20&%20Claims-Indonesian.pdf
http://www.wwf.or.id/program/inisiatif/gftnindonesia/faq/
https://twitter.com/sertifikasiFSC

Related Posts

Pentingnya Peran Kita dalam Menentukan Masa Depan #BeliYangBaik
4/ 5
Oleh

Daftar via Email Gratis!

Suka dengan post yang bermanfaat seperti ini? Ayo tulis email anda sekarang dan dapatkan post terbaru lainnya via email.

Show comments
Hide comments

8 komentar

Tulis komentar
avatar
October 26, 2015 at 12:43 PM

Ternyata kita ikut berperan besar ya dalam mengubah masa depan ini. Terlebih lagi memang indonesia saat ini dilanda bencana asap yang memang sudah lama terjadi dan anehnya kenapa baru disorot sekarang. Intinya kita harus lebih bijak ya menjadi konsumen karena kitalah nantinya yang menentukan masa depan itu sendiri, thanks gan artikelnya sangat bermanfaat sekali :)

Reply
avatar
October 29, 2015 at 2:20 PM

Kejam juga ya ternyata. Sebenernya kalo pengelolaanya baik akibat yang ditimbulkan gak separah itu. Kayaknya si gitu.

Reply
avatar
October 29, 2015 at 2:20 PM

Gue juga mulai resah dengan kabut asap yang udah sampe di kota gue..

Tapi, kalo di pikir-pikir dengan cara membeli produk kayak gitu belum bisa mengatasi, lah yang mau di andalkan itu apa ? Kita ?

Reply
avatar
October 29, 2015 at 7:34 PM

rada berat ya ini pembahasannya
btw, produk yang ada label rspo dan sfc di indonesia apa aja ya
dan contoh lablnya kayak apa. biasanya orang beli itu nggak lihat apa yang tertera dalam kemasan lagi sih

Reply
avatar
October 31, 2015 at 8:17 AM

Kalau masalah pembakaran hutan, aku pernah baca artikel kalau sebenernya 'kebakaran' hutan itu befungsi buat menjaga kestabilan ekosistem. Tapi tidak dengan pembakaran hutan, karena itu tidak terjadi secara alami dan dampak yang ditimbulkan sangat besar dan merugikan ekosistem.

Kalau masalah membeli produk, biasanya kita nggak lihat labelnya, aku juga gitu. Kayaknya harus ada sosialisasi, biar pada jadi pembeli yang cerdas.

Reply
avatar
October 31, 2015 at 9:53 AM

ternyata tidak secara langsung kita sendirilah yang menjadi faktor penyebab kabut asap. ingat tidak secara langsung hehe. meningkatnya kebutuhan akan produk yang udah bro jelasin di atas menjadi pemicu utamanya. makanya bener juga kalo kita harus pinter pinter memilih produk, atau minimal mampu untuk menghemat hinggak peningkatan kebutuhan bisa distabilkan kembali

Reply
avatar
October 31, 2015 at 1:01 PM

bentar.... orang utan itu hewan lucu? kok gue ngatain temen gue orang utan, ga prnah ada yg ngucapain terimakasih atau apa gitu. tapi malah d gampar gue nya.

baru tau sih istilah'' seperti itu fsc dan rspo. tapi ga tau deh, mnrut gue sih, ngebakar hutan dan membuat suatu daerah mnjadi berkabut sampai berbulan bulan, kyaknya lbih baik ga usah d bakar. mskipun kta lu sndri, kelapa sawit bnyak manfaatnya. yah, klo mau bakar, dikira'' aja lah, jgan sampe bikin masyarakatnya susah utk beraktivitas.

MERDEKA!!
asik. haha

Reply
avatar
November 2, 2015 at 8:04 PM

Saya sendiri juga sering membeli produk tanpa melihat labelnya
mungkin kedepannya akan saya cek terlebih dahulu sebelum membeli
apalagi saat ini, hutan banyak terbakar memang disebabkan oleh perusahaan2
besar yang hanya mementingkan uang saja, mungkin hidupnya cuma butuh uang kali ya

Reply

Ayo berikan pendapat dan komentarmu tentang postingan ini!
Karena pendapat dan komentarmu sangatlah berarti :D