Tuesday, December 31, 2013

Sejarah Terciptanya Lempar Lembing



Sejarah lempar lembing berawal jauh di zaman kuno dan sangat erat hubungannya dengan beraneka ragam teknik melempar. Zaman dahulu lemparan dilakukan dengan berbagai cara, seperti berdiri, dengan ancang - ancang, dengan satu atau dua tangan untuk mengenai suatu sasaran. Dari lembing ringan untuk berburu pada zaman primitif, tombak berat untuk berperang di seluruh dunia dan lembing dari abad pertengahan selama berabad - abad hingga terbentuklah lembing untuk perlombaan seperti sekarang ini.

Sejarah Lempar Lembing

Lembing lama terbuat dari kayu dengan ujung dari besi dan sosok. Kemudian diganti dengan kayu ringan dari Swedia. Setelah itu, berubah lagi menjadi lembing modern yang terbuat dari logam dan serat kaca (fiberglass). Salah satu nomor atletik adalah lempar lembing. Sama halnya dengan nomor atletik lainnya, seperti lari, nomor lempar lembing juga memiliki teknik - teknik sendiri dalam melakukan suatu lemparan sehingga menghasilkan lemparan yang baik.

Sejarah Lempar Lembing

Lempar lembing diikutsertakan dalam pesta olimpiade sejak tahun 1908 sebagai nomor perorangan untuk putra dan putri. Sekarang nomor ini dimasukkan dalam dasar lomba dan sapta lomba. Dua perkembangan telah mempengaruhi pelaksanaan lempar lembing. Pertama adalah usaha untuk menggunakan putaran jenis cakram untuk melempar. Walaupun metode ini menghasilkan jarak yang baik, tetapi sering kali tidak diperbolehkan. Kedua adalah adanya peraturan yang melarang atlet membelakangi arah lemparan. Dengan demikian peraturan ini telah memantapkan jenis lempar lembing tradisional.

Sejarah Lempar Lembing

(Baca juga : Bukti Shahih, Kehebatan Pengendara Motor Indonesia)

Related Posts

Sejarah Terciptanya Lempar Lembing
4/ 5
Oleh

Daftar via Email Gratis!

Suka dengan post yang bermanfaat seperti ini? Ayo tulis email anda sekarang dan dapatkan post terbaru lainnya via email.

Show comments
Hide comments

1 komentar:

Tulis komentar
avatar
October 6, 2015 at 9:22 PM

Terimakasih banyak informasinya. sekarang saya jadi tahu tentang sejarah lempar lembing.
kalau boleh tahu apa definisi pengertian lempar lembing secara umum?

Reply

Ayo berikan pendapat dan komentarmu tentang postingan ini!
Karena pendapat dan komentarmu sangatlah berarti :D